Penerapan Model Group Investigation Outdoor Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IVA SDN Bandungrejosari 2 Malang
DOI:
https://doi.org/10.21067/jbpd.v1i2.1900Keywords:
model Group Investigation Outdoor, hasil belajar, dan IPS SDAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa selama menerapkan Model Group Investigation Outdoor. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas IVA SDN Bandungrejosari 2 Malang tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah 42 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini meliputi: wawancara, observasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Group Investigation Outdoor sesuai untuk diterapkan pada pembelajaran IPS. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa kelas IVA SDN Bandungrejosari 2 Malang. Diketahui dari hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus I yaitu 75,12 meningkat menjadi 82,38 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Group Investigation Outdoor dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas IVA SDN Bandungrejosari 2 Malang.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2017-06-10
How to Cite
Yuniarsih, N. Y., & Yulianti, Y. Y. (2017). Penerapan Model Group Investigation Outdoor Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IVA SDN Bandungrejosari 2 Malang. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 1(2), 44–49. https://doi.org/10.21067/jbpd.v1i2.1900
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.0 Generic License.
Jurnal Bidang Pendidikan Dasar allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Bidang Pendidikan Dasar