Analisis Efektifitas Quality of Service pada Jaringan Kabel di Lingkungan SMK PGRI Turen

Nur Hikmah, Akhmad Zaini, Heri Santoso

Abstract

SMK PGRI Turen adalah sekolah menengah kejuruan yang memiliki tiga ruangan menggunakan jaringan kabel untuk akses layanan internet sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar maupun administrasi sekolah yang membutuhkan sinkronisasi data dengan sistem pendidikan pusat. Dalam rangka mendukung  kegiatan tersebut maka dibutuhkan kualitas jaringan yang stabil sehingga diperlukan pengukuran dan analisa Quality of service  (QOS) agar mendapatkan kualitas layanan jaringan yang lebih efektif. Pengujian QOS menggunakan mininet dan ryu controller menghasilkan nilai yang berbeda antara sebelum manajemen dan sesudah manajemen. Perbedaan nilai bisa disebabkan oleh kurangnya manajemen bandwidth. Jika dilakukan manajemen sesuai dengan pembagian prioritas, maka hasilnya lebih baik dan lebih efektif berdasarkan standarisasi TIPHON.


Kata Kunci : Quality of service ; Packet loss; Delay; Throughput; Mininet; Wireshark

References

Arief Agus Sukmandhani, S. (2020, Juni 15). Quality of service s.
Emrul, A. (2018). Dalam Analisis Quality of service (QOS) Kinerja Sistem Hotspot pada Routerboard Mikrotik 951Ui-2HnD pada jaringan Teknik Informatika (hal. 3). semanTIK.
Ismail, Nur Jannah & Fallat. (2017). Analisis Perbandingan Kinerja Topologi Mesh dan Hybrid pada Jaringan Optik WDM dengan Menggunakan Algoritma First-fit.
Musthofa. (2019). Informatika untuk SMA Kelas X. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Novianto, A. (2019). Komputer dan Jaringan Dasar Kelas X. Jakarta: Erlangga.
Novianto, A. (2019). Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN) Kelas XI SMK. Jakarta: Erlangga.
Novianto, A. (2019). Teknologi Layanan Jaringan Kelas XI. Jakarta: Erlangga.
Riadi. (2019). Layanan dan Parameter QOS. Pengertian, pp. https://www.kajianpustaka.com/2019/05/pengertian-layanan-dan-parameter-quality-of-service-QOS.html.
Rizki Akbar Prayogi, S. (2019). Teknologi Jaringan Berbasis Luas Kelas XI SMK. Jakarta Timur: Bumi Aksara.
Sudiyatmoko, A.R., Hertiana, S.N., & Negara, R.M. (2016). Analisis Performansi Perutingan Link State menggunakan Algosritma Djikstra pada Platform Software Defined .
Zuli, F., & Priambodo, A. 2017. Analisis Keamanan Jaringan Nirkabel Publik Dengan Radius (Studi Kasus Universitas Satya Negara Indonesia). Universitas Satya Negara Indonesia. http://Ippm.usni.ac,id



Authors

Nur Hikmah
nurhikmahfeb@gmail.com (Primary Contact)
Akhmad Zaini
Heri Santoso
Hikmah, N., Zaini, A., & Santoso, H. (2023). Analisis Efektifitas Quality of Service pada Jaringan Kabel di Lingkungan SMK PGRI Turen. RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 5(1), 21–31. https://doi.org/10.21067/jtst.v5i1.8332

Article Details