IMPLEMENTASI FUZZY LOGIC PADA PERILAKU NPC (NON PLAYER CHARACTER) DALAM TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN PADA GAME MLIJO 2D BERBASIS MOBILE

Sely Prastikasari, Amak Yunus, Danang Aditya Nugraha

Abstract

NPC (Non Player Character) merupakan karakter otonom yang sudah ditentukan rule/aturan pergerakannya oleh komputer pada sebuah game. Dalam game bertema pelayanan, NPC berperan penting pada kualitas game dan daya tarik game tersebut. Dalam Game bernama “ Mlijoâ€, NPC berperan sebagai konsumen dimana dibutuhkan beberapa perilaku NPC dan penerapan artificial intelligence (AI) dalam game tersebut. Penerapan fuzzy mamdani pada game Mlijo ini terdapat pada perilaku dalam kepuasan pelayanan NPC berupa mimik wajah. Hasil yang diperoleh berupa nilai dari beberapa mimik wajah NPC yaitu puas, biasa dan kecewa yang berhubungan dengan waktu NPC, kualitas barang dan harga yang ditawarkan dengan menggunakan bahasa #C pada game engine unity 2D.

References

Arno Nomadeni Fitroh & Ahsan Moh, 2015, "Clustering Data Mahasiswa Menggunakan Metode Self Organizing Maps untuk Menentukan Strategi Promosi Universitas Kanjuruhan Malang". Jurnal Bimasakti Vol 1 No 5 2015

Hidayah, Nur, Mulyadi, Ichsan Ridwan. 2016. “Algoritma Boids dan Logika Fuzzy pada Pergerakan dan Perilaku Non Player Characters Permainan Borneo Mission”. Kalimantan Selatan: Kumpulan Jurnal Ilmu Komputer, ISSN 2406- 7857

Suyanto. 2014. Artificial Intelligence Searching, Reasoning, Planning dan Learning. Bandung: Informatika Bandung, ISBN 978-602-1514-44-3

Authors

Sely Prastikasari
sellyrik@gmail.com (Primary Contact)
Amak Yunus
Danang Aditya Nugraha
Prastikasari, S., Yunus, A., & Nugraha, D. A. (2019). IMPLEMENTASI FUZZY LOGIC PADA PERILAKU NPC (NON PLAYER CHARACTER) DALAM TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN PADA GAME MLIJO 2D BERBASIS MOBILE. RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 1(3), 43–52. https://doi.org/10.21067/jtst.v1i3.3012

Article Details

Most read articles by the same author(s)