PENINGKATAN KEAKTIFAN MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN PENGEMBANGAN MEDIA MANIPULATIF MELALUI STRATEGI SNOWBALL THROWING

Main Article Content

Tatik Retno Murniasih

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah-langkah penerapan strategi
snowball throwinguntukmeningkatkan keaktifan mahasiswa pada pembelajaran pengembangan
media manipulatif. Subyek penelitian adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika kelas
2012B sebanyak 20 orang.Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dua
siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan
refleksi. Data yang diperoleh berupa nilai persentase peningkatan keaktifan pada akhir siklus I
dan pada akhir siklus II. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keaktifan mahasiswa.
Peningkatan keaktifan mahasiswa dapat dilihat dari meningkatnya indikator keaktifan
mahasiswa pada siklus I dan II. Selain itu hasil tes akhir mahasiswa yang menenuhi kriteria
keberhasilan juga mengalami peningkatan pada siklus Isebesar 65%meningkat menjadi 90%
pada siklus II.Berdasarkan kriteria keberhasilan disimpulkan bahwa penerapan strategi
pembelajaran snowball throwing dalam pembelajaran pengembangan media manipulatif dapat
meningkatkan keaktifan mahasiswa.

Kata-kata Kunci: keaktifan, media manipulatif, snowball throwing

Article Details

How to Cite
Murniasih, T. R. (2015). PENINGKATAN KEAKTIFAN MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN PENGEMBANGAN MEDIA MANIPULATIF MELALUI STRATEGI SNOWBALL THROWING. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 5(2), 691–697. https://doi.org/10.21067/jip.v5i2.806
Section
Articles