MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MAHASISWA SASTRA INGGRIS UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAY

MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MAHASISWA SASTRA INGGRIS UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAY

Penulis

  • Maria Goretti Sriningsih Universitas Kanjuruhan Malang
  • Siane Herawati Universitas Kanjuruhan Malang

Kata Kunci:

Roleplay, PTK, Partisipasi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses implementasi Metode Role Play untuk meningkatkan kemampuan berbicara mahasiswa Sastra Inggris Universitas Kanjuruhan Malang. Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan tiga instrument penelitian, yaitu Lembar Pengamatan, Dokumentasi, dan Tes. Hasil penelitian yang dilakukan dalam dua siklus ini menunjukkan bahwa Metode Role Play ini tidak hanya mampu meningkatkan kemampuan berbicara mahasiswa tapi juga partisipasi aktif mahasiswa selama proses belajar mengajar berlangsung.

 

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara. Jakarta.

Burns, A. & Joyce, H. 1999. Focus on Speaking. Sydney: NCLLTR Publications.

Djiwandono, M. Soenardi. 2008. Tes Bahasa: Pegangan bagi Pengajar Bahasa.Jakarta: P.T. Indeks.

Eklova, Ilona. 2007. Role Play in Upper Primary Classes. Thesis. Masaryk University Brno.

Kemmis, S. and McTaggart. 1984. The Action Research Planner. California:Deakin University Press.

Ladousse, G.P. 1997. Role Play. Oxford: Oxford University Press.

Larsen-Freeman, D. 1986. Techniques &Principles in Language Teaching. Oxford: Oxford University Press

Lawtie, Fiona. 2004. Teaching Speaking Ability 2 –Overcoming Classroom]Problems. (online: http://britishcouncil.org//accessedon January 10,2013).

Nunan, D. 1991. Language Teaching Methodoly: A Textbook for Teachers.Englewood Cliffts: Prentice Hall.

O’Malley, J.M. & Pierce, V.L. 1996. Authentic Assesment in English Language Learners. Boston: Addison Wesley Publishing Co.Inc.

Sodik, Jakfar. 2009. The Influence of Role Playing Strategy on the Speaking Ability of the Second Year Students of SMA Negeri 1Tenggarong.Tesis.Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Diterbitkan

2015-06-17

Cara Mengutip

Sriningsih, M. G., & Herawati, S. (2015). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MAHASISWA SASTRA INGGRIS UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAY. JURNAL ILMIAH BAHASA DAN SASTRA, 2(1), 40–46. Diambil dari http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JIBS/article/view/849
Loading...