PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 4 BEBETIN KABUPATEN BULELENG

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 4 BEBETIN KABUPATEN BULELENG

Penulis

  • I Komang Muliantara a:1:{s:5:"en_US";s:21:"Pascasarjana Undiksha";}

DOI:

https://doi.org/10.21067/jibs.v8i2.6380

Kata Kunci:

Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Learning Outcomes

Abstrak

This study aims to improve learning outcomes class V students. This research is classroom action research. Based on the results of initial observations, student learning outcomes are still low. This study uses the Cooperative Integrated Reading and Composition learning model. This research was conducted at SDN 4 Bebetin in fifth grade students with a total of 15 students, consisting of 3 male students and 12 female students. Based on the results of the study, there was an increase in student learning outcomes from cycle I to cycle II. This is evidenced in the first cycle obtained 6 students (40%) who have completed and 9 students (60%) have not completed with an average value of 67. Cycle II increased to 12 students (87%) completed and 3 students (13%) incomplete with an average score of 89. From the results of cycle I and cycle II, it can be concluded that the application of the CIRC learning model can improve learning outcomes fifth grade students at SDN 4 Bebetin, Buleleng Regency.

Referensi

Agung, A. A. Gede. 2005. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Singaraja: undiksha Singaraja.

Arikunto, Suhardjono dan Supardi. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara. Ghalia Indonesia.

Darsana, I Made. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning berbasis WhatsApp untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas 6 SD Negeri 2 Sawan Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi (tidak diterbitkan). Singaraja.

Daryanto. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. 2011. Kurikulum 2006. Jakarta: Depdiknas.

Dimyati dan Mujiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rienika Cipta.

Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model- Model Pembelajaran Inovatif Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Jogjakarta:Ar-Ruzz Media.

Huda, Miftahul. 2013. Model- Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-Isu-Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Iskandar Wasid dan Dadang Sunendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Islami, Zahratul. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Circ (Cooperative Integrated Reading And Composition) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Iii Min 1 Banda Aceh. Skripsi (tidak diterbitkan). Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam.

Mulyasa. 2011. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rahyubi, Heri. 2014. Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik Deskripsi dan Tinjauan Kritis. Bandung: Nusa Media.

Ramlan, dkk. 1994. Bahasa Indonesia Yang Salah dan Benar. Yogyakarta: Andi Offset.

Salam, B. 2002. Pengantar pedagogik (dasar-dasar ilmu mendidik). Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sardiman. 1994. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Slameto. 1991. Belajar dan Faktor- Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2005. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.

Tarigan, Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung

Tambubolon, DP.TT. Kemampuan Membaca Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung: Offset Angkasa.

Yamin, Martinis. 2012. Desain Baru Pembelajaran Konstruktivistik. Ciputat: Referensi.

Zulela. 2012. Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: PT. Remaja.

Diterbitkan

2021-12-31

Cara Mengutip

I Komang Muliantara. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 4 BEBETIN KABUPATEN BULELENG. JURNAL ILMIAH BAHASA DAN SASTRA, 8(2), 98–108. https://doi.org/10.21067/jibs.v8i2.6380
Loading...