PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) BERBASIS MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA SEKOLAH DASAR KELAS III DI KECAMATAN SAMBIT
DOI:
https://doi.org/10.21067/jbpd.v1i2.1908Keywords:
STAD, multimedia, hasil belajar, IPSAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) berbasis multimedia terhadap hasil belajar IPS. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperiment Desaign. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD di Kecamatan Sambit, pemilihan sampel dilakukan secara random, kelas III SDN Wilangan dijadikan kelas kontrol yang diberi perlakuan pembelajaran konvensional berbasis multimedia, sedangkan kelas III SDN Sambit 1 dijadikan kelas eksperimen yang diberi perlakuan pembelajaran STAD berbasis multimedia.. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar kelas kontrol sebesar 12,14 dan untuk kelas eksperimen sebesar 14.17. Melalui pengujian hipotesis diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,037 yang tidak lebih besar dari 0.05 taraf kesalahan yang bisa diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan antara hasil belajar kelas kontrol dengan hasil belajar kelas eksperimen dan hasil penelitian ini mendukung argumen atau teori pembelajaran kooperatif yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2017-06-10
How to Cite
Antika, D. N., & Hastuti, E. H. (2017). PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) BERBASIS MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA SEKOLAH DASAR KELAS III DI KECAMATAN SAMBIT. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 1(2), 92–101. https://doi.org/10.21067/jbpd.v1i2.1908
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.0 Generic License.
Jurnal Bidang Pendidikan Dasar allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Bidang Pendidikan Dasar