Pengembangan E-Modul Interaktif Materi Sistem Bilangan Untuk Mendukung Pembelajaran Siswa Sekolah Menengah Kejuruan

Main Article Content

Abd Rohman
Mustaji Mustaji
Achmad Noor Fatirul

Abstract

Pembelajaran di era 4.0 dan di tambah lagi dengan masa pandemi covid 19 yang menyebar di dunia tidak terkecuali indonesia inovasipun di tuntut di semua bidang. Dibidang pendidikan pun diperlukan banyak inovasi yang dikembangkan oleh sekolah maupun guru dalam mengatasi adanya sistem pembelajaran jarak jauh. Tujuan E-modul interaktif ini untuk menjawab salah satu tuntutan untuk inovasi dalam model pembelajaran daring dimana siswa bisa belajar mandiri tetapi tidak menjadi jenuh karena adanya interaksi dengan pembelajar melalui video pembelajaran, link dengan materi yang ada di internet, dan soal interatif sehingga pembelajaran bisa menyenangkan. Metode dalam penelitian ini yaitu menggunakan model Dick & Carey. Dalam pengembangan e-modul interaktif  menggunakan 1-9 langkah yang terdapat pada model Dick & Carey. Hasil penelitian ini menunjukan hasil yang sangat baik dimana produk dapat digunakan oleh siswa dalam mendukung pembelajaran. Selain itu produk e-modul interaktif ini mempunyai kelayakan untuk digunakan dalam pembelajaran dengan kategori sangat layak, karena sudah divalidasi oleh ahli isi, ahli media dan teman sejawat dan juga sudah di uji cobakan kepada perorangan yang melibatkan 2 siswa, kelompok kecil yang melibatkan 5 siswa, dan kelompok besar yang melibatkan 15 siswa. Hasil validasi dapat dilihat dari skor validasi ahli isi materi = 93 %, skor validasi ahli Media = 92 %, skor validasi teman sejawat = 95%, dan hasil uji coba yang dilakukan pada siswa perorangan sebesar 94%, kelompok kecil sebesar 95%, dan penilaian siswa kelompok besar sebesar 94 %. Ini berarti e-modul interaktif materi sistem bilangan sangat layak digunakan dalam mendukung pembelajaran siswa di sekolah menengah kejuruan (SMK)

Article Details

How to Cite
Rohman, A., Mustaji, M., & Fatirul , A. N. (2021). Pengembangan E-Modul Interaktif Materi Sistem Bilangan Untuk Mendukung Pembelajaran Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 11(1), 61–71. https://doi.org/10.21067/jip.v11i1.5306
Section
Articles

References

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424
Suhartini, N., Sumbawati, M. S., & Sitompul, N. C. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran IPS Berorientasi student Center learning Dalam Blended Learning kelas Vii Di Smp Negeri 4 Surabaya. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 7(3), 304–311.
Degeng, I. N. S. & P. D. (2018). Ilmu Pembelajaran. Yayasan Taman Pustaka Kristen Indonesia.
Aminatun, T., Subali, B., Prihartina, I., Masing, F. A., Dwiyani, A., Nindiasari, T., Sidiq, A., & Luthfi, M. (2016). Pengembangan E-Module Berbasis Android Mobile Materi Ekosistem Lokal Nusa Tenggara untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Siswa SMA. Snps 2016, 223–230.
Andani, D. T., & Yulian, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Electronic Book Menggunakan Software Kvisoft Flipbook Pada Materi Hukum Dasar Kimia di SMA Negeri 1 Panton Reu Aceh Barat. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.24815/jipi.v2i1.10730
Fatirul, A. N. (2018). Metode Penelitian & Penengembanga. CV. Zifatama Jawara.
Firmandasari, R. A., Suryawinata, M., Hasanah, F. N., & Untari, R. S. (2020). Game bahasa jawa krama sebagai media pembelajaran anak berbasis android. 05, 150–160.
Hidayati, A., Rufi’i, R., & Wiyarno, Y. (2020). Pengembangan Buku Ajar IPA Kelas VI untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 8(2), 106. https://doi.org/10.25273/jems.v8i2.5628
HUSNIAH, M. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning Mata Pelajaran Pai Materi Akhlak Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Turen. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 1–126.
Km, I. G. A., Indah, N., Agung, G., & Suartama, I. K. (2016). Pengembangan Mobile Learning Dengan Model Dick Dan Carey Pada Mata Pelajaran Biologi Di Smpn 5 Mendoyo. E-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 4.
Mursanti, A. E., & Fatirul, A. N. (2020). Edcomtech. 76–87.
Mustaji. (2008). Pembelajaran Mandiri. Unesa FIP.
Rhomaya, E., . R., & Fatirul, A. N. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Melatih Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Pada Materi Trigonometri Kelas X Sma Ypm 2 Sukodono. Jurnal Education and Development, 7(2), 188–188.
Sakti, H. G. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dengan Model Dick, Carey, Dan Carey (2001) Untuk Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Sakra Timur Lombok Timur. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 1(2), 52–64. http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/jtp/article/view/611
Sriyanto, S. (2019). Bahan Ajar Ppkn Berbasis Karakter Dan Literasi Untuk Siswa Kelas Ix Smp Al Hikmah Surabaya. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(2), 130–142. https://doi.org/10.17977/um039v4i22019p130
Walter Dick, Lou Carey, J. O. C. (2015). The Systematic design of Instruction. Library of Congress Cataloging.
Winatha, K. R., Suharsono, N., & Agustin, K. (2018). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Matematika. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 4(2), 188–199. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/article/viewFile/14021/9438
adawiyah, R. (2016). Pengembangan E-Modul Tentang Penggunaan Scene Pada Mata Pelajaran Teknik Animasi 2 Dimensi Kelas Xi Multimedia Di Smk Negeri 1 Lamongan. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 8(1), 1–6.
Istianah, Y., Wiryokusumo, I., & Leksono, I. P. (2020). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif menggunakan transisi morph dan zoom materi perbandingan. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(2), 113. https://doi.org/10.30734/jpe.v7i2.972
Pendidikan, T., Pendidikan, F. I., & Surabaya, U. N. (n.d.). Pengembangan E-Modul Interaktif Mata Kuliah Pengantar Teknologi Pendidikan Untuk Mahasiswa Program Studi S1 Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya Pengembangan E-Modul Interaktif Mata Kuliah Pengantar Teknologi Pendidikan Untuk Mahasiswa Program Studi S1 Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya Asyifa ’ un Nufus. 1–8.