Analisis Muatan Kajian Gender pada Buku Teks Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi

Main Article Content

Nurul Febrianti
Aim Abdulkarim
Elly Malihah
Susan Fitriasari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan muatan kajian gender pada buku teks Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian analisis konten dengan pendekatan kualitatif melalui tahap, yaitu pengadaan data, reduksi data, inferensi, dan analisis data. Sumber data penelitian adalah buku teks Pendidikan Kewarganegaraan yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti tahun 2016. Unit analisis adalah muatan kajian gender yang terkadung pada BAB yang berhubungan dan berkaitan dengan kajian gender dalam buku tersebut. Hasil penelitian yaitu: (1) Penyusunan buku teks dilihat dari parity gender dapat dikatakan disparity gender karena hanya terdapat tiga orang perempuan dari 12 orang penyusun buku teks. (2) Terdapat pembahasan tidak responsif gender dengan tidak mencantumkan organisasi perempuan dalam pergerakan nasional. (3) Ditemukan beberapa ilustrasi gambar yang bias gender dan mengakibatkan perspektif yang salah tentang gender stereotypes dan gender roles. (4) Masih absennya kajian muatan gender dalam buku teks Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan tinggi yang semestinya hadir bila dilihat sebagai ilmu yang bersifat multifaced.

Article Details

How to Cite
Febrianti, N., Abdulkarim, A., Malihah, E., & Fitriasari, S. (2020). Analisis Muatan Kajian Gender pada Buku Teks Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 10(1), 70–77. https://doi.org/10.21067/jip.v10i1.4328
Section
Articles