Penerapan Simple Additive Weighting Method Guna Penentuan Sistem Pendukung Keputusan Bantuan Program Keluarga Harapan

Dondi, Yoyok Seby Dwanoko

Abstract

pemerintah mengeluarkan berbagai macam program bantuan, yaitu salah satunya program yang memberikan bantuan uang tunai kepada peserta PKH. Seperti di desa belung kecamatan poncokusumo terdapat pendataan warga yang terdaftar dalam penerima PKH tidak sesuai dan pendataan penerima PKH ini diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS), karena data belum diperbarui. Karena terkait data yang digunakan dalam pendataan tidak tepat sasaran dari BPS tahun 2015, sehingga terdapat keluarga sejahtera terdaftar dan yang keluarga yang kurang mampu tidak terdaftar di program PKH. Penelitian ini bertujuan untuk pendataan program bantuan yang belum terdaftar dalam keluarga penerima manfaat atau PKH. Untuk memudahkan admin dalam seleksi penerima bantuan dibutuhkan sebuah sistem pendukung keputusan menentukan penerima bantuan program keluarga harapan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). Metode SAW adalah mencari penjumlahan terbobot dari rating kinerja pada setiap alternatif pada semua kriteria. Adapun tahapannya yaitu menentukan alternatif, menentukan kriteria, memberikan nilai rating, membuat matriks keputusan, membuat tabel rating, menentukan bobot,menentukan normalisasi, hasil dari rating ternormalisasi, dan hasil akhir. Hasil dari penelitian adalah sebuah SPK untuk menghitung dan memproses data perangkingan dari nilai terendah dan nilai tertinggi. Dengan adanya sistem ini dapat menentukan penerima bantuan PKH dengan tepat sasaran.

References

M. Sosial, Permensos No 1 tahun 2018 Tentang Program Keluarga Harapan. 2018.
S. H. A. Latif, Lita Asyriaty, Mohamad Jamil, Buku Ajar: Sistem Pendukung Keputusan Teori dan Implementasi. Deepublish, 2018.
E. Ismanto and N. Effendi, “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Karyawan Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW),” SATIN - Sains dan Teknol. Inf., vol. 3, no. 1, p. 1, 2017, doi: 10.33372/stn.v3i1.208.
F. San Pratama, “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Siswa Baru Menggunakan Metode Saw (Studi Kasus: Smk Ipiems Surabaya),” J. Manaj. Inform., vol. 5, no. 2, 2016.
W. R. Kusumadewi Sri, Hartati Sri, Harjoko Agus, Ilmu, Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (Fuzzy MADM). Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.
M. F. Tika, P. S. Informatika, F. Komunikasi, D. A. N. Informatika, and U. M. Surakarta, “Sistem pendukung keputusan seleksi penerima program bantuan sosial menggunakan metode saw,” 2021.
Bantuan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW),” pp. 351–356, 2022.
D. M. Efendi et al., “Sistem pengambilan keputusan penerima renovasi rumah dengan menggunakan weight product dan saw,” vol. 21, no. 2, pp. 115–123, 2021.
A. Gumelar, “Sistem pendukung keputusan pemilihan handphone dengan metode simple additive weighting (saw) berbasis web,” 2017.

Authors

Dondi
putraseng4@gmail.com (Primary Contact)
Yoyok Seby Dwanoko
Dondi, & Dwanoko, Y. S. (2022). Penerapan Simple Additive Weighting Method Guna Penentuan Sistem Pendukung Keputusan Bantuan Program Keluarga Harapan. RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 4(3), 164–172. https://doi.org/10.21067/jtst.v4i3.7543

Article Details