MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MAHASISWA SASTRA INGGRIS UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAY
Keywords:
Roleplay, PTK, PartisipasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses implementasi Metode Role Play untuk meningkatkan kemampuan berbicara mahasiswa Sastra Inggris Universitas Kanjuruhan Malang. Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan tiga instrument penelitian, yaitu Lembar Pengamatan, Dokumentasi, dan Tes. Hasil penelitian yang dilakukan dalam dua siklus ini menunjukkan bahwa Metode Role Play ini tidak hanya mampu meningkatkan kemampuan berbicara mahasiswa tapi juga partisipasi aktif mahasiswa selama proses belajar mengajar berlangsung.
References
Arikunto, Suharsimi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara. Jakarta.
Burns, A. & Joyce, H. 1999. Focus on Speaking. Sydney: NCLLTR Publications.
Djiwandono, M. Soenardi. 2008. Tes Bahasa: Pegangan bagi Pengajar Bahasa.Jakarta: P.T. Indeks.
Eklova, Ilona. 2007. Role Play in Upper Primary Classes. Thesis. Masaryk University Brno.
Kemmis, S. and McTaggart. 1984. The Action Research Planner. California:Deakin University Press.
Ladousse, G.P. 1997. Role Play. Oxford: Oxford University Press.
Larsen-Freeman, D. 1986. Techniques &Principles in Language Teaching. Oxford: Oxford University Press
Lawtie, Fiona. 2004. Teaching Speaking Ability 2 –Overcoming Classroom]Problems. (online: http://britishcouncil.org//accessedon January 10,2013).
Nunan, D. 1991. Language Teaching Methodoly: A Textbook for Teachers.Englewood Cliffts: Prentice Hall.
O’Malley, J.M. & Pierce, V.L. 1996. Authentic Assesment in English Language Learners. Boston: Addison Wesley Publishing Co.Inc.
Sodik, Jakfar. 2009. The Influence of Role Playing Strategy on the Speaking Ability of the Second Year Students of SMA Negeri 1Tenggarong.Tesis.Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
JIBS (Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra) allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.0 Generic License.