Abstract
Internalisasi nilai-nilai Pancasila dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan telah diintegrasikan secara terpadu. Proses internalisasi ini sering kali dipandang sebagai bentuk indoktrinasi yang telah berlangsung sejak zaman Orde Lama, Orde Baru, hingga era reformasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi cara internalisasi nilai-nilai Pancasila melalui proses ideologisasi yang disosialisasikan dan diimplementasikan dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan literature review serta wawancara dengan pendidik dan pakar Pendidikan Kewarganegaraan. Lokasi penelitian dilakukan di Kota Semarang, Yogyakarta, dan Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai Pancasila dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan merupakan bagian dari internalisasi dan sosialisasi nilai-nilai suatu bangsa. Penelitian ini mengungkapkan perubahan signifikan dalam pendekatan dan fokus internalisasi atau indoktrinasi Pancasila dari zaman ke zaman. Pada masa Orde Lama, penanaman nilai Pancasila cenderung lebih ketat dan menekankan ketaatan terhadap pemerintah Orde Lama. Di era Orde Baru, ideologisasi Pancasila lebih berfokus pada penggunaannya sebagai alat untuk mengontrol masyarakat serta menekan keberagaman ideologi. Namun, selama periode reformasi, terjadi pergeseran paradigma yang lebih inklusif dan menghargai pluralitas dalam pengajaran nilai-nilai Pancasila.
References
Asyafiq, S. (2016). Berbagai Pendekatan Dalam Pendidikan Nilai Dan Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, Vol 4 No 1, litabmas.umpo.ac.id, http://litabmas.umpo.ac.id/index.php/dimensi/article/view/56. http://dx.doi.org/10.24269/dpp.v4i1.56.
Daeli, SI, & Asbari, M. (2022). Bahaya Pancasila Menjadi Trisila dan Ekasila: Telaah Singkat Pemikiran Refly Harun. Jurnal Pendidikan Transformatif, Vol 1 No 1. jupetra.org, http://jupetra.org/index.php/jpt/article/view/44. https://doi.org/10.9000/jupetra.v1i1.44.
Darmadi, H. (2020). … Pembelajaran Pendidikan Moral Pancasila Dan Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (PPKn): Konsep Dasar Strategi Memahami Ideologi Pancasila …., books.google.com.
Fadilah, N. (2019). Tantangan dan Penguatan Ideologi Pancasila dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Journal of Digital Education, Communication, and …, Vol 2 No 02. jurnal.polibatam.ac.id,https://jurnal.polibatam.ac.id/index.php/DECA/article/download/1546/895. https://doi.org/10.30871/deca.v2i02.1546.
Firmansyah, MC. (2021). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membangun Karakter Bangsa Sesuai Nilai Pancasila Di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Dasar dan Humaniora, Vol 9 No 1 . https://doi.org/10.24815/PEAR.V9I1.20607.
Haq, R. (2022). Pancasila sebagai Ideologi dan Karakteristik Pendidikan Kewarganegaraan di Indonesia. Didactica: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, Vol 2 No 2. https://doi.org/10.56393/didactica.v2i2.1149.
Hardinanto, A. (2017). Autentisitas Sumber Sejarah Pancasila Dalam Masa Sidang Pertama Badan Untuk Menyelidiki Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Tanggal 29 Mei-1 Juni 1945. Veritas et Justitia, journal.unpar.ac.id, https://journal.unpar.ac.id/index.php/veritas/article/view/2524. https://doi.org/10.25123/vej.v3i1.2524.
Hartono, Y. (2017). Model Pembelajaran Nilai-Nilai Karakter Bangsa Di Indonesia Dari Masa Ke Masa. Jurnal Agastya, Vol 7 No 01, https://doi.org/10.25273/AJSP.V7I01.1059.
Handayani, P et al. (2023). Pancasila Dalam Lintasan Sejarah. Didaktik: Jurnal Ilmiah …, journal.stkipsubang.ac.id, Vol 8 No 2. http://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/2155.https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.567.
Hidayah, Y & Hastangka, H. (2023). Analisis Bibliometrik Tren Penelitian tentang Pancasila Pasca Terbentuknya BPIP (2019-2023): Suatu Pendekatan Pendidikan. Pancasila: Jurnal …, ejurnalpancasila.bpip.go.id,https://ejurnalpancasila.bpip.go.id/index.php/PJK/article/view/152.
Isdiyanto, IY. (2021). Dekonstruksi pemahaman Pancasila: Menggali jati diri hukum Indonesia., books.google.com.
