Membentuk Karakter Anak Melalui Habituasi Dongeng pada Pembelajaran di Sekolah Dasar

Membentuk Karakter Anak Melalui Habituasi Dongeng pada Pembelajaran di Sekolah Dasar

Penulis

  • candra prastya a:1:{s:5:"en_US";s:17:"STAHN Mpu Kuturan";}
  • Ida Bagus Putrayasa Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Sudiana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.21067/jibs.v8i2.6259

Kata Kunci:

dongeng, pembentukan karakter, sekolah dasar

Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu untuk membentuk karakter anak melalui habituasi dongeng pada pembelajaran di sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan studi kepustakaan. Subyek penelitian ini adalah guru sekolah dasar berjumlah 10 orang, yang diambil dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Analisis data dalam penelitian ini terdiri atas tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta simpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mendongeng merupakan cara efektif yang dapat dilakukan guru untuk menumbuhkan karakter siswa. Dengan mengaitkan materi pembelajaran dengan dongeng siswa menjadi tertarik untuk belajar. Karakter tokoh serta alur cerita dalam dongeng memberikan pesan moral yang dapat ditiru peserta didik. Adapun karakter yang dapat ditanamkan dalam dongeng adalah sopan    santun,    kedisiplinan,    nilai-nilai moral, spiritual, agama, tanggung jawab, cinta tanah air, pantang menyerah.

Referensi

Cahyani, I. 2012. Pembelajaran menulis berbasis karakter experiental learning. Bandung: Program Studi Pendidikan Dasar SPS UPI.
Fitroh, S.F. dan E.D.N. Sari. 2015. Dongeng Sebagai Media Penanaman Karakter pada Anak Usia Dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo. Volume 2 Nomor 2, Oktober 2015. Hlm. 76-149.
Habsari, Zakia. 2017. Dongeng Sebagai Pembentuk Karakter Anak. BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi. Volume 1 Nomor 1, April 2017. Hlm. 21-29.
Hendri. 2014. Pendidikan Karakter Berbasis Dongeng. Bangung : PT Remaja Rosdakarya.
Jamilah. 2017. Pembentukan Karakter Anak Melalui Pembelajaran Cerita Dongeng Nusantara. Jurnal PTK dan Pendidikan. Volume 3 Nomor 2, Juli-Desember 2017. Hlm. 87-96.
Rosidah, C.T. dan S.H. Rusminati. 2017. Mendongeng sebagai Media Menumbuhkan Karakter dan Nilai Budaya Bangsa pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pigur. Volume 1, Nomor 1. Januari 2017. Hlm. 40-50.
Soetantyo, S.P. 2012. Peranan Dongeng dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan. Volume 14, Nomor 1. Maret 2013. Hlm. 44-51.
Sulistyowati, E. 2012. Implementasi kurikulum pendidikan karakter. Yogyakarta: PT Citra AjiParama.
Subiyantoro, 2012. Psikolinguistik, Kajian Teoritis Dan Implementasinya. Semarang: UNNES Press.
Sufitri dan R. Setyowati. 2019. Pemanfaatan Dongeng dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar sebagai Media untuk Membangun Karakter Siswa. Primary : Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar. Volume 11 Nomor 1, Januari-Juni 2019. Hlm. 77-84.
Susanti, Ida. 2018. Siapa Bilang Mendongeng Itu Susah Panduan Mendongeng untuk Guru dan Orang Tua. Bandung : CV Media Cendekia Muslim.

Diterbitkan

2021-12-31

Cara Mengutip

prastya, candra, Ida Bagus Putrayasa, & I Nyoman Sudiana. (2021). Membentuk Karakter Anak Melalui Habituasi Dongeng pada Pembelajaran di Sekolah Dasar. JURNAL ILMIAH BAHASA DAN SASTRA, 8(2), 68–77. https://doi.org/10.21067/jibs.v8i2.6259
Loading...