Bahasa Inggris Bahasa Inggris
Bahasa Inggris
DOI:
https://doi.org/10.21067/jibs.v10i2.8271Kata Kunci:
online platform, students teacher, internship programAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis jenis platform online yang digunakan oleh mahasiswa EED UMK dalam program magang dan permasalahan penggunaan platform online dalam program magang pasca pandemi covid 19 oleh mahasiswa guru. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan oleh peneliti dengan menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi dengan subjek lima belas mahasiswa semester tujuh guru EED UMK. Responden mengatakan dalam program magang setelah pandemi platform online yang digunakan calon guru adalah Google Meet, Google Classroom, Zoom, WhatsApp, Google Form, Padlet, Wordwall, Mentimeter. Google Classroom dan Zoom jarang digunakan karena siswa tidak memperhatikan proses pembelajaran dan sulit untuk mengontrol siswa, dan WhatsApp menjadi platform paling online untuk calon guru dalam program magang setelah pandemi, karena mudah dan praktis. Masalah yang paling banyak dihadapi oleh mahasiswa calon guru adalah koneksi jaringan dan kendala yang paling sedikit adalah kemampuan mahasiswa calon guru dalam menggunakan platform online. Peneliti menyarankan guru siswa harus belajar tentang platform online dan memilih platform online yang cocok untuk siswa.
Referensi
Andika, T. (2021). Exploring Efl Students’ Perceptions on Learning English Through Microsoft Teams (A Study at the Twelfth Grade of SMAN 1 Bringin in the Academic Year 2020/202). State Institute for Islamic Studies (IAIN) Salatiga.
Azizah, Ernie El. (2016). Teaching and Learning Speaking at Smp Islam Al Azhaar Tulungagung. State Islamic Institute (Iain) of Tulungagung.
Claudia, M. D. S. (2021). Student’s Perception on The Use of English Online Learning Platforms in Tanjungbalai. University of Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan.
Djidu, H., Mashuri, S., Nasruddin, N., Sejati, A. E., Rasmuin, R., Ugi, L. E., & Arua, A. la. (2021). Online learning in the post-Covid-19 pandemic era: Is our higher education ready for it?, 139–151.
Hariyati, S. (2020). An Analysis of Online English Learning in the Covid-19 Pandemic at Senior High School. Universitas Muria Kudus
Hora, M. T., Lee, C., Chen, Z., & Hernandez, A. (n.d.). CCWT: Exploring online internships amidst the COVID-19 pandemic in 2020: Results from a mixed-methods study. University of Wisconsin-Madison.
Hora, M. T., Lee, C., Chen, Z., & Hernandez, A. (2021). Exploring Online Internships Amidst the COVID-19 Pandemic in 2020-2021: Results From a Multi-Site Case Study. https://wcer.wisc.edu/publications/working-papers
Ilyas, A. P. (2021). The Students Perception About E-Learning In Pandemic of Covid-19 At English Department of Iain Palopo. State Islamic Institute Palopo
Jamilah, J., & Fahyuni, E. F. (2022). The Future of Online Learning in the Post-COVID-19 Era. KnE Social Sciences, 497–505. https://doi.org/10.18502/kss.v7i10.11251
Manasikana, I., & Hartono, H. (2021). Teaching Internship Program for the Development of Student Teachers Pedagogical Competence: Students Voices. Journal of Advanced Multidisciplinary Research, 2(2), 53.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 indah rosika apriliyani, Muh. Syafei, Mutohhar
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
JIBS (Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra) allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.0 Generic License.