Abstract
Kemajuan teknologi digital dapat dimanfaatkan untuk berkontribusi terhadap transfer ilmu pengetahuan, penguatan karakter bangsa serta Profil Pelajar Pancasila. Salah satunya melalui penggunaan media pembelajaran interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam pendidikan kewarganegaraan melalui media pembelajaran. Media pembelajaran yang dimaksud adalah media kuis pembelajaran menggunakan aplikasi mentimeter. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket melalui google form dan wawancara. Informan penelitian ini ialah peserta didik Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Palu kelas X berjumlah 24 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada empat nilai Profil Pelajar Pancasila yang muncul selama pembelajaran yakni nilai akhlak kepada manusia, nilai bernalar kritis, nilai berkebhinekaan global dan nilai gotong royong. Nilai akhlak kepada manusia tercermin dari sikap peserta didik yang menghargai dan menghormati pendapat orang lain dan menerima kelompoknya. Nilai berkebhinekaan global tercermin dari sikap peserta didik yang tidak membeda-bedakan agama, suku dan asal daerah dalam bekerja sama. Peserta didik antusias mengikuti pembelajaran ditunjukkan dengan tanggapan peserta didik pada google form. Adanya digitalisasi pendidikan akan memperkuat sistem pendidikan yang membentuk karakter serta akhlak mulia melalui Profil Pelajar Pancasila.
References
Ayun, Q., Pamungkas, M. B. A., Agustin, I. S. D., Zahroh, I., Afandi, R. G., & Zulkarnaen. (2023). Penerapan Nilai Iman , Takwa dan Akhlak Mulia Profil Pelajar Pancasila Dalam Membentuk Karakter Islami Siswa. Tawazun¯: Jurnal Pendidikan Islam, 16(1), 920. https://doi.org/10.32832/tawazun.v16i1.8650
Alanur, S. N., Nawing, K., Septiwiharti, D., Syuaib, D., & Jamaludin, J. (2022). Pengembangan Bahan Ajar PPKn Bermuatan Nilai Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Karakter Kewarganegaraan Siswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 12(2), 107. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v12i2.15281
Aryani, W. D. (2020). Implementasi TPS Untuk Meningkatkan Karakter Gotong Royong, Keterampilan Berkomunikasi dan Hasil Belajar IPS Peserta Didik Kelas IXC di SMPN 1 Kandeman. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKn, 5(1), 1-11.
Bahar, A. J., & Sham, F. M. (2023). Pendekatan Sabar dalam Pembentukan Akhlak Muslim Pelajar. E-Bangi: Journal of Social Sciences and Humanities, 20(1), 116.
Dewi, D. A., Yunarti, Y., Mulyati, T., & Wahid, R. (2023). Rancang Bangun Media Pembelajaran Pkn Berbasis Multimedia Interaktif Mobile Learning dalam Mengembangkan Literasi Kewarganegaraan Siswa. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Dan Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 16101617.
Diputera, A. M., Damanik, S. H., & Wahyuni, V. (2022). Evaluasi Kebijakan Pendidikan Karakter Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Prototipe untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Bunga Rampai Usia Emas (BRUE), 8(1), 112.
Elok, U., Rasmani, E., Wahyuningsih, S., Eka, N., Kristiani, Y., & Widiastuti, W. (2023). Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Guru PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 1016. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3480
Endrawati, E. A. (2023). Mengimplementasikan Pembelajaran PPKn Di Era Kemajuan Teknologi. Jurnal Citizenship Virtues, 3(1), 511-521.
Erisa, F., Munir, S., Muchlis, L. S., & Khairat, A. (2023). Validitas Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Autoplay Dalam Mata Pelajaran Pai Dan Budi Pekerti Untuk Sekolah Dasar. Fondatia : Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 123-135.
Haris, M. A. (2023). Urgensi Digitalisasi Pendidikan Pesantren Di Era Society 5 . 0 ( Peluang dan Tantangannya di Pondok Pesantren Al-Amin Indramayu ). Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 49-64. https://doi.org/10.30868/im.v4i02.3616
Jamaludin, J., Alanur S, S. N., Amus, S., & Hasdin, H. (2022). Penerapan Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Kampus Mengajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 698-709.
Lanya, H., Zayyadi, M., Linarsih, Y., Mosdalifah, & Saputra, A. (2023). Pendampingan Sekolah Inklusi Melalui Media Ethno Web Digital Dalam Implementasi Pembelajaran Berdiferensi Dan Penguatan Profil Belajar Pancasila. PATIKALA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 799-807. https://doi.org/10.51574/patikala.v3i1.881
Mantra, G. ., Lasmawan, I. ., & Suarni, N. . (2023). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berkearifan Lokal Ngayah Untuk Mengembangkan Karakter Gotong-Royong Pada Dimensi Profil Pelajar Pancasila. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(1), 156-168.
Manurung, P. (2020). Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi COVID 19. Jurnal Ilmiah Al Fikru, 14(1), 1-12. https://doi.org/https://doi.org/10.51672/alfikru.v14i1.33
Prihadi, E. (2018). Pengembangan Keterampilan 4c Melalui Metode Poster Comment Pada Mata Pelajaran Pai Dan Budi Pekerti (Penelitian di SMA Negeri 26 Bandung). Jurnal Pendidikan Islam Rabbani, 2(1), 464-479.
Rahayuningsih, F. (2022). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177-187. https://doi.org/10.51878/social.v1i3.925
Rahmat, A. S., & Suparjana. (2023). Penerapan Kartu Kendali Literasi Digital Sebagai Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berorientasi Literasi di Sekolah Dasar. Pancasila: Jurnal Keindonesiaan, 3(1), 22-32.
Rahmawati, J., Muhlisin, A., & Rahayu, R. (2022). Pengembangan Desain Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Karakter Pelajar Pancasila Pada Aspek Bernalar Kritis dan Kreatif di SMPIT Ihsanul Fikri Kota Magelang. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 3(2), 88-109.
Rudiawan, R., Cahyono, H., & A, A. P. (2022). Praktik Profil Pelajar Pancasila di SMANegeri Tulakan Pacitan. JPK: Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 7(2), 23-35. https://doi.org/10.24269/jpk.v7.n2.2022.pp23-35
Rumtini, Kasimin, Arent, E., & Jalil, A. (2022). Analisis Penilaian Afektif Kemampuan Bernalar Kritis Ditinjau Dari Jenis Kelamin Peserta Didik di SMAN 5 Yogyakarta. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 6(3), 115-120.
Setiyanto, S. (2023). Pandangan Mahasiswa Terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Classpoint pada Mata Kuliah Pendidikan Agama. RESTIA (Jurnal Riset Sistem Dan Teknologi Informasi), 1(1).
Siagian, B. A., Ganda, H. Y., Pakpahan, Y. K., & Manurung, W. O. (2023). Penguatan Profil Pelajar Pancasila Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Digital Di SMA N 1 Sei Bamban. Journal of Social Responsibility by Higher Education Forum, 3(3), 242-246. https://doi.org/10.47065/jrespro.v3i3.3286
Sindiani, P., Dewi, R. S., & Bahrudin, F. A. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Moodle Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, XI(2), 203-214.
Suardi. (2023). Penguatan Karakter Beriman, Bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia melalui Kegiatan HIMA Prodi PPKn. Padaringan: Jurnal Pendidikan Sosiologi Antropologi, 05(2), 117-130.
Sumiasyih, Okimustava, & Sharfina. (2023). Pemanfaatan Mentimeter pada Pelajaran IPA dengan Cooperatif Learning. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 4(1), 19-27.
Zeva, S., Rizqiana, I., Novitasari, D., & Radita, F. R. (2023). Moralitas Generasi Z di Media Sosial : Sebuah Esai. Literaksi : Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 1-6.
Jurnal Moral Kemasyarakatan memungkinkan pembaca untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke teks lengkap artikelnya dan memungkinkan pembaca menggunakannya untuk tujuan lain yang sah menurut hukum. Jurnal memegang hak cipta. Setelah artikel diterbitkan, hak cipta ditransfer dari penulis ke penerbit jurnal.
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .