PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA

Main Article Content

Sumadji Sumadji

Abstract

Proses pembelajaran bagi mahasiswa tidak cukup dilakukan hanya dengan membaca,
mendengar dan menulis. Pembelajaran membutuhkan banyak hal termasuk metode efektif
untuk mencapai tujuan belajar secara efisien.Sekarang banyak motode pembelajaran inovatif
seperti learning cycle, problem posing, dan brainstormingditerapkan oleh praktisi pendidikan
dengan hasil positif.Untuk itu dilakukan penelitian untuk menjawab masalah (1) adakah
pengaruh metode pembelajaran terhadap hasil belajar? (2) metode manakah yang paling
efektif?Desain penelitian ini adalah Pre Test Post Test Control Design.Kelompok yang dikenai
metode pembelajaran problem posing menjadi kelas kontrol.Dua kelas lainnya menjadi kelas
eksperimen masing-masing dikenai metode learningcycle dan brainstorming.Dari tabel Anova
angka Sig.0.042 yang kurang dari 0.05 menunjukkan bahwa hipotesis ditolak, berarti terdapat
perbedaan sinifikan antara tiga hasil belajar.Perbedaan signifikan tersebut terjadi antara hasil
belajar kelas LC dan kelas BS.Berdasarkan kenyataan seperti itu, disimpulkan bahwa ada
pengaruh metode pembelajaran terhadap hasil belajar dan metode brainstorming lebih efektif
dari dua metode lainnya.

Kata-kata kunci: Learning cycle, problem posing, brainstorming dan hasil belajar

Article Details

How to Cite
Sumadji, S. (2015). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 5(2), 653–662. https://doi.org/10.21067/jip.v5i2.799
Section
Articles