PENGARUH KEPEMIMPINAN KETUA PROGRAM STUDI, KOMPETENSI DOSEN, DAN LAYANAN PENASEHAT AKADEMIK TERHADAP SIKAP POSITIF MAHASISWA DALAM PENYELESAIAN STUDI (Studi Pada Program Studi Pendidikan Ekonomi Unversitas Kanjuruhan Malang)

Main Article Content

Endah Andayani, Walipah

Abstract

Kepemimpinan program studi merupakan suatu kemampuan dan kesiapan untuk mempengaruhi, membimbing, mengarahkan dan menggerakkan dosen dan staf agar dapat bekerja secara efektif dalam rangka mencapai tujuan tri dharma perguruan tinggi. Pengelolaan tugas dan fungsi Ka.Prodi yang efektif, kompetensi dosen yang professional, serta kualitas kepenasehatan seharusnya mampu memberikan kontribusi pada mahasiswa, sehingga mahasiswa dapat terlayani dan termotivasi dengan baik dan  akan mendukung penyelesaian studi lebih cepat atau tepat waktu, karena pengembangan sikap  positif mahasiswa  dalam  penyelesaian  studi menjadi  salah satu esensi tujuan perkuliahan. Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui  pengaruh  kepemimpinan ketua program studi, kompetensi dosen, dan sikap positif mahasiswa dalam penyelesaian studi pada Prodi. Pend. Ekonomi Unikama. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian survei dengan jumlah sampel 68 mahasiswa.  Data  penelitian  diperoleh  melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan komputer program SPSS versi 16.0 sebagai satu model analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel Kepemimpinan Ka. Prodi, Kompetensi Dosen, Layanan Penasehat Akademik mempunyai pengaruh terhadap Sikap Positif Mahasiswa untuk menyelesaikan Studi. Secara parsial Kepemimpinan Ka. Prodi, Kompetensi Dosen, dan Layanan Penasehat Akademik masing-masing  berpengaruh secara positif terhadap Sikap Positif  Mahasiswa untuk menyelesaikan Studi.

 Kata Kunci:  Kepemimpinan , Kompetensi Dosen, Layanan , Sikap Positif

Article Details

How to Cite
Walipah, E. A. (2014). PENGARUH KEPEMIMPINAN KETUA PROGRAM STUDI, KOMPETENSI DOSEN, DAN LAYANAN PENASEHAT AKADEMIK TERHADAP SIKAP POSITIF MAHASISWA DALAM PENYELESAIAN STUDI (Studi Pada Program Studi Pendidikan Ekonomi Unversitas Kanjuruhan Malang). Jurnal Inspirasi Pendidikan, 4(2), 526–535. https://doi.org/10.21067/jip.v4i2.409
Section
Articles