KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN KUIS BERBASIS WEB 3G UNTUK PEMBELAJARAN SIMPLE PAST TENSES PADA SISWA KELAS X SMAN 4 KOTA BLITAR

KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN KUIS BERBASIS WEB 3G UNTUK PEMBELAJARAN SIMPLE PAST TENSES PADA SISWA KELAS X SMAN 4 KOTA BLITAR

Penulis

  • Yuli Wahyuning Tyas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS ISLAM BALITAR
  • Hesty Puspita Sari Universitas Islam Balitar
  • Nita Sutanti Universitas Islam Balitar
  • Supriyono Universitas Islam Balitar

DOI:

https://doi.org/10.21067/jibs.v11i2.10625

Kata Kunci:

Effectiveness, 3G Web-Based Quiz, Learning Grammar, Learning Simple Past Tense

Abstrak

Memahami tenses, khususnya Simple Past Tense, sangat penting untuk kemahiran siswa dalam berbahasa Inggris, namun banyak yang mengalami kesulitan karena perbedaan antara tata bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Kuis Berbasis Web 3G dalam meningkatkan pembelajaran Simple Past Tense pada siswa kelas X di SMAN 4 Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan desain pra-eksperimental dengan metodologi pretest-posttest satu kelompok. Purposive sampling digunakan untuk memilih 36 siswa dari Kelas X J SMAN 4 Kota Blitar. Nilai siswa sebelum dan sesudah perlakuan dibandingkan untuk menentukan seberapa efektif kuis berbasis web tersebut. Kinerja siswa meningkat secara signifikan, sebagaimana dibuktikan oleh hasil post-test, dengan nilai rata-rata pre-test 61,03 meningkat menjadi 82,94 pada post-test. Analisis statistik menggunakan uji-t sampel berpasangan menunjukkan nilai signifikansi hitung (Sig. 2-tailed) sebesar 0,001, yang menunjukkan < α 0,05. Oleh karena itu, Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti bahwa skor pre-test dan post-test berbeda secara signifikan, yang menunjukkan bahwa kuis berbasis web 3G efektif meningkatkan prestasi belajar Simple past tenses siswa kelas X SMAN 4 Blitar. Temuan ini mendukung kesimpulan bahwa Kuis Berbasis Web 3G secara efektif meningkatkan hasil belajar Simple Past Tense di kalangan siswa sekolah menengah, menjadikannya alat yang berharga bagi para pendidik yang ingin meningkatkan pengajaran tata bahasa.

Referensi

REFERENCES

Alimah, P. M. (2015). The Effectiveness of Using “Hot Potatoes” to Teach Students “Simple Present Tense” at SMPN 1 Ngunut Tulungagung. State Islamic Institute of Tulungagung, 53(5), 1–116. http://publicacoes.cardiol.br/portal/ijcs/portugues/2018/v3103/pdf/3103009.pdf%0Ahttp://www.scielo.org.co/scielo.php?script=sci_arttext&pid=S0121-75772018000200067&lng=en&tlng=en&SID=5BQIj3a2MLaWUV4OizE%0Ahttp://scielo.iec.pa.gov.br/scielo.php?script=sci_

Ary, D., Jacobs, L. C., Irvine, C. K. S., & Walker, D. (2018). Introduction to research in education. Cengage Learning.

Brown, H. D. (2007). Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy. Pearson Education. https://books.google.co.id/books?id=ZE4CAgAACAAJ

Field, A. (2013). Discovering statistics using IBM SPSS statistics. sage.

Harmer, J. (2008). How to teach English (Vol. 62, Issue 3). Oxford University Press.

Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning (2nd ed.). Cambridge University Press. https://doi.org/DOI: 10.1017/CBO9780511811678

Pabayo, F. S., Rosnija, E., & Wajdi, M. (2022). Teaching Simple Past Tense in Narrative Text Using Animation Movie Through Online Learning. Journal of English Education Program, 3(2), 88–94. https://doi.org/10.26418/jeep.v3i2.52141

Paulston, C. B., & Bruder, M. N. (1976). Teaching English as a Second Language. Techniques and Procedures.

Riszkasari, N., Fadhilawati, D., & Fauzi, A. (2022). Go Gold Generation Web-Based Quiz for Teaching and Learning Grammar in Senior High School: Research and Development. JOSAR (Journal of Students Academic Research), 6(2), 65–76. https://doi.org/10.35457/josar.v6i2.2047

Roediger, H. L., & Butler, A. C. (2011). The critical role of retrieval practice in long-term retention. Trends in Cognitive Sciences, 15(1), 20–27.

Rossiter, A. (2021). The Importance of Grammar. Online Submission.

Royston, J. P. (1982). An extension of Shapiro and Wilk’s W test for normality to large samples. Journal of the Royal Statistical Society: Series C (Applied Statistics), 31(2), 115–124.

Shute, V. J. (2008). Focus on formative feedback. Review of Educational Research, 78(1), 153–189.

Smith, E. (2012). The Digital Native Debate in Higher Education: A Comparative Analysis of Recent Literature / Le débat sur les natifs du numérique dans l’enseignement supérieur: une analyse comparative de la littérature récente. Canadian Journal of Learning and Technology / La Revue Canadienne de l’apprentissage et de La Technologie, 38(3). https://doi.org/10.21432/t2f302

Sugiyono, D. (2018). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, dan R&D. Alfabeta, CV.

Widiyanto, M. A. (2013). Statistika terapan. Elex Media Komputindo.

Yusof, N. A., & Saadon, N. (2012). The Effects of Web-based Language Learning on University Students’ Grammar Proficiency. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 67(November 2011), 402–408. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.11.344

Diterbitkan

2025-01-07

Cara Mengutip

Yuli Wahyuning Tyas, Hesty Puspita Sari, Nita Sutanti, & Supriyono. (2025). KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN KUIS BERBASIS WEB 3G UNTUK PEMBELAJARAN SIMPLE PAST TENSES PADA SISWA KELAS X SMAN 4 KOTA BLITAR. JURNAL ILMIAH BAHASA DAN SASTRA, 11(2), 31–40. https://doi.org/10.21067/jibs.v11i2.10625
Loading...