Penguatan Good Character Mahasiswa melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Dasar Berbasis Metode Sariswara
PDF

Keywords

Karakter Baik
Pendidikan Kewarganegaran
Sekolah Dasar

How to Cite

Pratomo, W., Sapriya, S., Sundawa, D., & Fitriasari, S. (2024). Penguatan Good Character Mahasiswa melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Dasar Berbasis Metode Sariswara. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.21067/jmk.v9i1.10155

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi untuk memperkuat karakter baik mahasiswa dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan sekolah dasar berbasis metode sariswara. Pendidikan kewarganegaraan membutuhkan metode yang menarik agar mahasiswa merasa senang dalam belajar, dengan demikian akan terbentuk karakter yang baik. Metode Sariswara sebagai salah satu metode khas Tamansiswa hasil karya Ki Hajar Dewantara dirasa cocok untuk dikembangkan di mata kuliah Pendidikan Kewarganegaran Sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif diskriptif bertempat di program studi pendidikan guru sekolah dasar Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Dengan narasumber kaprodi, dosen dan mahasiswa, dengan menggunakan teknik analisis data pengumpulan data, reduksi data, menyajikan data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan metode sariswara mahasiswa lebih mampu mengembangkan karakternya dalam pembelajaran. Kegiatan yang dilakukan meliputi berbentuk aplikasi wiraga, wirasa, dan wirama berupa  video vlogger,drama musikalisasi, menari, pantomim serta project citizen. Dengan kegiatan ini, karakter baik mahasiswa lebih diperkuat terutama dalam karakter mandiri dan tanggung jawab dalam pembuatan video vlogger serta pemaparan esai budaya. Sedangkan dalam drama musikalisasi, menari, pantomime, project citizen berupa pewarta istimewa didapat menumbuhkan karakter menghargai prestasi, bersahabat, cinta tanah air dan semangat kebangsaan.

https://doi.org/10.21067/jmk.v9i1.10155
PDF

References

Alam, D. R. M., Firdaus, R., & Jaenudin, J. (2023). Urgensi Pendidikan Karakter Islami di Era Disrupsi. Al-Madrasah, 7(3), 1131. https://doi.org/10.35931/am.v7i3.2344

Ariyanti, N., & Himsyah, U. Z. A. (2021). Pembentukan Karakter Kepemimpinan Profetik Berbasis Trilogi Kepemimpinan Ki Hajar Dewantara melalui Kegiatan Kepramukaan. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah/Tarbiyatuna : Jurnal Pendidikan Ilmiah, 6(1), 27–40. https://doi.org/10.55187/tarjpi.v6i1.4348

Cikka, H. (2020). Peranan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Meningkatkan Interaksi Pembelajaran Di Sekolah. Guru Tua, 3(1), 43–52. https://doi.org/10.31970/gurutua.v3i1.45

Dewi, R. R., Suresman, E., & Mustikasari, L. (2020). Implementasi Kebijakan Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter Di Perguruan Tinggi. Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi/Edueksos, 9(1). https://doi.org/10.24235/edueksos.v9i1.6144

Fauzan, A. U. (2019). Moralitas, Pasar Dan Gerakan Dakwah: Dinamika Literasi Generasi Milenial di Kota Palu, Sulawesi Tengah. Jurnal Sosiologi Reflektif, 13(1), 179. https://doi.org/10.14421/jsr.v13i1.1565

Isrokatun, I., Fitriani, E., & Mukarromah, K. (2022). Analisis Kesiapan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Menjadi Guru Sekolah Dasar yang Kompeten. Jurnal Basicedu, 6(1), 819–833. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1982

Ketamansiswaan, T. D. (2014). Materi kuliah ketamansiswaan. Yogyakarta: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Mewar, M. R. A. (2021). Krisis Moralitas Pada Remaja Di Tengah Pandemi Covid-19. Perspektif, 1(2), 132–142. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.47

Miranti, A., Lilik, L., Winarni, R., & Surya, A. (2021). Representasi Pendidikan Karakter Berbassis Kearifan Lokal dalam Motif Batik Wahyu Ngawiyatan sebagai Muatan Pendidikan Senirupa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 546–560. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.763

Mulyono, B. (2017). Reorientasi civic disposition dalam kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan sebagai upaya membentuk warga negara yang ideal. Jurnal Civics/Jurnal Civics, 14(2), 218–225. https://doi.org/10.21831/civics.v14i2.17007

Nainggolan, O. T. P., Ismudiati, E., & Manek, B. A. (2021). Konsep Metode Sariswara Ditinjau Dari Pendidikan Musik Dalam Upaya Pengembangan Kurikulum Pendidikan Musik Berbasis Kebudayaan Nasional Indonesia. Gondang, 5(2), 150. https://doi.org/10.24114/gondang.v5i2.28290

Pykett, J., Saward, M., & Schaefer, A. (2010). Framing the Good Citizen. British Journal of Politics and International Relations/British Journal of Politics & International Relations, 12(4), 523–538. https://doi.org/10.1111/j.1467-856x.2010.00424.x

