MENAKAR PENGETAHUAN MULTIMEDIA PADA PENGAJAR BAHASA MANDARIN DI ERA NEW NORMAL
DOI:
https://doi.org/10.21067/jibs.v10i2.8777Kata Kunci:
multimedia, pengetahuan, pengajar, prinsipAbstrak
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menginvestigasi tingkat pengetahuan multimedia pada pengajar bahasa Mandarin di Jawa Timur. Dengan menggunakan desain penelitian survei, penelitian ini melibatkan pengajar- pengajar bahasa Mandarin yang berasal dari beberapa kota di provinsi Jawa Timur. Hasil penelitian menunjukkan variasi tingkat pengetahuan multimedia di antara responden. Mayoritas pengajar, sebanyak 68%, berada dalam kelompok sedang, sedangkan sisanya, sebanyak 32%, berada dalam kelompok tinggi. Sementara itu, tidak ditemukan pengajar yang berada dalam kelompok tingkat pengetahuan multimedia rendah. Penelitian ini telah mengidentifikasi isu-isu terkait pengetahuan prinsip multimedia yang perlu mendapatkan perhatian khusus dan perbaikan: prinsip koherensi, prinsip redundansi, modalitas, personalisasi, dan segmentasi. Berdasarkan temuan penelitian, disarankan perlunya pelaksanaan program pelatihan untuk meningkatkan kompetensi pengajar Bahasa Mandarin dalam menggunakan multimedia. Program pelatihan tersebut diharapkan mereka untuk memahami dan menerapkan prinsip-prinsip multimedia dengan lebih baik sehingga pembelajaran bahasa Mandarin menjadi lebih efektif dan menarik bagi para siswa.
Referensi
Akçayır, M., & Akçayır, G. (2017). Advantages and challenges associated with augmented reality for education: A systematic review of the literature. Educational Research Review, 20, 1-11
Cheng. (2017). Examining pre-service Chinese teachers' multimedia design: A CTML-based quantitative study. Journal of Technology and Chinese Language Teaching, 8, 32.
Fowler, F. J. (2014). Survey research methods (fifth edition). California: SAGE Publications. Tersedia dari https://play.google.com/books/reader?id=CR-MAQAAQBAJ&pg=GBS.PP6.w.8.0.32_192&hl=id
Ginting, D. (2021). Teori dan praktik pembelajaran berbasis multimedia. Media Nusa Creative. Diakses pada 29 April 2023. Tersedia dari https://drive.google.com/drive/folders/1nhTDY4K420QN2QjOx91xe2lKbL01cDD5
Ginting, D., Djiwandono, P. I., Woods, R., & Lee, D. (2020). Is autonomous learning possible for Asian students? The story of a mooc from Indonesia. Teaching English with Technology, 20(1), 60-79.
Ginting, D., Barella, Y., Linarsih, A., & Woods, R. (2021). Emergency remote teaching practices in the perspective of cognitive load of multimedia learning theory. In R., Juppeny, L., Roshida & D., Rega (Eds.), International Conference of Education, Social and Humanities (INCESH 2021) (pp. 96-106). Atlantis Press
Ginting, D., Fahmi, F., Barella, Y., Hasbi, M., Kadnawi, K., Rojabi, A.R., & Zumrudiana, A. (2022a). Students’ perception on TPACK practices on online language classes in the midst of pandemic. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 11(4), 1995-2009
Ginting, D., Sulistyo, T., Ismiyani, N., Sembiring, M.J., Asfihana, R., Fahmi, A., Suarniti, G.A.M.R., Mulyani, Y.S. (2022b). English language teacher’s multimedia knowledge in teaching using technology, World Journal of English Language, 12(6), 184-203.
