PENERAPAN TEOREMA BRUNER PADA PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI

Main Article Content

Nyamik Rahayu Sesanti

Abstract

Trigonometri merupakan materi pendukung untuk mata kuliah lainnya, seperti kalkulus 2,
kalkulus peubah banyak, kalkulus lanjut, struktur aljabar 1 dan persamaan diferensial. Oleh sebab
itu, mahasiswa harus dapat menguasai konsep trigonometri secara matang agar bisa memahami
mata kuliah tersebut . Selain itu materi trigonometri diberikan kepada siswa SMA di kelas X, XI,
dan XII, sehingga mahasiswa sebagai calon guru harus sudah menguasainya sebagai bekal yang
dapat dimanfaatkan pada saat PPL di SMA untuk semua kelas dan pada saat menjadi guru SMA.
Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan pembelajaran
Teorema Bruner pada trigonometri dan mengetahui hasil belajar mahasiswa setelah penerapan
Teorema Bruner dalam pembelajaran trigonometri. Jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan
Kelas. Subyek penelitian terdiri 36 mahasiswa yang memiliki kemampuan heterogen. Data yang
dikumpulkan kemudian dianalisis secara kuntitatif dan kualitatif. Pembelajaran yang dilaksanakan
pada penelitian ini berdasarkan Teorema Bruner yaitu teorema kontruksi,teorema contras dan
variasi, dan teorema koneksi. Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa mampu untuk
mengkonstruksi konsep dasar trigonometri dan memberikan contoh yang bervariasi dan kontras.
Mahasiswa juga mampu menjelaskan kembali konsep dasar trigonometri kepada temannya. Proses
koneksitas mahasiswa juga semakin meningkat dengan adanya pengajuan pertanyaan-pertanyaan
yang berkaitan dengan konsep dasar trigonometri. Dengan demikian hasil belajar mahasiswa juga
meningkat.

Kata kunci: Trigonometri, Teorema Bruner , Hasil belajar

Article Details

How to Cite
Sesanti, N. R. (2015). PENERAPAN TEOREMA BRUNER PADA PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 5(2), 677–684. https://doi.org/10.21067/jip.v5i2.803
Section
Articles