IMPLEMENTASI MODEL INKUIRI TERBIMBING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMK

Robertus Ndara Ana Lewe, Sholikhan Sholikhan, Hestiningtyas Yuli Pratiwi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Agar dapat meningkatkan kualitas penerapan pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas X Tbsm-2 SMK Negeri 10 Malang. (2) Penerapan pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X Tbsm-2 SMK Negeri 10 Malang. (3) Penerapan pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X Tbsm-2 SMK Negeri 10 Malang. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Tbsm-2 SMK Negeri 10 Malang.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran siklus I (72,78%), dan siklus II (82,78%). Motivasi belajar siswa pada siklus I (76,02%) dan pada siklus II (87,22%), dan Prestasi belajar siswa pada siklus I (57,14%) dan pada siklus II (85,71%). Dapat di simpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar fisika siswa kelas X Tbsm-2 SMK Negeri 10 Malang Tahun Ajaran 2019-2020.


 

Authors

Robertus Ndara Ana Lewe
ronysmcg@gmail.com (Primary Contact)
Sholikhan Sholikhan
Hestiningtyas Yuli Pratiwi
Lewe, R. N. A., Sholikhan, S., & Pratiwi, H. Y. (2020). IMPLEMENTASI MODEL INKUIRI TERBIMBING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMK. RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.21067/jtst.v2i1.4333

Article Details

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>