Ginting, D. (2022). Ethical research dilemmas and their implications in English language teaching studies. Acitya: Journal of Teaching and Education, 4(1), 110-123. DOI: https://doi.org/10.30650/ajte.v4i1.3200
Ginting, D. (2022). Instructional videos to promote self-directed learning in English language teaching, Lenguas en Contexto, 13(1), 64-71
Holcomb, Z. C. (2017). Fundamentals of descriptive statistics. Routledge Publishing. Tersedia dari https://play.google.com/books/reader?id=X18PDQAAQBAJ&pg=GBS.PP9.w.0.0.108_108&hl=id
Karyanto, S., Tandayu, R., Febriani, J., & Kuang, T. (2021). Pengaruh media pembelajaran daring terhadap pengetahuan belajar mahasiswa akuntansi. Journal of Accounting, Finance, Taxation, and Auditing (JAFTA), 2(2), 174. https://doi.org/10.28932/jafta.v2i2.3279
Kuntoro, H. (2008). Konsep desain penelitian. Diakses pada 23 Juni 2023. http://karyatulisilmiah.com/wp-content/uploads/2016/06/KONSEP-DESAIN-PENELITIAN.doc
Liew, T. W., & Chong, L. M. (2018). Augmented reality for learning: A review of educational research. Journal of Educational Technology & Society, 21(2), 222-236.
Mayer, R. E. (2001). Multimedia learning. New York, NY: Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/CBO9781139164603
Mayer, R. E. (2017). Using multimedia for eâ€learning. Journal of computer assisted learning, 33(5), 403-423.
Mayer, R. E. (2009). Multimedia learning (second edition). Cambridge: Cambridge University Press. Tersedia dari https://www.google.co.id/books/edition/Multimedia_Learning/5g0AM1CHysgC?hl=en&gbpv=1&dq=multimedia+learning&printsec=frontcover
Mayer, R. E., & Moreno, R. (2003). Nine ways to reduce cognitive load in multimedia learning. Educational Psychologist, 38(1), 43-52. https://doi.org/10.1207/S15326985EP3801_6
Moreno, R., & Mayer, R. E. (2000). A coherence effect in multimedia learning: The case for minimizing irrelevant sounds in the design of multimedia instructional messages. Journal of Educational Psychology, 92, 117-125., 92(1), 117-125. https://doi.org/10.1037/0022-0663.92.1.117
Moreno, R. (2002). Who learns best with multiple representations? Cognitive theory predictions on individual differences in multimedia learning. World Conference on Educational Multimedia, Hypermedia and Telecommunications 2002, (pp. 1380-1385).
Moreno, R., & Mayer, R. E. (2002). Learning science in virtual reality multimedia environments: Role of methods and media. Journal of Educational Psychology, 94(3), 598-610.
Mulado, I. F. (2017). Penggunaan media presentasi disesuaikan dengan prinsip pembelajaran multimedia (multimedia learning): studi di smp negeri 2 batuwarno. Diakses pada 23 Juni 2023. https://repository.uksw.edu//handle/123456789/13992
Muzazanah. (2020). Implementasi pembelajaran berdasarkan standar proses dan pembelajaran abad 21. Diakses pada 25 April 2023. https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/implementasi-pembelajaran-berdasarkan-standar-proses-dan-pembelajaran-abad-21
Prabawa, D. G. A. P., & Restami, M. P. (2022). Efektivitas konten digital menggunakan prinsip segmentasi di sekolah dasar. Mimbar Ilmu, 27(1), 73. https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.41218
Putri, D., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif kimia berbasis android menggunakan prinsip mayer pada materi laju reaksi. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(1), 42. doi: https://doi.org/10.21831/jitp.v5i1.13752
Sereliciouz. (2021). Pembahasan pembelajaran abad 21 dari pengertian, model hingga contoh. Diakses pada 25 April 2023. https://www.quipper.com/id/blog/info-guru/pembelajaran-abad-21/#Ciri_Pembelajaran_Abad_21
Suwanto, Musthofa (2016). 12 prinsip menerapkan pembelajaran multimedia di kelas. Diakses pada 21 Juni 2023. https://www.linkedin.com/pulse/12-prinsip-menerapkan-pembelajaran-multimedia-di-agus-suwanto/?originalSubdomain=id
Sweller, J. (2005). Implications of cognitive load theory for multimedia learning. In R. E. Mayer, The Cambridge handbook of multimedia learning (pp. 19-30). New York, NY: Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/CBO9780511816819.003
Wicaksana, I., Agung, A. & Jampel, I. (2019). Pengembangan e-komik dengan model addie untuk meningkatkan minat belajar tentang perjuangan persiapan kemerdekaan Indonesia. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 7, 56.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Stephanie Budi Santoso, Daniel Ginting
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
JIBS (Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra) allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.0 Generic License.