Juri et al. (2020). Analisis Pemahaman Siswa Terhadap Nilai-Nilai Pancasila Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Ketungau Tengah Tahun Pelajaran 2019/2020. 10.31932/jpk.v5i1.707.
Kebudayaan, DP. (1976). Kurikulum Sekolah Dasar 1975 GBPP Buku II. B Pendidikan Moral Pancasila., repositori.kemdikbud.go.id, https://repositori.kemdikbud.go.id/9254/.
Madiong, SH Baso, Mustapa, D Zainuddin, & Chakti, AGR. (2018). Pendidikan Kewarganegaraan: Civic Education., books.google.com.
Maftuh, B. (2008). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Dan Nasionalisme Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Educationist, file.upi.edu.
Malik, A. (2020). Membumikan Ideologi Pancasila Melalui Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Membangkitkan Nasionalisme. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, Vol 6 No 1. jurnal.umsu.ac.id, https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/edutech/article/view/4401. https://doi.org/10.30596/edutech.v6i1.4401.
Morfit, M. (1981). Pancasila: The Indonesian State Ideology According To The New Order Government. Asian Survey, JSTOR, https://www.jstor.org/stable/2643886. https://doi.org/10.2307/2643886.
Nanggala, A, & Suryadi, K. (2020). Analisis Konsep Kampus Merdeka dalam Perspektif Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, Vol 9 No 2. ejurnal.unisri.ac.id, http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/glbctz/article/view/4545. https://doi.org/10.33061/jgz.v9i2.4545.
Narmoatmojo, Winarno. (2017). Implementasi Pancasila Melalui Pendidikan Kewarganegaraan di Indonesia. Surakarta: FKIP UNS.
Nurgiansah, T. (2019). Pemutakhiran Kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan di Era Revolusi Industri 4.0. … Konsep Kewarganegaraan Indonesiaâ€, digilib.unimed.ac.id, http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37502.
Perdana, RY. (2018). Mengenal Sejarah Pancasila., osf.io, https://osf.io/preprints/inarxiv/dmbpc/download.
Rachman, F, Nurgiansyah, TH, & Kabatiah, M. (2021). Profilisasi Pendidikan Kewarganegaraan dalam Kurikulum Pendidikan Indonesia. … : Jurnal Ilmu Pendidikan, edukatif.org, Vol 3 No 5.https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1052. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1052.
Salma, Badriyatus et al. (2022). Studi Tentang Dinamika Pancasila Dari Masa Ke Masa. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, Vol 4 No 03, 130-136. Retrieved from https://www.jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/877.
Setiawan, D. (2014). Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Karakter melalui Penerapan Pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, jurnal.unimed.ac.id, https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jupiis/article/view/2285.https://doi.org/10.24114/jupiis.v6i2.2285.
Silvia, B. (2019). Dari Pendidikan Kewargaan Negara ke Pendidikan Moral Pancasila: Perubahan Muatan Materi Nilai-nilai Pancasila Dalam Sistem Pendidikan di Indonesia Tahun …., eprints2.undip.ac.id, https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/4189/.
Sudrajat, A. (2016). Demokrasi Pancasila dalam Perspektif Sejarah. Mozaik: Kajian Ilmu Sejarah, Vol 8 No 1. journal.uny.ac.id, http://journal.uny.ac.id/index.php/mozaik/article/view/10763.http://dx.doi.org/10.21831/moz.v8i1.10763.
Unggul et al. (2022). Pancasila Sebagai Dasar Negara. … Ekonomi, Sosial & …, jurnalintelektiva.com,https://www.jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/895.
Winataputra, US. (2001). Jatidiri Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Wahana Sistemik Pendidikan Demokrasi: Suatu Kajian Konseptual dalam Konteks Pendidikan IPS. Universitas Pendidikan Indonesia.
Winataputra, US. (2016). Posisi Akademik Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Dan Muatan/Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Dalam Konteks Sistem Pendidikan Nasional. Jurrnal Moral Kemasyarakatan, Vol 1 No 1. ejournal.unikama.ac.id,https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JMK/article/view/1184. https://doi.org/10.21067/jmk.v1i1.1184.
Jurnal Moral Kemasyarakatan memungkinkan pembaca untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke teks lengkap artikelnya dan memungkinkan pembaca menggunakannya untuk tujuan lain yang sah menurut hukum. Jurnal memegang hak cipta. Setelah artikel diterbitkan, hak cipta ditransfer dari penulis ke penerbit jurnal.
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .