PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES DASAR IPA KELAS II MI MAMBAUL ULUM

Main Article Content

Farida Nur Kumala

Abstract

Pembelajaran IPA di MI Mambaul Ulum menggunakan metode ceramah yang monoton di dalam kelas, hal ini menyebabkan pembelajaran kurang bermakna dan pasif bagi siswa. Pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis lingkungan memberikan konsep yang nyata serta dapat melatihkan keterampilan proses yang disyaratkan dalam IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis lingkungan di kelas II MI Mambaul Ulum dan keterlaksanaan keterampilan proses dasar IPA pada materi posisi cahaya matahari. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas II MI Mambaul Ulum. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sample. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara dan tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, pedoman wawancara dan lembar tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu pengumpulan, reduksi, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan proses triangulasi metode pengambilan data dan sumber data Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis lingkungan di kelas II diterapkan dengan baik karena sesuai dengan indikator keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis lingkungan sebesar 90,9% dan tercapainya tujuan pembelajaran yang ditandai dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa serta keterampilan proses dasar IPA telah terlihat pada semua aspek yang dikembangkan sebesar 71,8% – 100%.

 

Kata Kunci: Pembelajaran IPA, Berbasis lingkungan, Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Proses

Article Details

How to Cite
Kumala, F. N. (2015). PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES DASAR IPA KELAS II MI MAMBAUL ULUM. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 5(1), 593–602. https://doi.org/10.21067/jip.v5i1.691
Section
Articles