Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh model pembelajaran alur MERDEKA yang hadir dalam konteks meraih capaian pembelajaran mata kuliah Pendidikan Profesi Guru prajabatan. Selama dua tahun diimplementasikan belum diketahui mengapa pembelajaran reflektif menjadi ruh alur MERDEKA. Artikel ini dibuat hasil analisis unsur pembelajaran refleksi dalam pembelajaran alur MERDEKA. Tujuannya untuk mengetahui alasan pembelajaran reflektif disebut ruh alur MERDEKA. Dalam mengumpulkan data digunakan metode studi literature dengan melakukan serangkaian penelaahan terhadap modul, Rencana Pembelajaran Semester (RPS), dan catatan terkait implementasi alur MERDEKA. Hasil penelitian menemukan, bahwa pembelajaran reflektif disebut ruh pembelajaran alur MERDEKA karena memiliki kesamaan atau kemiripan unsur-unsurnya. Adapun kesimpulan, bahwa terdapat kesamaan atau kemiripan dalam hal pemahaman konsep pembelajaran, penggunaan taksonomi Bloom revisi, penerapan teori belajar, CPMK, dan langlah-langlah pembelajaran.
References
Abidin, Y. (2018). Pembelajaran Multi Literasi. Jakarta: Refika Aditama.
Ahmad Yani, dkk. (2022). Teori dan implementasi Case Method & Team Based Project di Perguruan Tinggi. Bandung: UPI Press.
Anam, Khoirul. (2017). Pembelajaran Berbasis Inkuiri.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Aprilia, N. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Reflektif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Mahasiswa Pendidikan Biologi pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran di Program Studi FKIP Universitas Ahmad Dahlan. Jurnal Bioedukatika, 4(1), 27.
Apriyanti Widiansyah & Rahmat Saputra (2021) Analisis Model Pembelajaran Reflektif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pendidikan Pancasila. Cakrawala-Jurnal Humaniora dan Sosial, Vol 21 No. 1 Maret 2021 P-ISSN 1411-8629, E-ISSN: 2579-3314.
Dewi Amaliah Nafiati (2021) Revisi taksonomi Bloom: Kognitif, afektif, dan psikomotorik. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, ISSN: 1412-1271 (p); 2579-4248 (e). Vol. 21. No. 2. (2021). pp. 151-172 doi: 10.21831/hum. v21i2.29252. 151-172.
Ina Magdalena, dkk. (2020) Analisis Pengembangan Bahan Ajar. Nusantara : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial Volume 2, Nomor 2, Juli 2020; 170-187 https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara.
Iwan Syahril. (2022). Struktur Modul Mata Kuliah PPG Prajabatan 2022Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. Kemdikbudristek. Jakarta.
Marnita, M. (2017). Model Pembelajaran Reflektif Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Penguasaan Konsep Siswa Pokok Bahasan Kalor Dan Perpindahannya Di Kelas Vii Mtsn. Jurnal Pendidikan Almuslim, 5(1), 23–29.
Muhammad Rais, F. A. (2019). Pembelajaran Reflektif Seni Berpikir Kritis, Analitis Dan Kreatif (ke-1). Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.
Novi Marliani, N. (2020). Komunikasi Matematika Dilihat Dari Model Pembelajaran Reflektif Berbasis Matematika Realistik. SINASIS (Seminar Nasional Sains), 1(1), 403–411.
Opfer, V. D., & Pedder, D. (2011). Conceptualizing teacher professional learning. In Review of Educational Research. https://doi.org/10.3102/0034654311413609.
Prasetyo, A., Santosa, S., & Marjono. (2014). Penerapan model pembelajaran reflektif pada pembelajaran biologi terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA negeri Colomadu tahun ajaran 2012/2013. Bio-Pedagogi , 3 (1), 110.
Putra, F. G. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Reflektif dengan Pendekatan Matematika Realistik Bernuansa Keislaman terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. ALJabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 203–210.
Rohana, & Ningsih, Y. L. (2016). Model Pembelajaran Reflektif Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Calon Guru. Jppm, 9(2), 145–158.
Roestiyah. (2012) Strategi Belajar Mengajar.Jakarta: Rineka Cipta.
Suherti, Euis dan Siti Maryam Rohimah. (2016). Bahan Ajar Mata Kuliah Pembelajaran Terpadu. Bandung: FKIP Universitas Pasundan.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (2022) Peraturan Direktur Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan Nomor 3830/B/HK.03.01/2022 Tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan.
Universitas Pendidikan Indonesia (2022) Peraturan Rektor Universitas Pendidikan Indonesia Nomor 014 Tahun 2022 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia.
Jurnal Moral Kemasyarakatan memungkinkan pembaca untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke teks lengkap artikelnya dan memungkinkan pembaca menggunakannya untuk tujuan lain yang sah menurut hukum. Jurnal memegang hak cipta. Setelah artikel diterbitkan, hak cipta ditransfer dari penulis ke penerbit jurnal.
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .