APLIKASI PENGENALAN BUDAYA SUMBA BERBASIS ANDROID APLIKASI PENGENALAN BUDAYA SUMBA BERBASIS ANDROID

Frengky Arin, Yoyok Seby Dwanoko

Abstract

Budaya adalah cara hidup yang dimiliki oleh kelompok orang yang dapat diwariskan dari generasi kegenerasi. Indonesia merupakan Negara kepulauan yang kaya akan ragam budaya yang berbeda-beda dan unik. Dengan adanya keunikan tersebut terciptalah berbagai kebudayaan dengan keunikannya masing-masing. Salah satunya adalah pulau Sumba yang kaya akan kebudayaannya mulai dari adat istiadat, rumah adat, tari-tarian, alatmusik dan senjata tradisional, namun seiring dengan perkembangan jaman yang terus menerus, budaya sumba masih kurang dikenal oleh masyarakat luas terutama mahasiswa sumba yang kuliah di berbagai perguruan tinggi dikota Malang dan masyarakat sumba sendiri, berdasarkan survey awal yang dilakaukan terhadap 100 orang mahasiswa melalui pemberian kuisioner diperoleh sebagian besar mahasiswa tidak begitu banya mahasiswa yang mengetahui tentang kekayaan budaya yang ada diSumba, rata-rata mahasiswa hanya mengetahui tradisi budaya local yang sudah biasa dilakukan, oleh karena itu dalam penelitian ini dibuat sebuah aplikasi pengenalan budaya sumba berbasis android yang bertujuan untuk memudakan masyarakat sumba itu sendiri, masyarakat Indonesia, untuk mengenal budaya sumba. Metode yang digunakan penulis adalah metode waterfall. Penelitian ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam mengenal berbagai macam budaya yang ada di sumba.

References

Khoirul Khuda, Y. A. F. (2018). Pendidikan Konservasi Perspektif Warisan Budaya Untuk
Membangun History For Life Khoirul Huda , Yoga Ardian Feriandi Universitas PGRI
Madiun Keyword : Conservative Education ; Culture ; History For Life Pendahuluan
Penguatan budaya pada masa sekarang dian. Aristo, 6(2), 329–343.
Kuara Jangga Uma, W., Handayani, D., & Satriya Nurgiri, Y. (2018). Makna Nyale Dalam
Upacara Adat Pasola Sebagai Upaya Pelestarian Budaya Di Sumba Barat Nusa Tenggara
Timur. HISTORIA Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 6(2), 347.
https://doi.org/10.24127/hj.v6i2.1430
Aji Karma, Program, P., Sarjana, S., & Indonesia, S. (2014). Jurnal analisis struktur.
Muizzah, L., Informasi, J. S., Teknik, F., Madura, U. I., Budaya, P., & Berbasis, M. (2017).
Aplikasi pengenalan budaya madura berbasis android 1. 2017(Sehati), 17–21.
Studi, P., Ilmu, T., Alam, P., Studi, T., Qs, T., & Al, A. (2018). Thabiea : Journal of Natural
Science Teaching DESKRIPSI SAINTIFIK PENGARUH TANAH PADA
PERTUMBUHAN. 01(02), 61–69.
Rosa A. S, & M. Shalahuddin, (2014) Buku, Rekayasa Perangkat Lunak.
Dwanoko, Y. S., Informasi, S., Malang, U. K., Development, S., & Cycles, L. (n.d.).
IMPLEMENTASI SOFTWARE DEVELOPMENT LIFE CYCLE ( SDLC ) DALAM
PENERAPAN PEMBANGUNAN APLIKASI PERANGKAT.

Authors

Frengky Arin
susantofrengky10@gmail.com (Primary Contact)
Yoyok Seby Dwanoko
Arin, F., & Dwanoko, Y. S. (2021). APLIKASI PENGENALAN BUDAYA SUMBA BERBASIS ANDROID: APLIKASI PENGENALAN BUDAYA SUMBA BERBASIS ANDROID. RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 3(1), 64–74. https://doi.org/10.21067/jtst.v3i1.4508

Article Details