Pentingnya Aspek-Aspek Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan

Main Article Content

Wibowo Heru Prasetiyo
Sutopo
Bambang Sumardjoko

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk; (1) mendeskripsikan etos kepemimpinan transformasional; (2) mendeskripsikan pendekatan kepeminpinan transformasional dan (3) mengetahui target kepemimpinan transformasional. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif karena lebih memberikan tekanan pada pemahaman yang berhubungan dekat dengan nilai-nilai tertentu, mendeskripsikan, menafsirkan dan memberikan arti terhadap masalah yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) dalam etos kepemimpinan transformasional, kepala sekolah berhasil membangun hubungan sosial yang kuat, baik di masyarkat maupun di dalam organisasi dengan mengikuti aturan dan etika yang ada, kepala sekolah bekerja dengan penuh tanggung jawab yang ditunjukkan dengan moralitas,  motivasi dan etos kerja yang tinggi, (2)  dalam pendekatan kepemimpinan transformasional menunjukkan bahwa kepala sekolah mampu menggabungkan kekuasaan, keahlian dan keteladanan dalam menjalankan kepemimpinan sekolah sehingga berjalan dengan efektif dan efisien; (3) dan target kepemimpinan transformasional kepala sekolah menunjukkan bahwa kepala sekolah dengan kekuasaan kepemimpinannya mampu mempengaruhi, mengarahkan, menggerakkan dan memberdayakan bawahan menuju perubahan pada budaya organisasi untuk mencapai tujuan melalui visi yang telah ditetapkan. Jadi etos, pendekatan dan target kepemimpinan transformasional mampu mengubah perilaku bawahan untuk memiliki motivasi dan moralitas yang lebih tinggi dalam menjalankan tugas.

Article Details

How to Cite
Prasetiyo, W. H., Sutopo, & Sumardjoko, B. (2021). Pentingnya Aspek-Aspek Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan . Jurnal Inspirasi Pendidikan, 11(1), 41–50. https://doi.org/10.21067/jip.v11i1.4940
Section
Articles

References

Abid, Nabila., Farooqi, Yasir Aftab. (2015). International Journal of Business and Management Invention “ Role of Organizational Commitment and Transformational Leadership in Enhaching Employee in Role Performance and OCB†www.ijbmi.org.

Ahmad, Farid., Abbas, Tasawar., Latif, Shahid., and Rasheed, Abdul. (2014). Journal of Management Policies and Practices “Impact of Transformational Leadership on Employee Motivation in Telecommunication Sector.†Volume 2.

Amanchukwu, Stanley and Ololube. (2015). School of Public Health Nursing, Rivers State college Science and Technology, “ A Review of Leadership Theories, Principals and Styles and Their Relevance to Educational Managementâ€.

Barrett, Catherine., and Breyer, Robert. (2014). "The Influence of Effective Leadership on Teaching and Learning," Journal of Research, Available at: http://digitalcommons.uncfsu.edu/jri/vol1/iss2/3.

Chen, C., Tsai S., Chen, H., & Wu, H. 2016. The Relationship between the Principal’s Positive Leadership and School Effectiveness-Take School Organizational Culture as The Mediator. European Journal of Psychological Research. 3 (2), 12-23.

Costley DL and Howell, J.P. (2001). “Understanding Behaviors for Effective Leadershipâ€. Saddle River: NJ: Prentice-Hall.

Danim, S. (2004) . “Motivasi Kepemimpinan & Efektivitas Kelompok.†Jakarta: Rineka Cipta.

Hasibuan, Malayu S.P. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara,

Lukel, Shifayasfina. (2016). Universitas Lampung, “Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Organizational Citizenship Behavior dan Komitmen Organisasional Terhadap Kinerja Karyawan PT. Bankâ€.

Moleong, Lexy J. (2007). “Metodologi Penelitian Kualitatifâ€. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Moolennar, Neinke M., Daly, Alan J., and Sleegers, Peter J.C.(2010). Educational Administration Quarterly. †Occupying the Principal Position: Examining RelationshipsBetweenTransformational Leadership, Social Network Position, and Schools’Innovative Climateâ€.

Moorosi, P. & Bantwini, B. D. (2016). School District Leadership Styles and School Improvement: Evidence from Selected School Principals in the Eastern Cape Province. South African Journal of Education. 36(4), 1-9.

Mugisha and Vermont. (2013). International Journal of Multiculturan Journal. “Culturally Responsive Instructional Leadership : A Conseptual Exploration with Pricipals of Three New Zealand Mainstream Schoolâ€.

Northouse G.( 2007). Leadership theory and practice (3rd ed.). London: New Delhe, Sage Publications, Inc.

Ololube, N. P. (2013). Educational Management, Planning and Supervision: Model for Effective Implementation. Owerri: SpringField Publishers.

Price, Terry L. (2008). “Leadership Ethicsâ€. Cambridge :Cambridge University Press

Rahmi, Sri (2014). “Kepemimpinan Transformasional dan Budaya Organisasi,†Jakarta : Mitra Wacana.

Ross, D. J. & Cozzens, J. A. 2016. The Principalship: Essential Core Competencies for Instructional Leadership and Its Impact on School Climate. Journal of Education and Training Studies. 4 (9), 162-176.

Robbins & Judge. (2008:90). “Essentials of Organizational Behavior 13th Edition.†University of Notre Dame.

Sandell, Kyle .(2012). Thesis. Colorado State University “Transformational Leadership, Engagement, and Performance : A New Perspectiveâ€.

Veland, Todd Douglas. (2012). Electronic Theses and Dessertations. Digital Common @ Georgia Southern " A study of leadership Disposition of Tranformational Leader in Georgia High Schoolâ€. https://digitalcommons.georgiasouthern.edu/etd.

Yang, Y. 2014. Principal’s Transformational Leadership Improvement. International Journal of Educational Management, 28 (3), 279-288.

Yukl, Gary. (2005). “Kepemimpinan Dalam Organisasi.†Edisi Kelima Jakarta. Rineka Cipta.