Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan menganalisis pengaruh penggunaan teknologi terhadap perkembangan kognitif dan karakter anak di sekolah dasar. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan survei, penelitian ini melibatkan 10 sekolah dasar di daerah Kuningan, yaitu Sekolah Dasar Negeri 1 Awirarangan, Sekolah Dasar Negeri 2 Awirarangan, Sekolah Dasar Negeri 2 Winduhaji, Sekolah Dasar Negeri 3 Winduhaji, Sekolah Dasar Negeri 17 Kuningan, Sekolah Dasar Negeri 4 Windusengkahan, Sekolah Dasar Negeri 3 Windusengkahan, Sekolah Dasar 1 Ciloa, Sekolah Dasar Negeri 1 Bayuning, dan Sekolah Dasar Negeri 2 Kuningan. Subjek penelitian yaitu anak-anak dan tenaga pendidik, yang memberikan data melalui kuesioner dengan menggunakan skala Likert. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial untuk mengidentifikasi pola, hubungan, dan perbedaan signifikan pada variabel yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknologi dapat mempengaruhi perkembangan kognitif dan karakter anak dengan cara yang berbeda, baik positif maupun negatif. Temuan ini memberikan wawasan baru mengenai cara efektif dalam memanfaatkan teknologi untuk mendukung pendidikan anak sekolah dasar, serta pentingnya pendekatan yang seimbang antara teknologi dan interaksi langsung dalam proses pembelajaran.
References
Bonini, T. (2015). The ‘Second Age’ of Podcasting: reframing Podcasting as a New Digital Mass Medium. Quaderns Del CAC, XVIII(41), 21–30. http://www.cac.cat/pfw_files/cma/recerca/quaderns_cac/Q41_Bonini_EN.pdf
Brown, A., & Green, T. D. (2007). Video Podcasting in Perspective: The History, Technology, Aesthetics, and Instructional Uses of A New Medium. Journal of Educational Technology Systems, 36(1), 3–17.
Cahyo Budi Utomo, U. N. S. (2020). Bilamana Tradisi Lisan Menjadi Media Pendidikan Ilmu Sosial Di Masyarakat Gunungpati. 2, 2(2), 169–184.
Eckhoff, A., & Urbach, J. (2008). Understanding imaginative thinking during childhood: Sociocultural conceptions of creativity and imaginative thought. Early Childhood Education Journal, 36(2), 179–185. https://doi.org/10.1007/s10643-008-0261-4
Fettes, M., Fraser, U. S., & Columbia, B. (2011). Esai / Analisis Imajinasi dan Alat Kognitif Pembuatan Tempat. 42, 42(2), 123–135. https://doi.org/10.1080/00958964.2010.505967
Hasanah, L. U., & Andari, N. (2021). Tradisi Lisan Sebagai Media Pembelajaran Nilai Sosial dan Budaya Masyarakat. Jurnal Fenomena, 4(1).
Hidayat, A., & Maesyaroh, S. S. (2022). Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini. Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 1(5). https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v1i5.159
Maulana, G. K., Widyastuti, N. W., & Witantra, A. P. (2021). Strategi Pemberdayaan Masyarakat Desa Melalui Program Kampung Marketer Untuk Mengembangkan SDM Digital Marcom Di Purbalingga. eprints.untirta.ac.id. https://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/1543
McQuail, D. (2013). Teori Komunikasi Massa. Erlangga.
Namira, I., & Wicaksono, B. D. (2020). 7 Fakta Perkembangan Podcast di Indonesia, Makin Banyak Penggemarnya. [Journal Name].
Nugraha, C., & Doyin, M. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Cerita Imajinasi Bermuatan Nilai Toleransi Menggunakan Model Copy the Master Berbantuan Media Film Animasi Bagi Peserta Didik Kelas VII D SMP Negeri 11 Semarang. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1), 32–41.
Radliya, N. R., Apriliya, S., & Zakiyyah, T. R. (2017). Pengaruh Penggunaan Gawai Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i1.7148
Sanjaya, A. (2016). Penerapan Metode Bercerita dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa dan Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 20(1).
Saputra, W. P. (n.d.). Pemanfaatan teknologi pendidikan sebagai media komunikasi dalam pembelajaran. Journal Name.
Suharyat, Y., Nurhayati, S., Januliawati, D., & ... (2023). Tantangan Pemberdayaan Orang Tua dalam Meningkatkan Mutu Layanan PAUD Era Digital. Jurnal Obsesi: Jurnal …. https://scholar.archive.org/work/j4ovqr2kvzhrbkmdh3aih4s63i/access/wayback/https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/download/3827/pdf
Zulkifli, M., Wahida, W. A., & Sendi. (2022). Dampak Teknologi Smartphone di Era Revolusi Industri 4.0 Terhadap Perilaku Anak. Al-Nadhlah: Jurnal Pendidikan Islam, 1, 201–212.
Jurnal Moral Kemasyarakatan memungkinkan pembaca untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke teks lengkap artikelnya dan memungkinkan pembaca menggunakannya untuk tujuan lain yang sah menurut hukum. Jurnal memegang hak cipta. Setelah artikel diterbitkan, hak cipta ditransfer dari penulis ke penerbit jurnal.
Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .