Profil Pelajar Pancasila Berbasis Kearifan Lokal Suku Anak Dalam Jambi
Pdf

Keywords

Profil Pelajar Pancasila
Kearifan Lokal
Suku Anak Dalam Jambi

How to Cite

Simaremare, T. P., Putra, A. J., Setiyadi, B., Purba, A., Yani, D. F., & Aswan, D. M. (2024). Profil Pelajar Pancasila Berbasis Kearifan Lokal Suku Anak Dalam Jambi. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 9(1), 107–119. https://doi.org/10.21067/jmk.v9i1.10240

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Profil Pelajar Pancasila dengan berlandaskan kearifan lokal Suku Anak Dalam (SAD) Jambi. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Adapun subjek dalam penelitian ini ialah para Tumenggung, Mengku dan masyarakat SAD Jambi. Untuk teknik  pengumpulan  data  yang digunakan  dalam penelitian  ini  yaitu  melalui  pengamatan (observasi), wawancara, studi literatur, dan studi dokumentasi kemudian dianalisis untuk menjelaskan Profil Pelajar Pancasila yang berbasis kearifan lokal SAD Jambi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa keenam dimensi termasuk elemen kunci dari Profil Pelajar Pancasila telah terimplementasikan dengan baik melalui kearifan lokal dalam kehidupan masyarakat SAD Jambi secara turun-temurun. Temuan ini menekankan pentingnya pengkajian kearifan lokal khususnya pada SAD Jambi sebagai salah satu wujud pelestarian. Profil Pelajar Pancasila ditetapkan oleh Kemendikbudristek diajarkan pada pendidikan formal saja. SAD Jambi, yang mayoritas anggotanya tidak mendapatkan akses ke pendidikan formal, tidak sepenuhnya memahami keenam dimensi Profil Pelajar Pancasila tersebut. Namun, adat istiadat, kebiasaan, dan tradisi yang dimiliki oleh masyarakat SAD Jambi telah menerapkan setiap dimensi Profil Pelajar Pancasila dalam kehidupan sehari-hari mereka secara turun-temurun. Penelitian ini dapat membantu mengintegrasikan kearifan lokal SAD ke dalam kurikulum pendidikan formal dan non-formal.

https://doi.org/10.21067/jmk.v9i1.10240
Pdf

References

Ahat, M., & Auliahadi, A. (2019). Islamisasi Suku Anak Dalam Di Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi (2005-2013). Khazanah: Jurnal Sejarah Dan Kebudayaan Islam, 174–188.

Anggraena, Y., Sufyadi, S., Maisura, R., Chodidjah, I., Takwin, B., Cahyadi, S., Felicia, N., Gazali, H., Wijayanti, M. A., Khoiri, H. M., & others. (2022). Kajian pengembangan profil pelajar Pancasila. Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Pembukuan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.. Tersedia Pada: Http://Repositori. Kemdikbud. Go. Id/24971/.(Diakses Tanggal 3 September 2022).

Asra, R., Naswir, M., Nazarudin, M., & Kalsum, U. (2018). Peningkatan Kualitas Pendidikan untuk Anak Suku Anak Dalam di Dusun Selapik, Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 1(1), 2–8.

Aulia, E. T., Taqwa, R., & Hapsari, D. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Suku Anak Dalam Melalui Pendidikan Di Desa Mentawak Kabupaten Merangin Provinsi Jambi. Jurnal Media Sosiologi, 23(1), 14–23.

Basale, Ritual Permohonan Kesembuhan Suku Anak Dalam. (2019). Swaranesia. https://swaranesia.com/basale-ritual-permohonan-kesembuhan-suku-anak-dalam/

Clifford, J. (2013). Looking Several Ways. Returns--Becoming Indigenous in the Twenty-First Century, 213–260.

Franciska, N., Pebriyenni, P., Aini, K., & Qhotrunnada, D. N. (2023). Tradisi Upacara Basela Sebagai Kearifan Lokal Suku Anak Dalam (SAD) Jambi Dalam Mempertahankan Kultur di Era Globalisasi. Jurnal Ilmiah Langue and Parole, 7(1), 70–78.

Indriati, G. (2014). Etnobotani tumbuhan obat yang digunakan suku anak dalam di Desa Tabun Kecamatan VII Koto Kabupaten Tebo Jambi. Jurnal Sainstek, 6(1), 52–56.

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil pelajar Pancasila sebagai upaya mewujudkan karakter bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Sekolah Penggerak dan Profil Pelajar Pancasila. Diakses Pada Link Https://Sekolah. Penggerak. Kemdi Kbud. Go. Id.

Kristiawan, Prasetijo, A., & Sutiningsih, D. (2021). Ketahanan Pangan Keluarga Orang Rimba Selatan Taman Nasional Bukit Dua Belas Jambi: Studi Mikroetnografi Keluarga Njalo Dalam Menghadapi Pandemik. Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya, 23(01), 83–92. https://pdfs.semanticscholar.org/5889/52c86d6e2a5911fe5ddae217a5d166bf7804.pdf

Kurniawan, D., & Syafri, R. A. (2018). Besale Sebagai Kearifan Lokal Suku Anak Dalam Di Desa Nyogan Kecamatan Mestong Kabupaten Muaro Jambi, Jambi. UNEJ E-Proceeding.

Mahkamah Konstitusi. (2016). Putusan Nomor 97/PUU-XIV/2016. 6, 154–155. https://www.mkri.id/public/content/persidangan/putusan/97_PUU-XIV_2016.pdf

Novriawati, A., & others. (2018). Makna dan Simbol Berentak dalam Upacara Besale pada Masyarakat Suku Anak Dalam di Dusun Johor Baru Desa Bungku Kabupaten Batanghari Jambi. Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Nurdin, B., & Mailinar, M. (2013). Kehidupan Keagamaan Suku Anak Dalam Di Dusun Senami III Desa Jebak Kabupaten Batanghari Jambi. Kontekstualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 28(2), 37160.

Penatas, A., Supriyadi, S., Anggriawan, F., & others. (2020). Status Hukum Dokumen Kependudukan Aliran Kepercayaan Setelah Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 97/PUU-XIV/2016. Bhirawa Law Journal, 1(1), 30–36.

Rachmawati. (2019). Mengenal Sebelik Sumpah, Kalung Gelang Suku Anak Dalam yang Menjaga dari Sumpah Buruk. https://regional.kompas.com/read/2019/10/07/12120081/mengenal-sebelik-sumpah-kalung-gelang-suku-anak-dalam-yang-menjaga-dari

Ridwan, M., Sari, P., & others. (2020). Kearifan Lokal Suku Anak Dalam (SAD) di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kesehatan Perintis, 7(2), 36–43.

Rizky, M., Firman, F., & Rahman, M. N. A. (2023). Education Modernization and Social Status Change of Suku Anak Dalam (SAD) in Jambi Province. Widyagogik: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 11(1), 152–163.

Sager, S. (2008). The sky is our roof, the earth our floor. Orang Rimba Customs and Religion in the Bukit Duabelas Region of Jambi, Sumatera, Australian National Univesity, Australian.

Sari, N. (2018). Pengembangan ekonomi kreatif bidang kerajinan tradisional jambi (studi kasus: rengke suku anak dalam). Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 7(2), 138–148.

Simaremare, T. P., Harianja, S. I., Zahra, F. M., Septiardilla, F., Rohimin, M., & Sofyan, W. N. (2024). Penerapan Pembelajaran Kreatif dalam Pelaksanaan Pendidikan Nonformal Bagi Anak Usia Dini di Suku Anak Dalam Desa Sekaladi. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 1–16.

Sinaga, L. Y., & Rustaman, N. Y. (2015). Local Wisdom Value of Anak Dalam Tribe Jambi in Agricultural Field as A Learning Source of Biology. Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning, 12(1), 761–766.

Sulistyani, D. (n.d.). Sosial dan Budaya Suku Anak Dalam di Provinsi Jambi.

Takiddin, T. (2014). Nilai-nilai kearifan budaya lokal Orang Rimba (studi pada suku minoritas Rimba di Kecamatan Air Hitam Provinsi Jambi). SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 1(2), 161–170.

Tirtosudarmo, R. (2022). Identitas dan Marjinalisasi: Orang Kubu, Orang Rimba, Suku Anak Dalam. KRITIS, 31(1), 59–79.

Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. (n.d.).

Yunita, M. R., & La Kahija, Y. F. (2014). Makna Menjadi Muslim Pada Suku Anak Dalam di Taman Nasional Bukit Dua Belas Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi. Jurnal Empati, 3(1), 124–133.

Jurnal Moral Kemasyarakatan memungkinkan pembaca untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke teks lengkap artikelnya dan memungkinkan pembaca menggunakannya untuk tujuan lain yang sah menurut hukum. Jurnal memegang hak cipta. Setelah artikel diterbitkan, hak cipta ditransfer dari penulis ke penerbit jurnal.

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .