PENGARUH KOPERASI SEKOLAH TERHADAP PEMBELAJARAN ORGANISASI DAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DI SD NU KEPANJEN KABUPATEN MALANG

Main Article Content

Hartatik .
One Hadith Tama

Abstract

SD NU Kepanjen adalah salah satu sekolah yang ada di Kabupaten Malang yang mempunyai koperasi sekolah dan digunakan untuk pembelajaran berorganisasi serta mendidik karakteristik siswa dilingkungan sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Cara pengumpulan data dilakukan dengan tiga teknik, yaitu (1) wawancara mendalam (indepth interview); (2) observasi; dan (3) dokumentasi. Instrumen utama penelitian ini adalah peneliti dengan dibantu alat bantu kamera, pedoman wawancara, dan alat-alat lain yang diperlukan secara insendental. Hasil penelitian menunjukkan siswa mulai memahami tentang (1) Organisasi merupakan kumpulan orang yang bekerja sama sesuai dengan posisi dan keberadaannya dalam organisasi. (2) Dalam organisasi setiap orang diharuskan mematuhi aturan yang berlaku dalam organisasi. (3) Di dalam organisasi, sesekali akan muncul masalah. (4) Organisasi itu dinamis. (5) Dalam organisasi, setiap orang dituntut untuk selalu melakukan pembelajaran diri dan mengembangkan diri. Sedangkan aspek pendidikan karakter melalui suri tauladan para guru; (1) Perilaku disiplin dalam kinerja guru. (2) Sikap mental untuk tidak menerima yang bukan haknya. (3) Keyakinan yang tinggi terhadap motivasi dan pencapaian tujuan. Sedangkan dari aspek interaksi siswa dengan koperasi sekolah, utamanya transaksi kebutuhan muncul: (1) Perilaku menghargai orang lain dengan antri. (2) Perilaku mandiri. (3). Perilaku jujur melalui pembayaran. (4) Berkomunikasi baik dalam bertransaksi.

 Kata kunci: Koperasi Sekolah, Organisasi, Pendidikan Karakter

Article Details

How to Cite
., H., & Tama, O. H. (2014). PENGARUH KOPERASI SEKOLAH TERHADAP PEMBELAJARAN ORGANISASI DAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DI SD NU KEPANJEN KABUPATEN MALANG. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 4(2), 456–466. https://doi.org/10.21067/jip.v4i2.402
Section
Articles