RESEPSI ANAK USIA SMP TERHADAP NOVEL TEENLIT YANG BERJUDUL DALAM RINAI HUJAN KARYA ARIE SAPTADJI
DOI:
https://doi.org/10.21067/jibs.v5i1.3171Abstrak
Sastra adalah karya cipta atau fiksi yang bersifat imajinatif dengan menggunakan bahasa yang indah. Sastra menjadi dua jenis, yakni sastra literer dan sastra populer atau sastra “serius†dan “hiburanâ€Â. Salah satu bentuk sastra adalah novel. Salah satu jenis novel adalah teenlit. Teenlit adalah kisah seputar remaja, mengenai kisah percintaanya, romantisnya, kehidupannya, khayalannya, impiannya, dan lingkup remaja ini sendiri dari remaja SMP sampai mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan resepsi anak usia SMP tentang nilai estetika, muatan emosional, dan nilai didaktis dalam novel teenlit yang berjudul Dalam Rinai Hujan karya Arie Saptadji.Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan resepsi sastra, sesuai dengan namanya pendekatan ini mencoba memahami dan menilai karya sastra berdasarkan tanggapan para pembaca karya sastra tersebut. Penelitian resepsi pembaca terhadap novel teenlit yang berjudul Dalam Rinai Hujan ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yakni penelitian yang menghasilkan prosedur analisis dan tidak menggunakan prosedur analisis statistik atau cara kuantifikasi lainya. Penelitian ini penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, resepsi, motivasi, tindakan, dan lain-lain. Sumber data dalam penelitian ini adalah anak usia SMP di Desa Tumpakrejo Kecamatan Gedangan yang terdiri dari laki-laki dan perempuan dengan jumlah sebanyak 34 orang.
Kata Kunci: resepsi, novel, novel teenlit
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
JIBS (Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra) allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.0 Generic License.