KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERBANTUAN DAKON SATUAN PANJANG PADA MATERI SATUAN PANJANG

Novita Sasmita, Nuriana Rachmani Dewi, Rochmad

Abstract

Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dengan berbantuan media pebelajaran dakon satuan pada materi satuan panjang. Metode penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus, pengumpulan data dengan metode tes dan wawancara. Sumber data dalam penelitian ini adalah satu peserta didik kelas IV SD. Kemampuan penyelesaian masalah matematis diukur dengan menggunakan empat indikator yakni memahami masalah, membuat rencana penyelesaikan masalah, melaksanakan rencana, memeriksa kembali jawaban. Berdasarkan analisis hasil tes dan wawancara, diperoleh hasil penelitian ini menunjukkan: peserta didik sudah dapat memahami materi konversi satuan panjang dengan baik, minat belajar peserta didik juga meningkat, dan proses penbelajaran semakin menyenangkan. Hal tersebut dibuktikan dari hasil jawaban siswa mengenai latihan soal yang diberikan pada setiap akhir pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran dakon satuan panjang dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dibuktikan dengan hasil posttest yang jauh lebih baik dari pretest. Pembelajatran dengan menerapkan media pembelajaran matematika dapat membantu peserta didik lebih memahami materi pembelajaran matematika.

References

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran Edisi Revisi. PT. Raja Grafindo Persada.
Depdiknas. (2003). Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Departemen Pendidikan Nasional.
Depdiknas. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. PT Gramedia Pustaka Utama.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2016). Penelitian Pendidikan Matematika. PT Refika Aditama.
Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
NCTM. (2000). Principles and standards for Schools Mathematics. Virginia. http://www.k12academics.com/education-reform
Polya, G. (1973). How to Solve It: A New Aspect of Mathematical Method (Second ed). Princeton University Press.
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Journal of Mathematics Education and Sciences, 2(1), 58–67.
Suyitno, H. (2016). Pengantar Filsafat Matematika. Magnum Pustaka Utama.
Wardhani, S. (2010). Pembelajaran Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di SD. PPPPTK Matematika.

Authors

Novita Sasmita
novitasmt@gmail.com (Primary Contact)
Nuriana Rachmani Dewi
Rochmad
Sasmita, N., Dewi, N. R., & Rochmad. (2022). KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERBANTUAN DAKON SATUAN PANJANG PADA MATERI SATUAN PANJANG. Pi: Mathematics Education Journal, 5(1), 7–16. https://doi.org/10.21067/pmej.v5i1.6305

Article Details