ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP BERDASARKAN TAHAPAN APOS PESERTA DIDIK PADA SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL

Riski Nur Istiqomah Dinnullah

Abstract

Tujuan yang disajikan pada penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan tahapan APOS. Pemahaman konsep siswa dianalisis berdasarkan tahapan APOS yaitu aksi, proses, objek dan skema. Subyek pada penelitian ini adalah 3 peserta didik dengan kategori tingkat kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Sementara, teknik analisis data meliputi reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Untuk mendapatkan data yang relevan, maka keabsahan data penelitian menggunakan teknik triangulasi Hasil analisis yang diperoleh dari pengerjaan soal yang diberikan adalah adalah (1) peserta didik dengan kemampuan tinggi sudah memenuhi tahap aksi, proses, objek dan skema, (2) peserta didik dengan kemampuan sedang masih berada pada tahap aksi dan proses namun kurang memahami pada tahap objek dan skema; serta (3) peserta didik dengan kemampuan rendah tidak memahami konsep materi sehingga tidak memenuhi seluruh tahapan APOS.

References

Afifah, D. S. N. & Suroto. (2013). Identifikasi Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial Ditinjau Dari Perbedaan Kemampuan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1). 2337-8166.
Andayani, M. (2017). Analisis kesalahan siswa SMP Kelas VII dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi segiempat berdasarkan prosedur newman (Skripsi). Malang: Universitas Kanjuruhan Malang.
Apririyani, E. (2017). Analisis Pemahaman Siswa Berkemampuan Tinggi Sedang Dan Rendah Materi Trigonometri Dengan Menggunakan Teori Taksonomi SOLO pada Kelas X SMAN 1 Campurdarat (Skripsi). Tulungagung: (IAIN) Tulungagung.
Astuti, D., dkk. (2017). Profil Pemahaman Siswa Sekolah Menengah Atas (Sma) Pada Materi Turunan Berdasarkan Teori Apos Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(5). 1-20.
Dyah F,Veronica. (2015). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal bilangan berpangkat pada siswa kelas X SMK Kanisius 1 Pakem tahun pelajaran 2014/2015 (Skripsi). Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Fitriastika, D. (2014). Analisis Pemahaman Tentang Fungsi Kuadrat Berdasarkan Teori APOS Pada Siswa Kelas X Jurusan Permesinan SMK Negeri 2 Salatiga (Skripsi). Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.
Ginting, I. R. F. & Sutirna, S. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. MAJU:Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1). 16-29.
Khatimah, H., dkk. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berdasarkan Teori Apos (Action, Processe, Object, Shceme) untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Matematika (Tesis). Jambi: Universitas Jambi.
Kurniasari, D. P. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Teori Polya pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) (Skripsi). Malang: Universitas Kanjuruhan Malang.
Melani, Khomsah. (2016). Analisis Pemahaman Siswa Materin Bangun Ruang Kelas VIII SMP Berdasarkan Teori APOS Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Siswa (Skripsi). Semarang: Universitas Negeri Semarang Skripsi.
Mulyono. (2012). Pemahaman mahasiswa field dependent dalam merekonstruksi konsep grafik fungsi. Jurnal KREANO, 3(1). 2086-2334.
Pradana, P. W., dkk . (2016). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Teori Apos Bagi Siswa Kelas Viii E Smp Negeri 2 Getasan (Skripsi). Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.
Rofiqoh, Z. (2015). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X Dalam Pembelajaran Discovery Learning Berdasarkan Gaya Belajar Siswa (Skripsi). Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Rosida, N. & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Analisa, 6(2). 163-172.
Silfia, I. & Pranyata, Y. I. P. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Berdasarkan Teori Apos. SIGMA, 6(2). 141-147.
Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Ulpa, Z., & Rohati. (2014). Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Analisis Proses Berfikir Siswa Yang Mempunyai Kecerdasan Visual Spasi Dalam Persamaan Linear Dua Variabel Dikelas VIII SMPN 1 Muaro Jambi. Journal UNJA, 8(1). 1979-0910.

Authors

Riski Nur Istiqomah Dinnullah
ky2_zahra@yahoo.com (Primary Contact)
Dinnullah, R. N. I. (2021). ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP BERDASARKAN TAHAPAN APOS PESERTA DIDIK PADA SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL. RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 3(4), 282–299. https://doi.org/10.21067/jtst.v3i4.6335

Article Details