Ec STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN VERBAL-LINGUISTIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS I DI SDN MAGUWOHARJO 1

Ec STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN VERBAL-LINGUISTIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS I DI SDN MAGUWOHARJO 1

Penulis

  • Effiana Cahya Ningrum Effi a:1:{s:5:"en_US";s:29:"UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta";}
  • Maemonah Maemonah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21067/jibs.v2i9.7863

Kata Kunci:

teacher strategy, linguistic intelligence, Indonesian, Primary School

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi guru dalam meningkatkan kecerdasan verbal-linguistik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas I di SDN Maguwoharjo 1. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Dengan partisipan kelas I-B sejumlah 27 siswa dan informan guru kelas I-B. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 5 siswa yang masih kurang dalam kemampuan membaca dan menulis. (kecerdasan verbal-linguistik). Sehingga ada beberapa strategi yang dilakukan guru dalam meningkatkan kecerdasan verbal-linguistik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada kelas I-B meliputi: media pembelajaran kartu huruf, poster huruf, kartu suku kata dan kartu kata, kegiatan bernyanyi, media pembelajaran video, tutor sebaya, mengatur tempat duduk dan memberi tambahan belajar. Strategi media kartu huruf dan pemberian tambahan belajar sepulang sekolah yang dilakukan guru sangat efektif untuk meningkatkan kecerdasan verbal-linguistik siswa terutama pada aspek membaca dan menulis. Dari beberapa strategi tersebut, guru dapat mengembangkannya dengan menggunakan media pembelajaran serta metode yang inovatif untuk siswa yang mengalami kekurangan dalam kemampuan membaca dan menulis.

Kata kunci : strategi guru, kecerdasan verbal-linguistik, Bahasa Indonesia, Sekolah Dasar

Referensi

Amirudin dkk. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Melalui Penerapan Pembelajaran Model Halaqah pada Siswa Kelas VIII SMPN 15 Kendari. Jurnal PDS UNP, 1, 30.

Anisah. (2018). Efektivitas Kegiatan Bernyanyi Dalam Memotivasi Kemampuan Membaca Anak Kelompok B1 RA Uswatun Hasanah Desa Sumber Kidul Kecamatan Babakan Kabupaten Cirebon. IAI Bunga Bangsa Cirebon.

Armstrong, T. (2005). Setiap Anak Cerdas. (Alih bahasa: Rina Buntaran). PT Gramedia Pustaka Utama.

Asrul dan Sofyan. (2017). Implementasi Strategi Pembelajaran Edupreneurship Berbasis Multiple Intelligences. Jurnal Islamic Review, 6, 200.

Candra Hastari, R. (2019). Penerapan Strategi Tutor Sebaya dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika. Jurnal ABDIMAS Unmer Malang, 4, 46.

Christina Dewi dkk, A. B. (2018). Korelasi Antara Kecerdasan Linguistik Dengan Kompetensi Pengetahuan Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Gugus I Gusti Ngurah Rai Denpasar Barat Tahun Pelajaran 2017/2018. Journal for Lesson and Learning Studies, 1, 36.

Endang Supartini. (2006). Pengukuran Kesiapan Sekolah. Jurnal Pendidikan Khusus, 2.

Fadillah, M. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa dengan Pemanfaatan Media Audio-Visual di Kelas Rendah. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran, 1, 71.

Fitri Siti Sundari dkk. (2019). Strategi Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 1, 16.

Habibi dkk. (2018). Keterampilan Membaca Dan Menulis Permulaan Menggunakan Model Vark Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2, 72–80.

Hanifah. (2014). Pemanfaatan media pop-up book berbasis tematik untuk meningkatkan kecerdasan verbal-linguistik anak usia 4-5 tahun (studi eksperimen di TK negeri pembina bulu temanggung). Belia: Early Childhood Education Papers, 3, 46.

Jahiti Tanjung, R. (2018). Penggunaan Media Kartu Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Anak dalam Mengenal Huruf Abjad pada Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina I Kota Sabang. Jurnal Pendidikan Madrasah, 3, 319.

Kamarudin. (2021). Peningkatan Kecerdasan Verbal Linguistik Melalui Kegiatan Bernyanyi. Journal of Islamic Education, 3, 139–148.

Lateke, S. M. (2014). Peningkatan Keterampilan Membaca dan Menulis Permulaan Siswa Kelas I SDN Langger melalui Metode SAS. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 1, 136.

Mahatir Afandi dkk. (2019). Implementation of the Theory Multiple Intelligences in Improve Competence of Learners on the Subject of Islamic Religious Education in SMPN 14 Ambon. Jurnal Al-Iltizam, 4, 82.

Mukni’ah. (2021). Kecerdasan Verbal-Linguistik Pada Penerapan Dua Bahasa dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar Nahdlatul Ulama Kraton Kencong Jember. Jurnal Asy-Syukriyyah, 22, 50.

Ni’mah, F. (2017). Penerapan Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing disertai Media Video Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar IPA Siswa Kelas VII. Jurnal Profesi Keguruan, 3, 44.

Nuryati. (2013). Peningkatan Prestasi Belajar Menulis Melalui Tutor Sebaya Pada Siswa Kelas III SDIT Arofah Boyolali. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rahmawati, K. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi kecerdasan linguistik. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3, 233.

Rahmiatul Fitri dkk. (2020). Hubungan Antara Konsep Diri dan Kecerdasan Linguistik dengan Kepercayaan Diri Siswa Kelas V Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Paedagoria, 11, 69.

Rizki Pratiwi, R. (2016). Penerapan Metode Storytelling untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas II SDN S4 Bandung. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1, 200.

Sarosa, S. (2021). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Penerbit PT Kanisius.

Saugadi dkk. (2021). Analisis Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Siswa. Jurnal KIBASP, 4, 124.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan, “Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.†Alfabeta.

Sulastri. (2018). Upaya Meningkatkan Menulis Permulaan Melalui Penggunaan Media Styrofoam. Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Kencana Prenada Media Grup.

Widyanto dan Rosidin. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Tempat Duduk. Prosiding Seminar Nasional seri 7.

Yurmaida. (2019). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi 1 Kota Jambi. Jurnal Literasiologi, 2, 155.

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-01

Cara Mengutip

Effi, E. C. N., & Maemonah, M. (2023). Ec STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN VERBAL-LINGUISTIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS I DI SDN MAGUWOHARJO 1. JURNAL ILMIAH BAHASA DAN SASTRA, 9(2), 63–73. https://doi.org/10.21067/jibs.v2i9.7863
Loading...