PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEORI BILANGAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH
DOI:
https://doi.org/10.21067/pmej.v3i2.4828Keywords:
Bahan Ajar, Macromedia Flash, Teori BilanganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengetahui kualitas bahan ajar teori bilangan berbasis macromedia flash serta untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap bahn ajar yang telah dikembangkan. Bahan ajar ini disusun menggunakan program Macromedia Flash Professional 8. Model pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) dalam menghasilkan produk. Hasil penilaian ahli materi menunjukkan bahwa bahan ajar teori bilangan berbasis macromedia flash yang telah dikembangkan mempunyai kualitas baik dengan diperoleh skor 80,63%. Sedangkan hasil penilaian ahli media menunjukkan bahwa bahan ajar teori bilangan berbasis macromedia flash mempunyai kualitas baik dengan diperoleh skor 84,17%. Sedangkan respon mahasiswa 52% menyatakan baik dan 40,06% mahasiswa menatakan sangat baik. Berdasarkan penilaian tersebut berarti bahan ajar teori bilangan berbasis macromedia flash layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri dalam pembeljaran teori bilangan
Downloads
References
Dubin, F., Eskey, D. E., Grabe, W., & Savignon, S. (1986). Teaching second language reading for academic purposes. Addison-Wesley Reading, MA.
Durri, A. A., Raharjo, H., & Muchyidin, A. (2016). Applications of Mathematics Charged Islamic Values by Using Macromedia Flash and Camtasia. ITEj (Information Technology Engineering Journals), 1(1).
Iji, C. O., Ogbole, P. O., & Uka, N. K. (2014). Effect of improvised instructional materials on students achievement in Geometry at the Upper Basic Education Level in Makurdi Metropolis, Benue State, Nigeria. Educational Research and Reviews, 9(15), 504–509.
Mahardika, I. K. (2011). Pengembangan Bahan Ajar Mekanika untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Verbal, Matematis, Gambar, dan Grafik Mahasiswa Calon Guru Fisika [PhD Thesis]. Universitas Pendidikan Indonesia.
Nwike, M. C., & Catherine, O. (2013). Effects of use of instructional materials on students cognitive achievement in agricultural science. Journal of Educational and Social Research, 3(5), 103.
Paradesa, R. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Geometri Transformasi Berbasis Visual. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 2(1), 56–84.
Shodikin, A. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Kalkulus Integral Berbasis Animasi. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(1), 1–11.
Uzuegbu, C. P., Mbadiwe, H. C., & Anulobi, J. C. (2013). Availability and utilization of instructional materials in teaching and learning of library education in tertiary institutions in Abia state. Wudpecker Journal of Educational Research, 2(8), 111–120.
Wicaksono, D. S., & Hakim, F. N. (2013). Media Pembelajaran Fisika Interaktiv Bahasan Kapasitor Berbasis Flash Dan XML. Speed-Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 3(2).
Zakiyah, M. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Menulis Karya Ilmiah di SMA/MA Kelas XI. SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia-Fakultas Sastra UM.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Pi: Mathematics Education Journal allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Pi: Mathematics Education Journal