PENGGUNAAN MEDIA FILM DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PRAGMATIK MAHASISWA PRODI BAHASA INGGRIS UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG

Main Article Content

Salwa Salwa
Widya Hanum Sari P

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan strategi pembelajaran yang lebih menarik dengan menggunakan media film sebagai materi (supplementary materials) selain buku ajar untuk meningkatkan kompetensi pragmatik mahasiswa.penelitian ini diharapkan agar Ilmu Pragmatik dapat diajarkan dengan menggunakan film sebagai gambaran nyata dari penggunaan bahasa Inggris asli, baik verbal maupun non-verbali, diharapkan akan meningkatkan kompetensi pragmatik bagi mahasiswa.Mahasiswa juga diharapkanakan mampu menggunakan kalimat (discourse) yang sesuai dalam situasi komunikasi yang berbeda-beda. Dengan menggunakan materi otentik seperti film,diharapkan dapat membantu menaikkan tingkat pemahaman mahasiswa akan pentingnya kompetensi pragmatik khususnya  dalam menunjang komunikasi efektif melalui para penutur bahasa Inggris asli tersebut.Juga untuk pengajar, akan terbantu dengan adanya hasil penelitian inidalam memasukkan aspek pragmatik yang terintegrasi dalam pengajaran bahasa Inggris melalui media film. Metode dalam penelitian ini adalah experimental design dengan  menggunakan non-randomized control group, pretest-post-test design. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui observasi, interview dan kuesioner. Dari hasil lima kali  treatment yang di lakukan pada experimental group, terdapat kenaikan skor pada post-test. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan film dapat meningkatkan kompetensi Pragmatik para mahasiswa serta juga meningkatkan motivasi belajar mahasiswa dalam mempelajari ilmu Pragmatik.

 

Kata Kunci :Kompetensi Pragmatik, media film, Communicative Competence

Article Details

How to Cite
Salwa, S., & Sari P, W. H. (2015). PENGGUNAAN MEDIA FILM DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PRAGMATIK MAHASISWA PRODI BAHASA INGGRIS UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 5(1), 582–586. https://doi.org/10.21067/jip.v5i1.690
Section
Articles