Rahayu, P., Turmudi, T., Muharram, A., Kasmad, M., & Majid, N. W. A. (2018). Penguatan Karakter Kebangsaan dan Kompetensi Pedagogik Berorientasi Pada Keterampilan Abad 21. Madrasah, 10(2), 83–95. https://doi.org/10.18860/madrasah.v10i2.5381

Rispantyo, A. T. S. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Inovasi Pengembangan Di Era Media Digital Dan Revolusi Industri 4.0. Jurnal Global Citizen, 7(1). https://doi.org/10.33061/jgz.v7i1.3059

Sakinah, R. N., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Karakter Dasar Para Generasi Muda Dalam Menghadapi Era Revolusi Industrial 4.0. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 152–167. https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1432

Santika, I. G. N., Kartika, I. M., & Wahyuni, N. W. R. (2019). Pendidikan Karakter: Studi Kasus Peranan Keluarga Terhadap Pembentukan Karakter Anak Ibu Sunah Di Tanjung Benoa. Widya Accarya, 10(1). https://doi.org/10.46650/wa.10.1.864

Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8–19. https://doi.org/10.23887/ivcej.v3i1.27830

Sari, D. I. P., Setiani, M., Mugnianingsih, N. A., Ramadhan, S. a. R., Afiani, A., & Putri, P. (2021). Membangun Karakter Anak Melalui Permainan Ampar-Ampar Pisang Berbasis Kearifan Lokal Dengan Metode Sariswara. Trihayu : Jurnal Pendidikan ke-SD-an/Trihayu, 8(1). https://doi.org/10.30738/trihayu.v8i1.11140

Setyawan, A. D., & Trisharsiwi, N. (2021). Analisis Integrasi Metode Sariswara Pada Mata Kuliah Karawitan. Trihayu : Jurnal Pendidikan ke-SD-an/Trihayu, 8(1). https://doi.org/10.30738/trihayu.v8i1.11135

Shandy, H. D. A., & Trilisiana, N. (2020). Implementasi metode sariswara Ki Hadjar Dewantara dalam membangun kemerdekaan jiwa individu anak. Epistema, 1(1), 31–38. https://doi.org/10.21831/ep.v1i1.32323

Sihati, A., Difany, S., Husna, D., & Habiba, I. S. (2021). Peran Kepanduan Hizbul Wathan Dalam Pembentukan Karakter Bagi Siswa Tuna Laras. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(8), 1669–1674. https://doi.org/10.47492/jip.v1i8.299

Suhandi, A. M., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2022). Penerapan Perilaku Jujur Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar. Academy of Education Journal, 13(1), 40–50. https://doi.org/10.47200/aoej.v13i1.941

Suprianto, G., Nurdyansyah, N., & Etis, N. (2020). Analysis of Character Education in Curriculum 13 to Build Moral Awareness in Education at SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo. Proceedings of the ICECRS, 5. https://doi.org/10.21070/icecrs2020404

Suryady, R., & Banjarnahor, N. T. (2024). Dampak Gaya Kepemimpinan Ketua Kelompok Sel Bagi Karakter Generasi Milenial Di Gereja Keluarga Tabgha Kajang Malaysia. Tabgha, 5(1), 34–47. https://doi.org/10.61768/jt.v5i1.113

Suryana, C., & Muhtar, T. (2022). Implementasi Konsep Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara di Sekolah Dasar pada Era Digital. Jurnal Basicedu, 6(4), 6117–6131. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3177

Susanto, D. (2016). Harmonisasi Kearifanlokalterhadap Implementasi Pendidikankarakter Di Sanggar Anakalam Yogyakarta. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 3(1), 259006. https://doi.org/10.30738/trihayu.v3i1.820

Wangid, M. N. (2009). Sistem Among Pada Masa Kini: Kajian Konsep Dan Praktik Pendidikan. Jurnal Kependidikan : Penelitian Inovasi Pembelajaran, 39(2). https://doi.org/10.21831/jk.v39i2.200

Yogjanisaa, S. M. D., Sarjiwo, S., & Indrawati, A. (2023). Penerapan Metode Sariswara dalam Pembelajaran Dolanan Anak Kelas V di SD Tamansiswa Jetis Yogyakarta. IDEA: Jurnal Ilmiah Seni Pertunjukan, 17(1).

Zainuddin, Z. (2021). Konsep Pendidikan Budi Pekerti Perspektif Ki Hadjar Dewantara. Kabilah, 6(1), 8–25. https://doi.org/10.35127/kbl.v6i1.4651

Jurnal Moral Kemasyarakatan memungkinkan pembaca untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke teks lengkap artikelnya dan memungkinkan pembaca menggunakannya untuk tujuan lain yang sah menurut hukum. Jurnal memegang hak cipta. Setelah artikel diterbitkan, hak cipta ditransfer dari penulis ke penerbit jurnal.

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .