Pengaruh Pembelajaran Model Webbed Terhadap Hasil Belajar Siswa di MTs

Nur Alawi Hudayana, Nurwiani, Syarifatul Maf’ulah, Mochamad Nur Hasan, Filliana Asri Lestari

Abstract

Siswa kelas VIII MTsN 9 Jombang banyak yang mengalami kesulitan dalam belajar pola bilangan.

References

As’ari, A. R., Tohir, M., Valentino, E., Imron, Z., & Taufiq, I. (2017). Matematika SMP/MTs kelas VIII semester 1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Bell, F. H. (1978). Teaching and Learning Mathematics (In Secondary School. W.C. Brown Co.,.

Fogarty, R. J., & Pete, B. M. (2009). How to integrate the curricula. Corwin Press.

Ghufron, Z., Roebyanto, G., & Harmini, S. (2017). Penerapan Pembelajaran Tematik dengan Model Webbed untuk Mengukur Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa.

Ilmu Pendidikan, 2(2). http://dx.doi.org/10.17977/um027v2i22017p210

Kemendikbud. (2013). Permendikbud No. 64 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Marion. (2014). Design of Learning Mathematics Using Webbed Models. Proceeding The 2nd SEA-DR Conference, April 26-27.

Marion, Zulkardi, & Somakim. (2015). Desain Pembelajaran Pola Bilangan Menggunakan Model Jaring Laba-laba di SMP. Jurnal Kependidikan, Vol. 45 No. 1. https://doi.org/10.21831/jk.v45i1.7185

Nasruloh, F. (2011). Penerapan Pembelajaran Terpadu Model Webbed pada Mata Pelajaran Matematika dengan Tema Sifat Bangun Datar Sederhana Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN Plalangan 03. Universitas Jember.

Piaget, J. (1964). Part I: Cognitive development in children: Piaget development and learning. Journal of Research in Science Teaching, Vol. 2(3), 176–186. https://doi.org/10.1002/tea.3660020306

Riady, A., & Hardianto. (2017). Implementasi Pendekatan Pembelajaran Realistik Model Jaring Laba-laba terhadap Hasil Belajar Geometri Analitik Ruang Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika Pedadogy, Vol2(2). http://dx.doi.org/10.30605/pedagogy.v2i2.709

Sato, M. (2014). Lesson Study untuk Reformasi Sekolah yang Berkesinambungan, Makalah yang Disampaikan dalam STOLL for ITTEP. JICA, Tokyo, Japan.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(2).

Vygotskij, L. S., & Cole, M. (1981). Mind in society: The development of higher psychological processes (Nachdr.). Harvard Univ. Press.

Wali, M., Mbabho, F., & Pali, A. (2020). Pembelajaran Terpadu Tipe Webbed untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3). Journalhomepage: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD

Authors

Nur Alawi Hudayana
alhudayane@gmail.com (Primary Contact)
Nurwiani
Syarifatul Maf’ulah
Mochamad Nur Hasan
Filliana Asri Lestari
Hudayana, N. A., Nurwiani, Maf’ulah, S., Hasan, M. N., & Lestari, F. A. (2023). Pengaruh Pembelajaran Model Webbed Terhadap Hasil Belajar Siswa di MTs. Pi: Mathematics Education Journal, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.21067/pmej.v6i1.7901

Article Details