Analisis Tindak Tutur Asertif dalam Praktik Pembelajaran Teks Negosiasi pada Siswa Kelas X dan Impilkasinya terhadap Kemampuan Berpikir Analitis
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bentuk tindak tutur asertif dalam praktik pembelajaran teks negosiasi pada siswa kelas dan mendeskripsikan impilikasi tindak tutur asertif dalam praktik pembelajaran teks negosiasi pada siswa kelas X terhadap kemampuan berpikir analitis. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode tersebut dipilih karena relevan untuk menggambarkan secara mendalam bentuk tindak tutur asertif yang muncul dalam praktik pembelajaran teks negosiasi serta mengkaji implikasinya terhadap kemampuan berpikir analitis siswa. Sumber data dalam penelitian ini berupa tuturan-tuturan verbal yang dihasilkan oleh siswa selama proses pembelajaran teks negosiasi dengan tema makanan sehat di kelas X-12 di SMA Negeri 7 Kediri. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi dan simak-catat. Hasil dari penilitian ini ditemukan adanya 31 bentuk tindak tutur asertif dalam praktik pembelajaran teks negosiasi dengan tema makanan sehat pada siswa kelas X-12 di SMAN 7 Kediri, yaitu a) memberitahukan (9), b) menunjukkan (7), c) menyarankan (5), d) menyampaikan (11). Fokus penelitian ini adalah lima kelompok siswa kelas X-12 SMAN 7 Kediri yang melakukan praktik teks negosiasi di kantin depan dan kantin belakang sekolah.
Kata kunci: tindak tutur asertif, pembelajaran teks negosiasi, kemampuan berpikir analitis
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
JIBS (Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra) allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.0 Generic License.
Referensi
Agustin, S. W., Kusmiyati, K., & Faizin, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Komik Terhadap Hasil dan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Teks Negosiasi Kurikulum Merdeka. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 16(2), 281-290.
https://doi.org/10.30651/st.v16i2.18097
Apriansah, R. N., Sukarto, K. A., & Pauji, D. R. (2023). Tindak tutur asertif dalam novel Cadl karya Triskaidekaman. Jurnal Bastra (Bahasa Dan Sastra), 8(2), 196-203.
https://doi.org/10.36709/bastra.v8i2.167
Bala, A. (2022). Kajian Tentang Hakikat, Tindak Tutur, Konteks, dan Muka Dalam Pragmatik. Retorika: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 36–45. https://doi.org/10.37478/rjpbsi.v3i1.1889
Chaer, Abdul. 2009. Linguistik umum. Jakarta: Rineka Cipta
Fanesha, I. F., & Mujianto, G. (2024). Penggunaan Tindak Tutur Asertif Dalam Pembelajaran Teks Eksposisi Di Mts Ma’arif Nu 01 Gandrungmangu. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 8(2), 53-67. https://doi.org/10.30651/lf.v8i2.21538
Hartati, Y. S. (2018). Tindak tutur asertif dalam gelar Wicara Mata Najwa di Metro TV. Jurnal Kata: Penelitian tentang Ilmu Bahasa dan Sastra, 2(2), 296-303.
Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia. Kampret Journal, 1(1), 1 10. https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8
Noviyanti, T., & Noveria, E. (2023). Tindak Tutur Asertif dalam Novel Ancika: Dia Yang Bersamaku Tahun 1995 Karya Pidi Baiq dan Implikasinya. Simpati, 1(1), 184-198. https://doi.org/10.59024/simpati.v1i1.78
Rini, I. O. (2023). Tindak Tutur Asertif Dalam Interaksi Jual Beli Di Pasar Bondowoso dan Pemanfaatannya Dalam Teks Negosiasi Di Sma. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 7(1), 55-67. https://doi.org/10.30651/lf.v7i1.6964
Salma, S., Hartati, Y. S., & R, R. L. (2022). Tindak Tutur Asertif dalam Indonesia Lawyers Club (ILC). Nuances of Indonesian Language, 2(2), 91–99. https://doi.org/10.51817/nila.v2i2.113
Sari, F. K., & Cahyono, Y. N. (2022). Kajian Tindak Tutur Ilokusi pada Interaksi Jual Beli di Pasar Tradisional Pulung. DIWANGKARA: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya Jawa, 2(1).
Sari, H. N., Munifah, S., & Wardiani, R. (2023). Tindak Tutur Asertif Presenter Talkshow Mata Najwa. Jurnal Bahasa dan Sastra, 10(2).
Sari, I. W. (2022). Tindak Tutur Asertif dan Ekspresif pada Video Ekosistem Pendidikan Merdeka dalam Belajar. Prawara: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 69-83.
Widiasri, D. A., & Fitri, N. (2020). Tindak Tutur Asertif Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sma I Tampaksiring Bali. Indonesia Jurnal Sakinah. https://doi.org/10.2564/ijs.v2i2.53