Model Polya Dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Pembelajaran Soal Cerita Volume Di Sekolah Dasar

Main Article Content

Yetti Ariani
Ary Kiswanto Kenedi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa sekolah dasar pada materi soal cerita volume dengan menggunakan model pembelajaran Polya. Metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanan, pengamatan dan refleksi. Instrumen yang dipakai berupa lembar observasi dan soal. Hasil penelitian ini adalah 1) Pada siklus I rencana pelaksanaan pembelajaran mendapatkan skor 62% dengan kategori kurang namun mengalami kenaikan pada siklus II dengan mendapatkan skor sebesar 86% dengan kategori baik, 2) Pengamatan pada aktivitas guru siklus I mendapatkan persentase skor 62% kategori kurang dan meningkat pada siklus II dengan persentase skor adalah 95% dengan kategori sangat baik, 3) Pengamatan pada aktivitas siswa siklus I mendapatkan persentase skor 52% dengan ketegori sangat kategori kurang siklus II meningkat dengan persentase skor 98% dengan ketagori sangat baik, 3) Pengamatan pada aspek hasil belajar mengalami peningkatan yaitu pada siklus I mendapatkan persentase skor yaitu 54,61% dengan kategori sangat kurang dan pada siklus II mendapatkan skor sebesar 85% dengan kategori baik. Dari hal ini disimpulkan bahwa terjadinya peningkatan dalam keempat aspek yaitu aspek RPP, guru, siswa dan hasil belajar. Penelitian ini memiliki implikasi bahwa model Polya cocok digunakan pada pembelajaran soal cerita di sekolah dasar.

Article Details

How to Cite
Ariani, Y., & Kenedi, A. K. (2018). Model Polya Dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Pembelajaran Soal Cerita Volume Di Sekolah Dasar. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 8(2), 25–36. https://doi.org/10.21067/jip.v8i2.2520
Section
Articles

References

Anisa, Witri Nur. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemcahan Masalah Dan Komunikasi Matematik Melalui Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Untuk Siswa SMP Negeri Di Kabupaten Garut. Jurnal Pendidikan dan Keguruan 1 (1), 1-10.

Dewi Nitya, I G. E. P. et al. (2013). Penerapan Model Polya Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Siswa Kelas V SD No.2 Pemaron. Jurnal Mimbar PGSD, 1 (1), 1-10.

Dewi, Kusuma Sari. (2014). Penarapan Model Polya untuk Meningkatkan Hasil Belajar dalam Memecahkan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 2(1), 1-10.

Dwirahayu, Gelar & Mursida. (2016). Mengembangkan Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Metode Permainan Untuk Siswa Kelas 1 MI Gelar. Jurnal Matematika dan Pendidikan Mtematika , 5(2), 117-138.

Helsa, Y. (2018). Al-Quran Based Learning Strategy in Teaching Mathematics at Primary Education, 169(Icece 2017), 304–306.

Hensberry, Karina K.R. & Tim Jacobbe. (2012). “The Effect of Polya’s Heuristic and Diary Writing on Children’s Problem Solvingâ€. Mathematics Education Research Journal. Retrieved from http://media.proquest.com/media/pq/classic/doc/4147824071/ .

Heny, Putu Yulista, et al. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Polya Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Gugus I Kecamatan Tampaksiring. Jurnal Mimbar PGSD, 2(1), 1-10.

Kenedi, Ary Kiswanto dan Yullys Helsa. (2017). Literasi Matematis Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah. UNP Press: Padang.

Kenedi, Ary Kiswanto dkk. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Alquran Di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan PembelajaranSekolah Dasar, 2(1),29-36.

Mustika, A., & Riastini, N. (2017). Pengaruh Model Polya Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V SD. International Journal of Community Service Learning,1 (1), 31–38.

Mustika, Agus I Kd, dkk. (2017). Pengaruh Model Polya Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V SD. D . International Journal of Community Service Learning, 1(1),31-38.

Nasaruddin, N. (2013). Karakterisik Dan Ruang Lingkup Pembelajaran Matematika Di Sekolah. AL-Khwarizmi, 2, 63–76. Retrieved from http://download.portalgaruda.org/article.php?article=448031&val=9485&title=KARAKTERISIK DAN RUANG LINGKUP PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH

Oktariam Dwita. (2015). Refleksi Diri sebagai Salah Satu Metode Pembelajaran di Fakultas Kedokteran, Prosiding Seminar Presentasi Artikel Ilmiah Dies Natalis FK Unila ke 13, Bandar Lampung, Oktober 2015.

Puspita, Arini, dkk. (2013).Efektivitas Pendekatan Open-Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 1(2), 1–12.

Rudtin & Nur Afrianti. (2013). Penerapan Langkah Polya Dalam Model Problem Based Instruction Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Persegi Panjang. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 1(1), 1-10.

Rudtin, Nur Afrianti. (2013). Penerapan Langkah Polya dalam Model Problem Based Instructiom untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Persegi Panjang. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 1(1), 17-31.