Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Virtual Lab Pada Model Inkuiri Terbimbing

Rogasianus Mat, Sudi Dul Aji, Maris Kurniawati

Abstract

Keterampilan berpikir kritis sangat dibutuhkan dalam menghadapi segala perkembangan abad 21, termasuk dalam pendidikan. Kemampuan berpikir kritis dalam pendidikan merupakan salah satu softskill yang dikembangkan melalui pembelajaran. Siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis dapat menunjang perkembangan aspek kognitif, afektif, dan psikomotoriknya, sehingga dapat mencapai ketuntasan belajar. Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dilengkapi dengan fasilitas virtual lab menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dipercaya dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dilengkapi LKPD berbasis Virtual Lab. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experimental Design dengan tipe Non-Randomize Control Group pretest and posttest Design. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Singosari, melibatkan 100 sempel yang terbagi dalam kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis yang signifikan antara siswa yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan memanfaatkan LKPD berbasis Virtual Lab dan siswa yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing tanpa LKPD berbasis Virtual Lab (0,036<0,05). Hasil penelitian juga menunjukkan adanya interaksi antara penggunaan LKPD berbasis virtual lab pada model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan kemampuan berpikir kritis siswa ( 9,64   4,17).

References

Kasturi, R. (2021). Penerapan Pembelajaran Multimodal Pada Masa Pandemi Covid 19. Artikel Inovasi Pendidikan.docx, 1-8.
Lestari, A. C. & Annizar, A. M. (2020). Proses Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah PISA Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Komputasi. Volume 8(1): 46-55.
Millenia & Sunarti. (2022). Analisis Riset Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Literasi Sains dalam Pembelajaran Fisika. Ilmu Pendidikan. Volume 4 Nomor (1):1051 - 1064.
Miswari, M. & Silitonga, M. (2020). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X IPA Ditinjau Dari Indikator Kemampuan Berpikir Kritis dan Gender. Pelita Pendidikan. Volume 8 (1): 110-117.
Muhdana., Herman., Arafah, K. (2019). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik di SMA Negeri 2 Majene. Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF). Volume 15 (3): 9-16.
Murni, S. (2020). Penerapan Model PembelajaranInkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Classrom Action Research. Volume 2 (1): 57-62.
Nano, M. I., Syam, M., Haryanto Z. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Impuls dan Momentum di SMA Negeri 11 Samarinda. Literasi Pendidikan Fisika. Volume 2 (1): 63-72 .
Nilah & Roja, L. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Analitis Dan Evaluasi Dalam Pembelajaran Fisika Pada Topik Usaha dan Energi. Seminar Nasional Fisika (E-Journal). Volume IX (2): 75-82.
Putra, R. P., Silvianti, N., Idris, S. F., Nabilla, N. (2021). Uji Perbandingan Virtual Lab dengan Real Lab pada Hukum Archimedes dengan HOT-LAB. Berkala Pendidikan Fisika. Volume 14 (1): 23-33.
Retnoningsih, W. (2021). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Ilmiah Kependidikan. Volume 9 (1): 458-464.
Sariyani S. N, Marzal J, Syaiful. (2020). Pengembangan LKPD Berbasis Materi Prasyarat Terstruktur pada Materi Persamaan Garis Lurus untuk Kelas VIII SMP/MTS. Edu-Sains. Volume 9 (1): 22-31.
Setyaningsih, A. & Napsawati. (2022). Analisis Aktivitas Belajar Peserta didik menggunakan Model pembelajaran index Card Match. Jurnal Pendidikan Fisika. Volume 10 (1): 61-66.
Sulastri, F., Utami, L, Octarya Z. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Berbantuan Lembar Kerja Siswa Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Koloid. Konfigurasi. Volume 3 (1): 15-22.
Supriyono & Sunart. (2022). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Percaya Diri dan Prestasi Belajar Siswa. Series on Social Sciences & Humanities. Volume 3 (2): 586-590.
Syafitri, E., Armanto, D., Rahmadani, E. (2021). Aksiologi Kemampuan Berpikir Kritis. Science and Social Research. Volume IV (3): 320 – 32.

Authors

Rogasianus Mat
Sudi Dul Aji
Maris Kurniawati
maris@unikama.ac.id (Primary Contact)
Mat, R., Aji, S. D., & Kurniawati, M. (2023). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Virtual Lab Pada Model Inkuiri Terbimbing. RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 5(2), 163–172. https://doi.org/10.21067/jtst.v5i2.8868

Article Details