PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) BERBASIS MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA SEKOLAH DASAR KELAS III DI KECAMATAN SAMBIT

Dian Nur Antika, Eky Hastuti Hastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) berbasis multimedia terhadap hasil belajar IPS. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperiment Desaign. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD di Kecamatan Sambit, pemilihan sampel dilakukan secara random, kelas III SDN Wilangan dijadikan kelas kontrol yang diberi perlakuan pembelajaran konvensional berbasis multimedia, sedangkan kelas III SDN Sambit 1 dijadikan kelas eksperimen yang diberi perlakuan pembelajaran STAD berbasis multimedia..
Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar kelas kontrol sebesar 12,14 dan untuk kelas eksperimen sebesar 14.17. Melalui pengujian hipotesis diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,037 yang tidak lebih besar dari 0.05 taraf kesalahan yang bisa diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan antara hasil belajar kelas kontrol dengan hasil belajar kelas eksperimen dan hasil penelitian ini mendukung argumen atau teori pembelajaran kooperatif yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Keywords


STAD, multimedia, hasil belajar, IPS

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Bidang Pendidikan Dasar is indexed by: Google Scholar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.0 Generic License.

Web
Analytics