PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI DI SMP AL INAYAH PURWOSARI PASURUAN

Main Article Content

Rosita Dwi Ferdiani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah –langkah pembelajaran Two Stay Two
Stray yang meningkatkan komunikasi matematis pada materi relasi dan fungsi di kelas VIII
SMP Al Inayah Purwosari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas secara
kolaboratif yang dilakukan untuk meningkatkan komunikasi siswa pada materi relasi dan
fungsi. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dilaksanakan di
SMP Al Inayah Purwosari, Pasuruan pada semester gasal. Subjek penelitian ini adalah siswa
kelas VIII. Data dalam penelitian ini adalah hasil validasi perangkat pembelajaran dalam
lembar validasi, skor siswa dalam mengerjakan tes, hasil observasi aktivitas guru dan siswa
dalam lembar observasi, hasil wawancara terhadap 4 subjek penelitian, hasil catatan lapangan
selama pembelajaran berlangsung. Hasil Penelitian berdasarkan hasil tes pertama terdapat 19
siswa yang memporelah nilai ≥ 65 dan siswa yang memperoleh nilai ≤ 65 sebanyak 9 siswa,
dengan nilai tertinggi sebesar 90, nilai terendah sebesar 52 dan rata – rata kelas 74,10.
Berdasarkan perolehan nilai hasil tes tersebut berarti ketuntasan klasikal adalah 71%. Pada
siklus II terjadi peningkatan komunikasi matematis siswa yang diikuti dengan peningkatana
pemahaman siswa terbukti adanya peningkatan nilai rata – rata dari 74,10 menjadi 81,17 dan
peningkatan ketuntasan klasikal sebesar 18, 28 %, yaitu dari 71% meningkat menjadi 89, 28%.

Kata Kunci : pembelajaran two stay two stray, peningkatan komunikasi matematis, relasi
dan fungsi

Article Details

How to Cite
Ferdiani, R. D. (2015). PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI DI SMP AL INAYAH PURWOSARI PASURUAN. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 5(2), 715–721. https://doi.org/10.21067/jip.v5i2.810
Section
Articles