Model Pengembangan Materi Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membentuk Karakter Demokratis

Keywords

Pendidikan Kewarganegaraaan
Demokratis
Karakter

How to Cite

Supriyono, S., Hakam, K. A., Maftuh, B., & Ruyadi, Y. (2024). Model Pengembangan Materi Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membentuk Karakter Demokratis: Pendidikan karakter demokratis. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 9(1), 130–138. https://doi.org/10.21067/jmk.v9i1.10256

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Proyek Penguatan Profil Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan diarahkan untuk pengembangan pembentukan karakter peserta didik. Karakter yang dibentuk melalui pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yaitu karakter demokratis. Kenyataannya setelah peserta didik mendapatkan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di sekolah, maka sikap dan perilakunya belum menunjukan sikap demokratis. Hal ini terlihat dari sikap dan perilaku peserta didik dalam menggunakan media sosial belum mampu menggunakan secara tepat guna. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan harus dipersiapkan secara baik melalui materi yang memberikan pengetahuan dan perubahan karakter. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Universitas Pendidikan Indonesia dengan sasaran mahasiswa yang mengontrak mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi pustaka. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, pengajuan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan sebuah model pengembangan materi pendidikan kewarganegaraan dalam pembentukan karakter demokratis. Model pengembangan materi pendidikan kewarganegaraan digunakan untuk menghasilkan materi yang ideal dalam membentuk karakter demokratis. Model Pengembangan materi Pendidikan Kewarganegaraan ini belum pernah dirumuskan oleh peneliti sebelumnya sebagai upaya membentuk karakter demokratis mahasiswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.

https://doi.org/10.21067/jmk.v9i1.10256

References

Abror, M., Suryani, N., & Ardianto, D. T. (2019). Pendidikan Kewarganegaraan (Citizenship) sebagai Sarana Mewujudkan Warga Negara yang Beradab (Good Citizenship). Publikasi Ilmiah.

Alatas, F., & Fachrunisa, Z. (2019). An Effective Of Pogil With Virtual Laboratory In Improving Science Process Skills And Attitudes: Simple Harmonic Motion Concept. Edusains, 10(2). https://doi.org/10.15408/es.v10i2.10239

Alvira, S., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan bagi Generasi Muda sebagai Agent of Change. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3).

Amini, M. Z., Prasetiyo, W. H., & Gunarsi, S. (2022). Civic Disposition Based on Ecological Citizenship: A Case Study at SMP Negeri 1 Wirosari. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 7(3). https://doi.org/10.26618/jed.v7i3.7906

Arruantimo, J., Tone, K., & Latief, A. (2022). Pengaruh Pembelajaran Pkn Terhadap Pembentukan Karakter Demokratis Peserta Didik SMP Negeri 3 Tandukkalua’. Journal Peqguruang: Conference Series, 4(2). https://doi.org/10.35329/jp.v4i2.796

Asril, Jaenam, Syahrizal, Armalena, & Yuherman. (2023). Peningkatan Nilai-Nilai Demokrasi dan Nasionalisme Pada Mahasiswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 1301–1302. https://jim.usk.ac.id/sejarah

Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Faisal, E. El, & Sulkipani, S. (2016). Pengembangan bahan ajar berbasis muatan lokal pada mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 13(2), 113–126. https://doi.org/10.21831/civics.v13i2.12721

Hariyanto, H. (2021). Pengembangan Karakter Pada Peserta Didik Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Educational : Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran, 1(2). https://doi.org/10.51878/educational.v1i2.204

Komalasari, K., & Rahmat. (2019). Living values based interactive multimedia in Civic Education learning. International Journal of Instruction, 12(1). https://doi.org/10.29333/iji.2019.1218a

Laillisa, B., Yuspita, L., & Nabila, S. (2022). Pengaruh Pembelajaran PKN Berbasis Budaya Terhadap Pembentukan Moral dan Karakter Anak Untuk Kemajuan Pendidikan. Proseding Didaktis: Seminar ….

Martin, A. P., & Carey, J. M. (2022). Great for Constitution Writing but an Obstacle to Democratic Consolidation: The Ephemeral Value of the Hare Quota Formula in Tunisia’s Parliamentary Elections. Representation. https://doi.org/10.1080/00344893.2022.2133002

Muhsinin, A. N., Parizal, F., Rohmatulloh, R., Hasnaul, S., Program, M., Pembangunan, S. E., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (2023). Pengaruh Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Pembentukan Karakter Dan Moral Mahasiswa. ADVANCES in Social Humanities Research, 1(4), 288–297.

Noboa, F. (2021). Fuerza de Carácter y Continuidad Emprendedora: Evidencia de Ecuador. Ciencias Administrativas. https://doi.org/10.24215/23143738e091

Olmeda, A. P., Gómez, R. T., & García, J. R. (2022). La Protección De Datos De Carácter Personal. In Estudio sobre la ley orgánica de lucha contra el dopaje en el deporte. https://doi.org/10.2307/j.ctv2zp4tzp.10

Rachmadtullah, R., Syofyan, H., & Rasmitadila. (2020). The role of civic education teachers in implementing multicultural education in elementary school students. Universal Journal of Educational Research, 8(2). https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080225

Rachmawati, I. N. (2007). Pengumpulan Data Dalam Penelitian Kualitatif: Wawancara. Jurnal Keperawatan Indonesia, 11(1). https://doi.org/10.7454/jki.v11i1.184

Ramadani, W. O. D., Noe, W., & Rajaloa, N. (2022). Implementasi Nilai-Nilai Demokrasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Kelas Viii Smp Negeri 4 Kota Ternate. Jambura Journal Civic Education, 2(1). https://doi.org/10.37905/jacedu.v2i1.14505

Rispantyo, A. T. S. &. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Inovasi Pengembangan Di Era Media Digital Dan Revolusi Industri 4.0. Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1). https://doi.org/10.33061/jgz.v7i1.3059

Sundawa, D., & Dahliyana, A. (2022). Strengthening civic education through project citizen as an incubator for democracy education. Kasetsart Journal of Social Sciences, 43(3). https://doi.org/10.34044/j.kjss.2022.43.3.31

Syailin Nichla Choirin Attalina. (2020). Penerapan Model Pembelajaran “Project Based Learning”Pada Mata Kuliah Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Dasar Di Unisnu Jepara. Refleksi EdukatikA : Jurnal Ilmiah Kependidikan , 10(2), 267–274.

Trisiana, A. (2020). Penguatan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Digitalisasi Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 31. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v10i2.9304

Weinschenk, A. C., & Dawes, C. T. (2022). Civic Education in High School and Voter Turnout in Adulthood. British Journal of Political Science, 52(2). https://doi.org/10.1017/S0007123420000435

Wicaksana, A., & Rachman, T. (2018). Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pembelajaran Produktif di SMK 3 Negeri Makassar. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(1), 10–27.

Jurnal Moral Kemasyarakatan memungkinkan pembaca untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke teks lengkap artikelnya dan memungkinkan pembaca menggunakannya untuk tujuan lain yang sah menurut hukum. Jurnal memegang hak cipta. Setelah artikel diterbitkan, hak cipta ditransfer dari penulis ke penerbit jurnal.

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .