KURIKULUM UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMA: TELAAH KONSEPTUAL DAN IMPLEMENTASI
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini mengeksplorasi konsep dan implementasi Kurikulum Merdeka, khususnya dalam pembelajaran Bahasa Arab di tingkat SMA. Kurikulum Merdeka, diperkenalkan pada 2019, menekankan pembelajaran humanistik dan inovatif melalui pendekatan terdiferensiasi, berbasis proyek, dan penilaian holistik. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan pendekatan kualitatif berdasarkan analisis 34 sumber referensi. Temuan menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka memberikan fleksibilitas kepada guru dalam memilih metode dan materi ajar, sekaligus mendorong siswa untuk belajar aktif dan mandiri. Kurikulum ini mencakup pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler yang berorientasi pada pengembangan karakter dan keterampilan abad ke-21, seperti berpikir kritis, kreativitas, dan literasi digital. Namun, implementasinya menghadapi berbagai kendala, termasuk kurangnya pemahaman guru, keterbatasan sumber daya, serta hambatan administratif. Dalam konteks pembelajaran Bahasa Arab, tantangan utama mencakup keterbatasan materi ajar inovatif dan pelatihan guru. Penelitian ini merekomendasikan pelatihan intensif bagi guru, peningkatan akses teknologi, dan pengembangan sumber daya pembelajaran sebagai langkah strategis untuk mendukung implementasi Kurikulum Merdeka. Dengan mengatasi hambatan ini, kurikulum memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan mempersiapkan siswa menghadapi era global.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
JIBS (Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra) allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.0 Generic License.
Referensi
Abras, C., Nailos, J., Lauka, B., Hoshaw, J., & Taylor, J. (2022). Defining Co-Curricular Assessment and Charting a Path Forward. Intersection: A Journal at the Intersection of Assessment and Learning, 4(1). https://doi.org/10.61669/001c.39706
Achmad, G. H., Ratnasari, D., Amin, A., Yuliani, E., & Liandara, N. (2022). Penilaian autentik pada kurikulum merdeka belajar dalam pembelajaran pendidikan agama islam di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5685–5699.
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Al-Hasanat, I. K. (2019). E-curricula: Is It Embraced or Resisted? A Case Study of Arabic Language Teachers. Journal of Education and Learning (EduLearn), 13(2), 282–287.
Al-Samarraie, H., & Hurmuzan, S. (2018). A review of brainstorming techniques in higher education. Thinking Skills and Creativity, 27, 78–91.
Anisa, D. L. N. (2022). IMPLEMENTATION OF INDEPENDENT LEARNING CURRICULUM AS A 21st CENTURY LEARNING MODEL IN HIGHER EDUCATION. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.14421/manageria.2022.72-15
Annam, F. K., Lestari, M. I., Okvisari, R., Hasanah, T. L., & Handayani, V. (2024). Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 11–11.
Anwar, Z., & Sukiman, S. (2023). Literatur Review: Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka di Madrasah Ibtidaiyah. Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 9(2), 80–89. https://doi.org/10.46963/mpgmi.v9i2.1004
Arksey, H., & O’Malley, L. (2005). Scoping studies: Towards a methodological framework. International Journal of Social Research Methodology, 8(1), 19–32.
Barlian, U. C., & Iriantara, Y. (2021). Penerapan Kurikulum 2013 revisi di masa pandemi pada SMK IBS Tathmainul Quluub Indramayu. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(01), 118–126.
Direktorat PAUD, D. dan D. (2021). Buku saku tanya jawab kurikulum merdeka [Monograph]. Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. https://repositori.kemdikbud.go.id/24917/
Farhan, A., Kamal, M., & Sarip, M. (2024). Developing Role Playing Games for the Skill of Reading the Arabic Language. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 8(2), 487–508.
Hanipah, S. (2023). Analisis Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Memfasilitasi Pembelajaran Abad Ke-21 Pada Siswa Menengah Atas. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.55606/jubpi.v1i2.1860
Hartono, R., Suastra, I. W., & Lasmawan, I. W. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Melestarikan Budaya Nusantara. Edukasia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 823–828.
Hendriyani, M. E., Rafenia, V., Maharani, S., & Al-Azis, H. (2023). The Implementation of the Independent Curriculum through Independent Project on Sustainable Lifestyle Theme for Grade 10 Students. Jurnal Pendidikan Indonesia Gemilang, 3(2), Article 2.
Ifliadi, I., Suhaidi, Prasetyo, I., Mendrofa, L. I., & Hendrawati, E. S. (2024). UTILIZATION OF DIGITAL-BASED LEARNING MEDIA IN THE INDEPENDENT CURRICULUM IN ELEMENTARY SCHOOLS. Proceedings of International Conference on Education, 2(1), 706–715. https://doi.org/10.32672/pice.v2i1.1348
Jannah, F., Fathuddin, T. I., & Zahra, P. F. A. (2022). PROBLEMATIKA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR 2022. Al Yazidiy Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.55606/ay.v4i2.36
Jayanti, U. N. A. D., Kinanti, A. A., Anggraini, A. S., Marwi, A. S., Arwira, P. A. A., & Pulungan, R. D. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka: Kendala dan Penanganannya dalam Pembelajaran di Sekolah. JURNAL RISET RUMPUN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, 2(2), 170–180.
Kurniawan, F. A., Fauziah, R. N., & Rohmatulloh, D. P. A. (2024). RELEVANSI DAN PERAN KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG KRISIS GLOBAL WARMING. Indonesian Journal of Environment and Disaster, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.20961/ijed.v3i1.1074
Laili, M., Syihabuddin, S., & Ali, M. (2022). The implementation of the independent learning policy in arabic learning in the digital era. 2573(1).
Latifa, T. D. P. Y., Shaleh, S., & Wijayanto, A. (2024). Implementasi dan Problematika Kurikulum Merdeka di SDIT Raudhaturrahmah. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 9(1), 68–79.
Lubis, I., Lessy, Z., & Hasan, M. N. (2022). THE STUDENTS’DIFFICULTIES IN PRACTICING ARABIC’S MAHARAH KALAM AT THE ARABIC LANGUAGE EDUCATION DEPARTMENT IAIN LANGSA. El-Tsaqafah: Jurnal Jurusan PBA, 21(1), 1–14.
Mahanani, A. S., Suprijono, A., & Harianto, S. (2023). Modul Ajar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Tema Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Budaya di SMA Negeri 1 Babat, Lamongan. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i1.273
Marlina, T., & Soleha, S. (2023). Implementasi Merdeka Belajar Guru Penggerak dalam Merealisasikan Pembelajaran Berbasis Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 13(2), Article 2. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v13i2.536
Ma’wa, A., Abdurrahman, A., Najwa, D. Q. N., & Karim, S. M. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Proyek Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Kalim: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 2(2), 172–188.
Munawaroh, W., & Rofiq, I. (2024). Implementation of the Merdeka Curriculum in Arabic Language Subjects at Alif Laam Mim Islamic Yunior High School Surabaya. Journal of Arabic Language Studies and Teaching, 4(1), 60–73.
Muthmainnah, W., Madi, F. N. B., & Rosid, A. (2024). Telaah Kurikulum Pada Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Aliyah Al- Qodiri Jember. LINGUA : Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 21(1), Article 1. https://doi.org/10.30957/lingua.v21i1.919
Nazaruddin, N., Daulay, A. F., & Salamuddin, S. (2023). Implementation Of Islamic Education Learning (Pai) Design Based Independent Curriculum At Namira Islamic High School Medan. International Journal Of Humanities Education and Social Sciences, 3(2). https://doi.org/10.55227/ijhess.v3i2.631
Nengsih, D., Febrina, W., Maifalinda, M., Junaidi, J., Darmansyah, D., & Demina, D. (2024). PENGEMBANGAN MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA. Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v8i1.1738
Noviandari, H. (2024). The Role and Challenges of Teachers in the Implementation of the Independent Curriculum. Jawda: Journal of Islamic Education Management, 5(1), 72–99.
Nurrahman, A., Saputri, A., Nugraha, R. A. Z., & Juliani, D. (2023). EVALUATION IMPLEMENTATION OF THE INDEPENDENT CURRICULUM WITH THE CIPP MODEL IN VOCATIONAL HIGH SCHOOLS. Jurnal Al Burhan, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.58988/jab.v3i2.229
Obedkova, L. (2022). Extracurricular work of management students to improve the effectiveness of the development of competencies. KANT, 42, 283–288. https://doi.org/10.24923/2222-243X.2022-42.54
Pillawaty, S. S. (2023). Problems of Islamic Religious Education Teachers In Implementing the Independent Curriculum. Educan: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 113–124.
Putri, H., Astuti, M., & Hidayat, H. (2024). The implementation of the Independent Curriculum at State Senior High School 10 Palembang. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(1), Article 1. https://doi.org/10.19109/elidare.v10i1.21652
Qur’ani, M. N., Basri, H., & Hasibuan, H. R. (2023). PROBLEMATICS OF IMPLEMENTING THE INDEPENDENT LEARNING CURRICULUM IN LEARNING ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION AT SMA NEGERI 12 MEDAN. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA, 24(1), 1–19.
Qurniawati, D. R. (2023). Efektivitas Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar. Proceeding Umsurabaya.
Sabriadi, H., & Wakia, N. (2021). Problematika implementasi kurikulum merdeka belajar di perguruan tinggi. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 11(2), 175–184.
Sirait, A. A., Basri, H., & Ab Rahman, Z. (2024). The Concept of Merdeka Curriculum Implementation: Realizing Humanistic Islamic Education Learning. Educative: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.37985/educative.v2i1.210
Solihin, M., & Wijaya, A. (2024). Teacher Challenges in Implementing the Independent Curriculum: Strengthening HOTS in Religious Learning. Indonesian Journal of Education and Social Studies, 3(1), 1–11.
Vinna, V., Nyanasuryanadi, P., & Utomo, B. (2024). Exploration of Practical Obstacles: Teachers’ Experiences in Implementing the Independent Learning Curriculum. Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health, 3(2), 852–858.
Yani, M., Rahmi, I. A., Paramita, W., Devi, R., & Desyandri, D. (2023). The Concept of an Independent Curriculum According to Progressivism Theory. International Journal of Educational Dynamics, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.24036/ijeds.v6i1.106
Yuniarti, A., Indriyani, I., Kholilaty, L., Rahayu, S., Susilawati, Pranata, R., & Noviani, D. (2024). Telaah Kurikulum Merdeka dalam Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MAN I Ogan Ilir. Pengertian: Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI), 2(2), Article 2. https://doi.org/10.61930/pjpi.v2i2.671
Zahroh, N., Setyowati, D., & Al Farisi, S. (2024). Tinjauan Kesiapan Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka: Studi Kasus SD Islam Swasta Baiturrahman. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(5), 5505–5516.
Ивановна, К. Е., & Юрьевна, Т. И. (2018). Оценка универсальных компетенций студентов при освоении образовательных программ. https://www.semanticscholar.org/paper/%D0%9E%D1%86%D0%B5%D0%BD%D0%BA%D0%B0-%D1%83%D0%BD%D0%B8%D0%B2%D0%B5%D1%80%D1%81%D0%B0%D0%BB%D1%8C%D0%BD%D1%8B%D1%85-%D0%BA%D0%BE%D0%BC%D0%BF%D0%B5%D1%82%D0%B5%D0%BD%D1%86%D0%B8%D0%B9-%D1%81%D1%82%D1%83%D0%B4%D0%B5%D0%BD%D1%82%D0%BE%D0%B2-%D0%BF%D1%80%D0%B8-%D0%98%D0%B2%D0%B0%D0%BD%D0%BE%D0%B2%D0%BD%D0%B0-%D0%AE%D1%80%D1%8C%D0%B5%D0%B2%D0%BD%D0%B0/0c793b729203d0d23ed96771acdad49ee1e5117e