Pengembangan Instrumen Penilaian Untuk Mengukur Sikap Demokratis Peserta Didik
Pdf

Keywords

Pengembangan
Instrumen Penelitian
Sikap Demokratis
Peserta Didik

How to Cite

Adawiah, R., & Rachman, H. (2025). Pengembangan Instrumen Penilaian Untuk Mengukur Sikap Demokratis Peserta Didik. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 10(1), 306–315. https://doi.org/10.21067/jmk.v10i1.10221

Abstract

Kurikulum pendidikan nasional mengharuskan guru untuk melaksanakan penilaian secara menyeluruh pada ranah pengetahuan, sikap, dan psikomotorik. Namun, pada praktiknya, penilaian sikap sering diabaikan karena dianggap sulit diukur secara objektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian sikap demokratis peserta didik yang valid dan reliabel. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D), dilaksanakan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Banjarmasin, Kalimantan Selatan, dengan sampel acak sebanyak 200 siswa. Data dikumpulkan melalui kuesioner daring menggunakan Google Form dan dianalisis dengan program Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) versi 22. Uji validitas dengan korelasi Product Moment menghasilkan 24 butir instrumen yang valid (rhitung > rtabel). Uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach menunjukkan nilai 0,96 yang tergolong sangat tinggi. Hasil ini menunjukkan bahwa instrumen yang dikembangkan memiliki kualitas pengukuran yang kuat. Instrumen ini dapat digunakan sebagai alat bantu guru untuk mengevaluasi dan menumbuhkan sikap demokratis di lingkungan sekolah secara lebih terukur dan sistematis.

https://doi.org/10.21067/jmk.v10i1.10221
Pdf

References

Adawiah, R. (2023). Teacher’s Constraints and Challenges in Implementing Student Attitude Assessment in Junior High School. Open Education Studies, 5(1). https://doi.org/10.1515/edu-2022-0204

Arikunto, S. (2019). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik (edisi revisi). . Rineka Cipta.

Asbupel, F. , & Supahar, S. (2021). Pengembangan instrumen penilaian sikap pada pembelajaran kimia berbentuk self-assessment dan peer-assessment (Tesis Magister). Universitas Negeri Yogyakarta.

Azwar, S. (2018). Reliabilitas dan Validitas.

Bagherzadeh, R., & Tajeddin, Z. (2021). Teachers’ curricular knowledge in teacher education programs: A case of Iran’s sociocultural context. International Journal of Society, Culture and Language, 9(1), 43–57.

Baharun, H. (2018). Konstruksi Pendidikan Karakter di Madrasah Berbasis Pesantren. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 8(1), 149–173.

Candra, I., Sulistya, N., & Prasetyo, T. (2018). Pengembangan Instrumen Sikap Sosial Tematik Siswa SD Kelas IV. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 455. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16167

Dianita, Sukmawati, R., Sukmawati, D. R., Siburian, R. M., Janah, N. H., Dewi, R. S., Sultan, U., Tirtayasa, A., Jalan, A. :, & Raya, C. (2023). Penilaian Otentik Dalam Konteks Penilaian Karakter. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia (JUBPI), 1(2), 187–203.

Dwi, Y. , Septyarini, A. , Gading, I. K. , & Antara, P. A. (2021). Validity A Nd Reliability: Early Childhood ’ S Locomotor Capability Assessment Instruments. . Advances In Social Science, Education And Humanities Research, 540(Ictes 2020), 400–404.

Fauzani, R. A., Senen, A., & Retnawati, H. (2021). Challenges for Elementary School Teachers in Attitude Assessment During Online Learning. Journal of Educational Research and Evaluation, 5(3), 362–372.

Hadiati, S. , Anita, A. , & Pramuda, A. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Afektif Pada Asisten Praktikum Laboratorium Fisika. Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 13(2), 35–39.

Hoskins, B. , & Kerr, D. (2021). Education for Democratic Citizenship in Europe: Policies, Practices and Challenges, Council of Europe Publishing.

Karnia, N., & Nurhasan, N. (2023). Instrumen Penilaian Sikap Sosial untuk Siswa SMK. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 7(01), 55–69. https://doi.org/10.35706/wkip.v7i01.9366

Kuntoro, B. T., & Wardani, N. S. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Sosial Pembelajaran Tematik Kelas III SD. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(2), 295–307. https://doi.org/10.5281/zenodo.3752471

Kurniawan, M. W., & Kusumawardhana, A. S. (2020). Strategi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Menumbuhkan Sikap Demokratis Siswa. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 7(1), 7–16. https://doi.org/10.36706/jbti.v7i1.10862

Latifah, F. A., Santi, N. N., & Wiguna, F. A. (2022). Rekonsiliasi Kelekatan Antar Siswa Kelas Rendah Melalui Sikap Demokratis Pada SDN Bulusari 3 Kabupaten Kediri. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 138–149. https://doi.org/10.37329/cetta.v5i2.1813

Moosa, V., Salleh, S., & Hamid, L. (2020). Professional learning communities assessment - Revised: A measure of schools as learning organisations. Pertanika Journal of Social Sciences and Humanities, 28(4), 3047–3068. https://doi.org/10.47836/PJSSH.28.4.31

Na’imah, I., & Bawani, I. (2021). Penanaman Pendidikan Karakter Demokratis Di Pondok Pesantren. Jurnal Muara Pendidikan, 6(2), 228–236. https://doi.org/10.52060/mp.v6i2.604

Nastiti, D. (2023). Peran organisasi mahasiswa dalam pembentukan sikap demokratis. Prima Magistra : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4, 64–76.

Oktavia, N., & Nurkhalizah, S. (2022). Implementation of Democratic Values in Islam to Build Student Character in the Millennial Era. Jurnal Pendidikan Amartha, 1(1), 11–13. https://doi.org/10.57235/jpa.v1i1.3

Pasianus, O. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Swalayan Pamella Enam Yogyakarta. Pasianus & Any Agus Kana, 2(2), 197–216.

Rodiyana, R. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Vct (Value Clarification Technique) Untuk Meningkatkan Sikap Demokratis Siswa Dalam Pembelajaran Pkn Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1), 8–18. https://doi.org/10.31949/jcp.v5i1.1140

Simarmata, N. N. , Wardani, N. S. , & Prasetyo, T. (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Toleransi Dalam Pembelajaran Tematik Kelas Iv Sd. . Jurnal Basicedu, 3(1), 194–199.

Sudarsono, S. , Wibowo, U. B. , & Widoyoko, E. P. (2020). Evaluasi pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Issue January).

Susanti, Darmansyah, & Hariyanto. (2022). Pembinaan Sikap Demokratis Siswa Kelas VI Melalui Pembelajaran PPKn di SDN 17 Rejang Lebong. Jurnal Bina Teknologi Informasi, 1((1)), 211–220.

Suyanto. (2023). Pendidikan Karakter dan Budaya Demokrasi di Sekolah. . UNY Press.

Tyas, S. P., & Mawardi, M. (2016). Keefektifan Model Pembelajaran Value Clarification Technique dalam Mengembangkan Sikap Siswa. Satya Widya, 32(2), 103. https://doi.org/10.24246/j.sw.2016.v32.i2.p103-116

Wildan, W. (2017). Pelaksanaan Penilaian Autentik Aspek Pengetahuan, Sikap Dan Keterampilan di Sekolah Atau Madrasah. Jurnal Tatsqif, 15(2), 131–153. https://doi.org/10.20414/jtq.v15i2.3

Wulandari, A., & Radia, E. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Tanggung Jawab Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SD. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 10. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32979

Zangaro, G. A. (2019). Importance of Reporting Psychometric Properties of Instrumen Used in Nursing Research. Research in Nursing & Health.

Zubir, N. , & Junaidi, J. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Peserta Didik pada Pembelajaran Sosiologi Kelas XI SMA. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 170–178.

Zuliani, R., Azzahra, A., & Nisa, D. K. (2023). Kompetensi Pengetahuan dan Teknik Penilaian Tindakan Kelas Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sosial dan Konseling, 1(2), 104–107.

Jurnal Moral Kemasyarakatan memungkinkan pembaca untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke teks lengkap artikelnya dan memungkinkan pembaca menggunakannya untuk tujuan lain yang sah menurut hukum. Jurnal memegang hak cipta. Setelah artikel diterbitkan, hak cipta ditransfer dari penulis ke penerbit jurnal.

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .