BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH OPEN ENDED DITINJAU DARI GAYA BELAJAR VISUAL

Ana Alfiana, Enny Listiawati, Ria Faulina

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berpikir kreatif siswa SMP dalam memecahkan masalah matematika open ended ditinjau dari gaya belajar visual. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitiannya adalah satu siswa SMP kelas VIII perempuan yang memiliki gaya belajar visual. Instrumen penelitian ini adalah soal tes gaya belajar, soal tes pemecahan masalah dan pedoman wawancara. Teknik pengambilan data dengan teknik tes dan wawancara. Analisis data dengan menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek memenuhi indikator berpikir kreatif fluency pada tahap memahami masalah yaitu menyebutkan yang diketahui dan yang ditanyakan, menceritakan ulang soal dengan kalimatnya sendiri. Pada tahap merencanakan penyelesaian subjek memenuhi indikator fluency yaitu menjelaskan cara yang digunakan untuk menyelesaiakan masalah. Pada tahap melaksanakan rencana, subjek juga memenuhi indikator berpikir kreatif fluency yaitu menjelaskan dengan rinci langkah-langkah dalam menyelesaiakan masalah. Pada tahap memeriksa kembali subjek juga memenuhi indikator beripikir kreatif fluency yaitu memeriksa kesesuian hasil yang diperoleh dengan yang ditanyakan pada soal. Temuan penelitian menujukkan bahwa subjek belum memenuhi indikator berpikir kreatif flexibility dan novelty.

References

Delyana, H. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII Melalui Penerapan Pendekatan Open Ended. Lemma, 2(1), 26–34.
Hendriyati, N. N., Trapsilasiwi, D., & Susanto, S. (2017). Profil Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII B SMP Negeri 6 Jember dalam Memecahkan Masalah Operasi Pecahan Berdasarkan Tahapan Wallas Ditinjau dari Perbedaan Gender. KadikmA, 8(2), 189-196.
Heong, Y. M., Othman, W. B., Yunos, J. B. M., Kiong, T. T., Hassan, R. Bin, & Mohamad, M. M. B. (2011). The Level of Marzano Higher Order Thinking Skillsamong Technical Education Students. International Journal of Social Science and Humanity, 1(2), 121–125. https://doi.org/10.7763/ijssh.2011.v1.20
Hidayati, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Scribe sebagai Bahan Pengamatan pada Mata Pelajaran Pengelolaan Kas Kelas Xi Perbankan Smk Negeri 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 7(3).
Kharis, M., Agoestanto, A., & Zuhair, M. (2018). Misconception as a critical and creative thinking inhibitor for mathematics education students. Unnes Journal of Mathematics Education, 7(1), 57–62. https://doi.org/10.15294/ujme.v7i1.18078
Kotzer, S., & Elran, Y. (2012). Learning and teaching with Moodle-based E-learning environments, combining learning skills and content in the fields of Math and Science & Technology.
Listiawati, E. (2019). Profil Pemahaman Siswa SD yang Berkemampuan Tinggi pada Masalah Kalimat Matematika. Prosiding Silogisme, 1(1).
Rahmawati ES, Y., & Harta, I. (2014). Keefektifan Pendekatan Open-Ended dan CTL Ditinjau dari Hasil Belajar Kognitif dan Afektif. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 113. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i1.2669
Ramlah, Firmansyah, D., & Zubair, H. (2014). Pengaruh Gaya Belajar dan Keaktifan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika ( Survey Pada SMP Negeri di Kecamatan Klari Kabupaten Karawang). Jurnal Ilmiah Solusi, 1(3), 68–75.
Sari, A. P., Ikhsan, M., & Saminan, S. (2017). Proses Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Model Wallas. Beta Jurnal Tadris Matematika, 10(1), 18. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i1.102
Taufik, A. (2015). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Open Ended Dan Problem Posing Dengan Media Pohon Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 154. https://doi.org/10.33474/jpm.v1i2.723
Trisnayanti, Y., Ashadi, Sunarno, W., & Masykuri, M. (2020). Creative thinking profile of junior high school students on learning science. Journal of Physics: Conference Series, 1511(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1511/1/012072
Umrana, Cahyono, E., & Sudia, M. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, 4(1), 67–76.
Wahyudi, W., Waluya, S. B., Rochmad, R., & Suyitno, H. (2019). Mathematical Creative Thinking Ability and Scaffolding Process According with Learning Styles for Pre-Service Teachers. Anatolian Journal of Education, 3(1), 39–50. https://doi.org/10.29333/aje.2018.314a
Wanelly, W., & Fauzan, A. (2020). Pengaruh Pendekatan Open Ended dan Gaya Belajar Siswa terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Basicedu, 4(3), 523–533. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.388
Widyawati, S. (2016). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika (IAIM NU) Metro Santi. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 107–114. Retrieved from fredigpsw@gmail.com
Yanti, A. P., Koestoro, B., & Sutiarso, S. (2018). The Students’ Creative Thinking Process based on Wallas Theory in Solving Mathematical Problems viewed from Adversity Quotient /Type Climbers. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 51. https://doi.org/10.24042/ajpm.v9i1.2331

Authors

Ana Alfiana
Enny Listiawati
ennylistiawati@stkippgri-bkl.ac.id (Primary Contact)
Ria Faulina
Alfiana, A., Listiawati, E., & Faulina, R. (2020). BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH OPEN ENDED DITINJAU DARI GAYA BELAJAR VISUAL . Pi: Mathematics Education Journal, 3(2), 92–99. https://doi.org/10.21067/pmej.v3i2.4779

Article Details