MENINGKATKAN PENGUASAAN TEKNIK GRADASI WARNA MELALUI PENDEKATAN JOYFULL LEARNING PADA PROGRAM STUDI KRIA KULIT KELAS X

Main Article Content

Tukarno Tukarno

Abstract

Kria Kulit adalah salah satu program studi yang ada di SMK yang mempunyai  kompetensi produktif yang sangat dibutuhkan oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran terutama pada program kria kulit siswa kelas X pada mata pelajaran nirmana datar yang meliputi bagaimana menggambar dengan teknik gradasi yang baik. Belum maksimalnya kemampuan dalam membuat teknik gradasi sangat mempengaruhi hasil prestasi belajar para siswa di program studi tersebut. Hasil analisis siklus 1 menunjukkan nilai rata-rata prestasi belajar siswa adalah 74,7 dan ketuntasan belajar mencapai 35% atau ada 7 siswa dari 20 siswa yang sudah tuntas belajar. Hasil ini menunjukkan bahwa pada siklus I ini ketuntasan belajar secara klasikal belum memenuhi standar nilai KKM yaitu 75. Hasil analisis siklus 2 mnunjukkan nilai rata-rata prestasi belajar siswa adalah 81,52 dan ketuntasan belajar mencapai 100 % atau secara keseluruhan 20 siswa sudah tuntas belajar.

 Kata kunci: Teknik, Gradasi warna, Joyful Learning

Article Details

How to Cite
Tukarno, T. (2014). MENINGKATKAN PENGUASAAN TEKNIK GRADASI WARNA MELALUI PENDEKATAN JOYFULL LEARNING PADA PROGRAM STUDI KRIA KULIT KELAS X. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 4(2), 504–514. https://doi.org/10.21067/jip.v4i2.407
Section
Articles