Pengaruh Pendidikan Karakter dan Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Kanjuruhan Malang
Main Article Content
Abstract
Prestasi seseorang diakui atau tidak sedikit banyak akan dipengaruhi oleh pendidikan karakter dan kecerdasan emosional. Pendidikan karakter akan membentuk kecerdasan emosi seseorang yang akan membawa keberhasilan dalam berbagai aspek kehidupan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (a) Mengkaji pengaruh pendidikan karakter dan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar mahasiswa pendidikan ekonomi di Universitas Kanjuruhan Malang. Desain penelitian ini adalah survey. Pengambilan data menggunakan survey langsung dan instrumen yang di gunakan adalah kuesioner (angket). Populasi penelitian ini adalah seluruh Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Kanjuruhan Malang angkatan 2009, 2010, dan 2011. Pemilihan sampel berdasarkan metode acak (random sampling). Berdasar dari hasil penelitian ini, dapat diungkapkan : (a) Pendidikan Karakter memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar. (b) Kecerdasan Emosional tidak berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar. (c) Penddikan Karakter dan Kecerdasan Emosional memberikan pengaruh yang signifikan pada Prestasi Belajar.
Kata kunci : Pendidikan karakter, Kecerdasan emosional, Prestasi belajar
Article Details
The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions.Â