PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU PKN DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SMKN 2 BOYOLANGU TULUNGAGUNG

PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU PKN DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SMKN 2 BOYOLANGU TULUNGAGUNG

Penulis

  • GIGIH GILANG UNIVERSITAS BHINEKA PGRI TULUNGAGUNG

DOI:

https://doi.org/10.21067/jibs.v7i2.4736

Kata Kunci:

keterampilan mengajar guru , budaya sekolah, gerakan literasi

Abstrak

Kata Kunci: keterampilan mengajar guru , budaya sekolah, gerakan literasi  

Dalam pelaksanaan gerakan literasi sekolah, tidak terlepas dari peran seluruh warga sekolah untuk mendukung tujuan gerakan literasi tersebut, saat observasi ditemukan ada beberapa factor yang mendasari dalam mempengaruhi gerakan literasi sekolah, tujuan dari penulisan ini untuk mengetahui : 1) Pengaruh Keterampilan Mnegajar guru PKn Terhadap Gerakan Literasi sekolah, 2) Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Gerakan Literasi Sekolah, 3) Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru PKN dan Budaya Sekolah SMKN 2 Boyolangu Tulungagung Terhadap Gerakan Literasi Sekolah . Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, populasinya adalah Siswa kelas 10 SMKN 2 Boyolangu. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive yaitu pengambilan sampel dengan pertimbangan atau kriteria tertentu. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode angket tertutup. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji t & uji F. Dalam penelitian ini variabel bebas X1  (Keterampilan Mengajar Guru PKn), X2 (Budaya Sekolah SMKN 2 Boyoalngu) dan untuk variabel terikat Y (Gerakan Literasi Sekolah). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Keterampilan mengajar guru Pkn (X1) berpengaruh tidak signifikan (Y) dengan nilai thitung  0.504 < ttabel 2,009 sedangkan Budaya Sekolah SMKN 2 Boyolangu (X2) berpengaruh signiffikan (Y) dengan nilai thitung 6.905 >  ttabel  2,009. Secara simultan terdapat Pengaruh keterampilan mengajar guru PKn dan Budaya sekolah SMKN 2 Boyolangu terhdap gerakan literasi sekolah dengan nilai Fhitung  108,367 > Ftabel 3,20. Koefisien korelasi R sebesar 0,822 dan nilai determinan pada kolom Adjusted R Square sebesar 0,814 atau sebesar 81,4% perubahan pada variabel Y dipengaruhi oleh perubahan variabel X1 dan variabel X2.

Diterbitkan

2021-04-04

Cara Mengutip

GILANG, G. (2021). PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU PKN DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SMKN 2 BOYOLANGU TULUNGAGUNG. JURNAL ILMIAH BAHASA DAN SASTRA, 7(2), 82–96. https://doi.org/10.21067/jibs.v7i2.4736
Loading...