KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN KUIS BERBASIS WEB 3G UNTUK PEMBELAJARAN SIMPLE PAST TENSES PADA SISWA KELAS X SMAN 4 KOTA BLITAR
DOI:
https://doi.org/10.21067/jibs.v11i2.10625Kata Kunci:
Effectiveness, 3G Web-Based Quiz, Learning Grammar, Learning Simple Past TenseAbstrak
Memahami tenses, khususnya Simple Past Tense, sangat penting untuk kemahiran siswa dalam berbahasa Inggris, namun banyak yang mengalami kesulitan karena perbedaan antara tata bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Kuis Berbasis Web 3G dalam meningkatkan pembelajaran Simple Past Tense pada siswa kelas X di SMAN 4 Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan desain pra-eksperimental dengan metodologi pretest-posttest satu kelompok. Purposive sampling digunakan untuk memilih 36 siswa dari Kelas X J SMAN 4 Kota Blitar. Nilai siswa sebelum dan sesudah perlakuan dibandingkan untuk menentukan seberapa efektif kuis berbasis web tersebut. Kinerja siswa meningkat secara signifikan, sebagaimana dibuktikan oleh hasil post-test, dengan nilai rata-rata pre-test 61,03 meningkat menjadi 82,94 pada post-test. Analisis statistik menggunakan uji-t sampel berpasangan menunjukkan nilai signifikansi hitung (Sig. 2-tailed) sebesar 0,001, yang menunjukkan < α 0,05. Oleh karena itu, Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti bahwa skor pre-test dan post-test berbeda secara signifikan, yang menunjukkan bahwa kuis berbasis web 3G efektif meningkatkan prestasi belajar Simple past tenses siswa kelas X SMAN 4 Blitar. Temuan ini mendukung kesimpulan bahwa Kuis Berbasis Web 3G secara efektif meningkatkan hasil belajar Simple Past Tense di kalangan siswa sekolah menengah, menjadikannya alat yang berharga bagi para pendidik yang ingin meningkatkan pengajaran tata bahasa.
Referensi
REFERENCES
Alimah, P. M. (2015). The Effectiveness of Using “Hot Potatoes” to Teach Students “Simple Present Tense” at SMPN 1 Ngunut Tulungagung. State Islamic Institute of Tulungagung, 53(5), 1–116. http://publicacoes.cardiol.br/portal/ijcs/portugues/2018/v3103/pdf/3103009.pdf%0Ahttp://www.scielo.org.co/scielo.php?script=sci_arttext&pid=S0121-75772018000200067&lng=en&tlng=en&SID=5BQIj3a2MLaWUV4OizE%0Ahttp://scielo.iec.pa.gov.br/scielo.php?script=sci_
Ary, D., Jacobs, L. C., Irvine, C. K. S., & Walker, D. (2018). Introduction to research in education. Cengage Learning.
Brown, H. D. (2007). Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy. Pearson Education. https://books.google.co.id/books?id=ZE4CAgAACAAJ
Field, A. (2013). Discovering statistics using IBM SPSS statistics. sage.
Harmer, J. (2008). How to teach English (Vol. 62, Issue 3). Oxford University Press.
Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning (2nd ed.). Cambridge University Press. https://doi.org/DOI: 10.1017/CBO9780511811678
Pabayo, F. S., Rosnija, E., & Wajdi, M. (2022). Teaching Simple Past Tense in Narrative Text Using Animation Movie Through Online Learning. Journal of English Education Program, 3(2), 88–94. https://doi.org/10.26418/jeep.v3i2.52141
Paulston, C. B., & Bruder, M. N. (1976). Teaching English as a Second Language. Techniques and Procedures.
Riszkasari, N., Fadhilawati, D., & Fauzi, A. (2022). Go Gold Generation Web-Based Quiz for Teaching and Learning Grammar in Senior High School: Research and Development. JOSAR (Journal of Students Academic Research), 6(2), 65–76. https://doi.org/10.35457/josar.v6i2.2047
Roediger, H. L., & Butler, A. C. (2011). The critical role of retrieval practice in long-term retention. Trends in Cognitive Sciences, 15(1), 20–27.
Rossiter, A. (2021). The Importance of Grammar. Online Submission.
Royston, J. P. (1982). An extension of Shapiro and Wilk’s W test for normality to large samples. Journal of the Royal Statistical Society: Series C (Applied Statistics), 31(2), 115–124.
Shute, V. J. (2008). Focus on formative feedback. Review of Educational Research, 78(1), 153–189.
Smith, E. (2012). The Digital Native Debate in Higher Education: A Comparative Analysis of Recent Literature / Le débat sur les natifs du numérique dans l’enseignement supérieur: une analyse comparative de la littérature récente. Canadian Journal of Learning and Technology / La Revue Canadienne de l’apprentissage et de La Technologie, 38(3). https://doi.org/10.21432/t2f302
Sugiyono, D. (2018). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, dan R&D. Alfabeta, CV.
Widiyanto, M. A. (2013). Statistika terapan. Elex Media Komputindo.
Yusof, N. A., & Saadon, N. (2012). The Effects of Web-based Language Learning on University Students’ Grammar Proficiency. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 67(November 2011), 402–408. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.11.344
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Tyas, Sari, Sutanti, Supriyono

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
JIBS (Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra) allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.0 Generic License.