PENGENALAN NILAI-NILAI BUDAYA JEPANG PADA BUKU TEKS みんなの 日本語 初級1(Minna no nihongo Shkyuu 1)

PENGENALAN NILAI-NILAI BUDAYA JEPANG PADA BUKU TEKS みんなの 日本語 初級1(Minna no nihongo Shkyuu 1)

Penulis

  • Zaenab Munqidzah

Kata Kunci:

Nilai-nilai Budaya

Abstrak

ã¿んãªã® 日本語 åˆÂ級1(Minna no nihongo Shkyuu 1) salah satu media pembelajaran bahasa Jepang yang dipergunakan oleh masyakat pembelajar bahasa Jepang tingkat dasar pada hampir seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Buku tersebut menggambarkan pola kehidupan masyarakat Jepang yang tercermin dalam materi percakapan pada masin-masin bab. Ada 25 bab dalam buku tersebut yang mencerminkan pola komnikasi sehari-hari antara orang asing yang baru datang atau tinggal di Jepang. Ada beberapa tema dalam buku tersebut yang diuraikan dalam beberapa tema. Tema yang paling banyak adalah tema “bertanyaâ€Â. Hal ini menunjukkan bahwa orang Jepang selalu menjaga perasaan orang yang diajak berkomunikasi.  Hal ini sesuai dengan nilai-nilai  Ã¦Â°â€”æŒÂ( perasaan) dan ãŠもã„より(pertimbangan). Selanjutnya nilai-nilai budaya Jepang Jepang yang paling sering digambarkan pada buku teks ã¿んãªã® 日本語 åˆÂ級1 adalah kontak pribadi. Untuk pola tindak tutur yang paling sering digambarkan pada buku ã¿んãªã® 日本語 åˆÂ級1(Minna no Nihongo Shokyuu 1) adalah ilokusi direktif. Hal tersebut  menunjukkan bahwa orang Jepang kalau ingin memohon ataupun memerintah pada seseorang dilakukan secara  tersirat atau tidak langsung. Hal ini sejalan dengan konsep yang dimilik oleh orang Jepang yang disampaikan oleh Saronto (2005; 41) bahwa, dalam berkomunikasi orang Jepang sangat berhati-hati dengan tujuan untuk menghindari konflik dan selalu menjaga perasaan lawan tutur.

Referensi

Cummings, Louise. 2007. Pragmatik: Sebuah Prespektif Multidisipliner. Yogjakarta: Pustaka PelajarLeech, Goeffery.1993. Prinsip-Prinsip Pragmatik. Terjemahan oleh M.D.D Oka. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia

Muljana, Deddy. 2005. Komunikatif Efektif: Suatu pendekatan Lintas Budaya. Bandung: Remaja Rosdakarya

Muljana, Jalaludin Rahmat. 2006. Komunikasi Lintas Budaya. Bandung: Rosdakarya.

Sagala, Syaiful. 2007. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosdakarya

Saronto Budi. 2005. Menejemen Jepang. Jakarta: PT Gramedia Indonesia

Soepardjo, Djodjok. 1994. Komunikasi Interpersonal. Jakarta: PT Gramedia Indonesia

Yosida, Tanaka. Minna no Nihongo Takisuto1. Toukyou: The Japan Fondation

Diterbitkan

2015-06-17

Cara Mengutip

Munqidzah, Z. (2015). PENGENALAN NILAI-NILAI BUDAYA JEPANG PADA BUKU TEKS みんなの 日本語 初級1(Minna no nihongo Shkyuu 1). URNAL LMIAH AHASA AN ASTRA, 2(1), 1–12. iambil dari http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JIBS/article/view/846
Loading...