PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING BERORIENTASI KONSEP TRI HITA KARANA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING BERORIENTASI KONSEP TRI HITA KARANA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS

Penulis

  • I Komang Muliantara

DOI:

https://doi.org/10.21067/jibs.v2i9.7998

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil observasi awal, hasil belajar siswa masih rendah. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving berorientasi Tri Hita Karana. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri  4 Bebetin pada siswa kelas IV dengan jumlah 26 siswa, yang terdiri dari 9 siswa laki- laki dan 17 siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian, terjadi peningkatan nilai rata-rata kelas dan persentase ketuntasan belajar siswa dari siklus I sampai siklus II.  Pada siklus I, nilai rata-rata sebesar 72,12. Persentase ketuntasan belajar sebesar 72,12% berada pada kriteria cukup tuntas Nilai rata-rata pada siklus II meningkat menjadi 80,19. Persentase ketuntasan belajar mencapai 80,19% berada pada kriteria tuntas. Hasil pada siklus II sudah memenuhi indikator keberhasilan penelitian yang telah ditetapkan sebesar ≥ 75%.  Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving berorientasi Tri Hita Karana dapat meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD Negeri 4 Bebetin semester I tahun pelajaran 2022/2023.

Referensi

Agung, A. A. Gede. 2010. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Undiksha Singaraja.

Darsana, I Made. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SD Negeri 2 Sawan Semester I Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) (tidak diterbitkan). Singaraja: SD Negeri 2 Sawan.

Dimyati, Moh dan Moedjiono. 1994. Belajar dan Pembelajaran. Depdikbud (tidak diterbitkan).

Fitri, Amalia dkk. (2021). Buku Panduan Guru dan Siswa Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Kelas 4. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Hamalik, Oemar. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Ika, Permana Ni Made. 2018. Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Tema Udara Bersih Bagi Kesehatan Siswa Kelas 5 SD Negeri 1 Galungan Semester I Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi (tidak diterbitkan). Singaraja: STAHN Mpu Kuturan.

Kemdikbud. 2022. Kurikulum Merdeka. Tersedia pada: https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/6824331505561-Tentang-Kurikulum-Merdeka. Diakses pada tanggal 17 Agustus 2022.

Kemdikbudristek. 2022. Keputusan Kepala BSKAP No.033/H/KR/2022 Tahun 2022 tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan.

----------. 2022. Kepmendikbudristek RI Nomor 56/m/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. Jakarta.

Mulyasa, E. 2009. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Dosyakarya.

Rahayu. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Sisdiknas. 2003. Undang-Undang Sisidiknas (Sistem Pendidikan Nasional) 2003 (UU RI N0. 20 Th. 2003). Jakarta: Sinar Grafika.

Sudjana, Nana. 2005. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Suryabrata, Sumadi. 2003. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Swawikanti, Kenya. 2022. Kurikulum Merdeka. Tersedia pada: https://www.ruangguru.com/blog/kurikulum-merdeka. Diakses pada tanggal 17 Agustus 2022.

Tia, Falia Jum’at. 2014. Penerapan Model Creative Problem Solving (CPS) dikolaborasikan dengan Model Cooperative Tipe Team Game Turnament (TGT) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA. Skripsi (tidak diterbitkan). Bengkulu: Universitas Bengkulu.

Undiksha. 2009. Pedoman Penulisan Skripsi dan Tugas Akhir. Singaraja: Undiksha Singaraja.

Yamin, Martinis. 2012. Desain Baru Pembelajaran Konstruktivistik. Ciputat: Referensi.

Yuliati, Yuyu. 2019. Penerapan Model Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas Volume 5 Nomor 1 Edisi Januari 2019. Majalengka: Universitas Majalengka.

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-01

Cara Mengutip

I Komang Muliantara. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING BERORIENTASI KONSEP TRI HITA KARANA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS. JURNAL ILMIAH BAHASA DAN SASTRA, 9(2), 82–94. https://doi.org/10.21067/jibs.v2i9.7998
Loading...