Bahasa Inggris Bahasa Inggris: Bahasa Inggris

Bahasa Inggris Bahasa Inggris

Bahasa Inggris

Penulis

  • indah rosika apriliyani a:1:{s:5:"en_US";s:8:"students";}
  • Muh. Syafei Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Mutohhar Universitas Muria Kudus, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21067/jibs.v10i2.8271

Kata Kunci:

online platform, students teacher, internship program

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis jenis platform online yang digunakan oleh mahasiswa EED UMK dalam program magang dan permasalahan penggunaan platform online dalam program magang pasca pandemi covid 19 oleh mahasiswa guru. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan oleh peneliti dengan menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi dengan subjek lima belas mahasiswa semester tujuh guru EED UMK. Responden mengatakan dalam program magang setelah pandemi platform online yang digunakan calon guru adalah Google Meet, Google Classroom, Zoom, WhatsApp, Google Form, Padlet, Wordwall, Mentimeter. Google Classroom dan Zoom jarang digunakan karena siswa tidak memperhatikan proses pembelajaran dan sulit untuk mengontrol siswa, dan WhatsApp menjadi platform paling online untuk calon guru dalam program magang setelah pandemi, karena mudah dan praktis. Masalah yang paling banyak dihadapi oleh mahasiswa calon guru adalah koneksi jaringan dan kendala yang paling sedikit adalah kemampuan mahasiswa calon guru dalam menggunakan platform online. Peneliti menyarankan guru siswa harus belajar tentang platform online dan memilih platform online yang cocok untuk siswa.

 

Referensi

Andika, T. (2021). Exploring Efl Students’ Perceptions on Learning English Through Microsoft Teams (A Study at the Twelfth Grade of SMAN 1 Bringin in the Academic Year 2020/202). State Institute for Islamic Studies (IAIN) Salatiga.

Azizah, Ernie El. (2016). Teaching and Learning Speaking at Smp Islam Al Azhaar Tulungagung. State Islamic Institute (Iain) of Tulungagung.

Claudia, M. D. S. (2021). Student’s Perception on The Use of English Online Learning Platforms in Tanjungbalai. University of Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan.

Djidu, H., Mashuri, S., Nasruddin, N., Sejati, A. E., Rasmuin, R., Ugi, L. E., & Arua, A. la. (2021). Online learning in the post-Covid-19 pandemic era: Is our higher education ready for it?, 139–151.

Hariyati, S. (2020). An Analysis of Online English Learning in the Covid-19 Pandemic at Senior High School. Universitas Muria Kudus

Hora, M. T., Lee, C., Chen, Z., & Hernandez, A. (n.d.). CCWT: Exploring online internships amidst the COVID-19 pandemic in 2020: Results from a mixed-methods study. University of Wisconsin-Madison.

Hora, M. T., Lee, C., Chen, Z., & Hernandez, A. (2021). Exploring Online Internships Amidst the COVID-19 Pandemic in 2020-2021: Results From a Multi-Site Case Study. https://wcer.wisc.edu/publications/working-papers

Ilyas, A. P. (2021). The Students Perception About E-Learning In Pandemic of Covid-19 At English Department of Iain Palopo. State Islamic Institute Palopo

Jamilah, J., & Fahyuni, E. F. (2022). The Future of Online Learning in the Post-COVID-19 Era. KnE Social Sciences, 497–505. https://doi.org/10.18502/kss.v7i10.11251

Manasikana, I., & Hartono, H. (2021). Teaching Internship Program for the Development of Student Teachers Pedagogical Competence: Students Voices. Journal of Advanced Multidisciplinary Research, 2(2), 53.

Diterbitkan

2023-12-30

Cara Mengutip

apriliyani, indah rosika, Muh. Syafei, & Mutohhar. (2023). Bahasa Inggris Bahasa Inggris: Bahasa Inggris. URNAL LMIAH AHASA AN ASTRA, 10(2), 86–91. https://doi.org/10.21067/jibs.v10i2.8271
Loading...